x

Jelang Piala Dunia 2018, Pelatih Korsel Tingkatkan Pertahanan

Kamis, 3 Mei 2018 10:13 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jersey Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Pelatih tim sepakbola nasional Korea Selatan, Shin Tae-yong, mengatakan jika timnya sedang menjalani pelatihan intensif demi meningkatkan pertahanan agar semakin siap menghadapi Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dilansir dari Yonhap News, para pengamat sepakbola local telah mendesak Shin untuk memperkuat lini pertahanan timnas setelah Korsel menunjukkan permainan buruk saat menghadapi negera-negara Eropa dalam pertandingan persahabatan bulan Maret lalu. Mereka kalah 1-2 dari Irlandia Utara serta 2-3 oleh Polandia.

Sejak Shin mengambil alih tim pada bulan Juli 2017, Korsel telah kebobolan 19 gol dan mencetak 20 gol dalam 14 pertandingan.

Baca Juga

1. Harus Perkuat Pertahanan

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Korea Selatan.

Shin mengaku apa yang dikatakan para pengamat sepakbola lokal ada benarnya apalagi ketika ia melihat ulang jalannya pertandingan.

"Saya pikir para analis benar, dan saya akan mengatakan hal yang sama ketika saya melihat tayangan ulang. Sebenarnya sejak saya menjadi pelatih, kami telah melakukan latihan di lini pertahanan untuk empat atau lima hari," ujarnya.


2. Punya Cukup Waktu

Slogan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Shin menekankan bahwa timnya memiliki cukup waktu untuk meningkatkan kualitas pertahanan tim dan kuncinya adalah membangun kerja tim di lini belakang.

"Kami memiliki pertandingan pertama pada 18 Juni, jadi kami akan memiliki setidaknya dua minggu untuk memantapkan diri. Jika kita bekerja untuk membangun kohesi pertahanan, kita bisa mengurangi kekhawatiran," tegasnya

Shin dijadwalkan akan mengumumkan skuad Piala Dunia 2018 pada Senin (14/05/18). Tim kemudian akan berkumpul di Pusat Sepak Bola Nasional di Paju, Provinsi Gyeonggi, pada 21 Mei untuk latihan. Mereka kemudian akan menuju ke base camp Piala Dunia di St. Petersburg, Rusia, pada 12 Juni.


3. Fokus Pulihkan Stamina

Skuat Korea Selatan

Selain meningkatkan pertahanan, Shin mengatakan ia juga akan menaruh fokus untuk memulihkan stamina pemain agar siap berlaga di Piala Dunia.

"Para pemain di Liga Korea dan Liga Jepang tidak akan memiliki masalah karena mereka berada di tengah musim. Tetapi para pemain yang berlaga di Eropa berada di akhir musim dan mereka pasti lelah," katanya.

"Sangat sulit untuk melakukan pelatihan yang sama pada semua pemain. Saya berpikir bagaimana saya harus mengistirahatkan para pemain dari Eropa dan memulihkan stamina mereka dengan memberi asupan nutrisi yang baik,” tambah Shin

Korea Selatan berada di Grup F bersama Swedia, Meksiko, dan Jerman pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka akan membuka babak penyisihan grup dengan melawan Swedia di Nizhny Novogorod pada 18 Juni. Lima hari kemudian, mereka akan bertemu  Meksiko di Rostov-on-Don. Sementara pertandingan melawan juara bertahan Jerman akan berlangsung di Kazan pada 27 Juni.

Korea SelatanPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini