x

Ditawar Rp15,4 Triliun, Wembley Dijual Jadi Stadion Rugby?

Jumat, 27 April 2018 02:04 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Stadion Wembley.

Federasi sepakbola Inggris, FA secara resmi membuat pernyataan bahwa mereka sedang melakukan penjajakan untuk menjual stadion kebanggaan Timnas Inggris, Wembley.

Baca Juga

1. Pemilik Fulham

Shadid Khan.

Setelah pernyataan resminya FA diketahui bahwa penawaran tersebut datang dari pemilik Fulham, Shadid Khan.

"Kami memastikan bahwa FA telah menerima penewaran untuk pembelian Stadion Wembley," tulis pernyataan resmi FA.

Dalam berita yang tersebar di berbagai media Inggris, penwaran yang diberikan Shadid Khan tak tanggung-tanggung hingga mencapai 800 juta poundsterling atau sekitar Rp15,4 triliun lebih.


2. Akan Dijadikan Stadion Rugby

Jacksonville Jaguars.

Kabar penawaran miliuner berdarah Pakistan itu juga terkonfirmasi lewat pernyaan resmi di website pribadinya.

"Saya sangat senang mengetahui bahwa hari ini petinggi FA menerima penawaran kami untuk membeli stadion Wembley," tulis Shadik Khan.

Namun jika kesepakatan itu kelak terjadi, Khan tidak akan menggunakan Wembely untuk markas klub sepakbola miliknya, Fulham. Namun stadion kebanggaan Inggris itu akan beralih fungsi untuk markas tim Rugby miliknya juga, Jacksonville Jaguars pada masa mendatang.

Pembelian Stadion Wembley oleh Khan memang tak lepas dari ambisinya untuk membuat tim Rugby tersebut menjadi lebih besar di mata dunia.


3. Timnas Inggris Pindah Stadion?

Stadion Wembley.

Jika sampai Wembley menjadi milik pribadi Khan, muncul kekhawatiran mengenai di mana nantinya Timnas Inggris akan bermain. Namun hal itu sudah terjawab oleh pernyataan Khan, bahwa nantinya Timnas Inggris tetap bisa menggunakan Wembley sekalipun bukan lagi menjadi milik FA.

Selain itu, dengan dana besar yang ditawarkannya, Khan juga yakin bahwa itu akan bermanfaat lebih bagi sepakbola Inggris. Khususnya bagi FA yang memiliki komitmen mengembangkan sepakbola usia dini.

"Untuk FA, jika Stadion Wembley beralih ke kepemilikan pribadi, memungkinkan FA untuk mengarahkan perhatian penuh pada tujuannya untuk mengembangkan bakat (sepakbola usia dini)," terang Khan.

FulhamStadion WembleyFootball Association (FA)Liga Inggris

Berita Terkini