x

Bima Sakti Bocorkan Komposisi Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018

Rabu, 2 Mei 2018 18:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe mengangkat trofi dengan Bima Sakti.

Timnas Indonesia dipastikan akan bermain di Piala AFF 2018 melawan Thailand, Filipina, Singapura dan pemenang babak kualifikasi antara Timor Leste vs Brunei di babak penyisihan Grup B.

Untuk itu, asisten pelatih Skuat Garuda, Bima Sakti, mengatakan sudah ada gambaran mengenai komposisi pemain yang akan diturunkan. Pria asal Balikpapan itu membocorkan jika para pemain dari Timnas Indonesia U-23 yang ada saat ini akan mendominasi skuat untuk Piala AFF.

Baca Juga

1. Masukan dari Luis Milla

Drawing Piala AFF 2018

Hal itu merupakan hasil diskusi dengan pelatih utama Timnas Indonesia, Luis Milla. Nantinya, akan ada beberapa pemain senior yang dipanggil untuk membantu dan membimbing serta melengkapi posisi yang nasih dianggap kurang dari skuat Garuda Muda.

"Saya sudah sempat ngobrol dengan coach Luis Milla soal tim untuk Piala AFF nanti. Dia (Luis Milla) bilang ini fase menuju prestasi dan apabila mungkin saya di tim kepelatihan nanti, dia kasih masukan dan bilang pergunakan pemain U-23 yang ada saat ini nanti ditambah beberapa pemain yang dipantau di Liga 1 dan mungkin butuh pemain senior," ucap Bima Sakti usai drawing Piala AFF di Jakarta, Rabu (02/04/18).


2. Pelatih Belum Ditentukan

Pelatih Indonesia, Luis Milla.

Bukan tanpa alasan Luis Milla memberikan pesan tersebut. Pasalnya, pelatih asal Spanyol itu belum pasti melatih Timnas Indonesia di Piala AFF dikarenakan kontraknya habis usai Asian Games 2018 nanti. Hal itu sebelumnya sudah disampaikan oleh federasi sepakbola Indonesia atau PSSI.

"Bisa jadi bukan Milla. Karena fokus Luis Milla hanya di Asian Games 2018. Tapi yang pasti, dua minggu sebelum AFF pemain sudah kita kumpulkan," ucap Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

"Kalau melihat kompetisi, planning di Januari tapi baru berjalan Maret. Lalu Asian Games dan setelah itu baru AFF. Jadi kita hanya fokuskan Milla satu dulu di Asian Games," jelas pria yang kerap disapa Jokdri.


3. Kontrak Luis Milla

Luis Milla berusaha menggagalkan aksi Egy Maulana Vikri dalam sesi latihan. Herry Ibrahim

Sebagai informasi, meski kontrak Luis Milla berakhir pada September nanti, hingga saat ini belum ada tanda-tanda pembahasan atau pembaharuan kontrak baru dari PSSI untuk pelatih asal Spanyol itu. Ditengarai, PSSI terlebih dahulu ingin melihat prestasi Timnas Indonesia pada Asian Games karena ditargetkan masuk ke empat besar. Setelahnya baru akan diadakan evaluasi bagi Luis Milla beserta asistennya, apakah akan lanjut ke Piala AFF atau tidak.

Kendati demikian, ada resiko besar yang pasti dihadapi Timnas Indonesia jika saja Luis Milla tidak lagi melatih pada Piala AFF 2018. Pasalnya, skuat Garuda hanya memiliki waktu dua bulan pasca Asian Games untuk persiapan sebelum benar-benar terjun di kejuaraan antar negara Asia Tenggara tersebut. 

ThailandSingapuraTimnas IndonesiaLuis MillaBima SaktiBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini