x

Kembali Jadi Juara Liga Skotlandia, Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina

Senin, 30 April 2018 04:24 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala

Glasgow Celtic memastikan diri sebagai juara Liga Primer Skotlandia 2017/18 usai meraih kemenangan atas seteru abadinya Glasgow Rangers dengan skor telak 5-0,  Minggu (29/04/18).

Baca Juga

1. Gelar ke Tujuh Berturu-turut

Celtic

Dengan kemenangan atas Rangers tersebut, anak asuh Brendan Rogers secara matematis tak akan terkejar lagi oleh tim peringkat kedua Aberdeen. Dengan sisa tiga pertandingan, Celtic kini memiliki 78 poin, dengan selisih 10 poin atas tim dibawahnya.

Kepastian gelar juara ini juga berarti klub yang identik dengan warna hijau putih itu telah berhasil meraih supremasi tertinggi Liga Skotlandia sebanyak tujuh kali secara berturut-turut.

Galar itu juga menjadi gelar ke-49 sepanjang klub tersebut berdiri, tertinggal lima piala dari rival sekotanya Rangers yang telah 54 kali juara.


2. Perayaan Juara

Celtic

Memastikan diri sebagai juara, perayaan langsung digelar usai pertandingan di stadion Celtic Park tersebut.

Keriuhan langsung menghinggapi para suporter Celtic yang ada di stadion. Terlebih saat pemain Celtic Kieran Tierney, menghampiri mereka dengan membawa pengeras suara untuk berteriak merayakan keberhasilannya.

Dibakar semnagt yang diteriakan Tienrney, seluruh suporter yang memadati satdion kompak berteriak sekaligus menyanyikan lagu kebanggaan Celtic.

Terlihat pula beberapa suporter yang mengibarkan bendera dengan berbagai warna dan ukuran. namun yang menarik dari bendera yang dikibarkan tersebut, terselip satu bendera negara Timur Tengah yang sampai saat ini masih dirundung konflik, Palestina.

Meski sejati mengibarkan bendera Palestina di stadion diharamkan oleh FIFA karena dianggap bermuatan politik, dalam video peryaan yang di unggah instagram resmi Glasgow Celtic itu terlihat jelas bendera negara Islam itu berkibar.

Berdampingan dengan bendera negara lain dan bendera kebanggaan suporter Celtic, tak satupun suporter klub berjuluk The Bhoys yang merasa terganggu dengan hadirnya bendera Palestina.


3. Celtic Selalu Mendukung Palestina

Sebuah aksi pebdukung Celtic di tribun dengan membentangkan bendera Palestina.

Berkibarnya bendera Palestina di Celtic Park ataupun ditempat lain oleh suporter Celtic memang bukan pertama kalinya terjadi saat menghadapi Ranger akhir pekan ini. Namun dibanyak kesempatan para suporter garis keras Celtic dengan berani mengibarkan bendera Palestina saat klub kebanggaan mereka bertanding, baik di level lokal maupon level Eropa.

Yang paling monumental misalnya pernah terjadi saat Celtic berhadapan dengan klub Israel Hapoel Beersheba di kualifikasi Liga Champions tahun 2016. Saat itu tak kurang dari seratus bendera Palestina berkibar di Celtic Park guna menunjukan solidaritas mereka terhadap warga Palestina yang hingga kini masih hidup jauh dari yang namanya kemerdekaan.

PalestinaGlasgow CelticCelticLiga Primer SkotlandiaBola Internasional

Berita Terkini