x

Resmi! Bintang Persija Jadi Pemain Terbaik Versi APPI, Ini Statistiknya

Jumat, 4 Mei 2018 16:09 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
Riko Simanjuntak

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) berkerja sama dengan situs statistik Indonesia Labbola baru-baru ini mengumumkan lima kandidat pemain terbaik edisi April di kompetisi Gojek Liga 1.

Lima kandidat tersebut adalah Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Ezechiel N'douassel (Persib Bandung), Douglas Packer (Berito Putera), Ian Louis Kabes (Persipura Jayapura), dan Fernando Rodriguez ortega (Mitra Kukar).

Baca Juga

1. Dipilihnya Riko

Launching APPI 2018.

Dari 5 nominasi yang ada, Tim Panelis APPI yang beranggotakan Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, Ponaryo Astaman, dan Firman Utina memilih Riko Simanjuntak sebagai APPI Footballer of The Month edisi April 2018.

Riko Simanjuntak sendiri menjadi pemain pertama yang meraih penghargaan dari APPI. Tentunya Riko akan mendapatkan hadiah yang telah dipersiapkan APPI.


2. Alasan Terpilih

Riko Simanjuntak melakukan juggling.

Riko Simanjuntak terpilih lantaran telah 17 kali menciptakan peluang yang menobatkan dirinya sebagai pemain terbanyak menciptakan peluang di Liga 1. Riko juga terlibat dalam 50% terciptanya peluang tim Persija Jakarta.

Riko tercatat sebagai pemain dengan Assists terbanyak bersama dengan Ian Louis Kabes dengan tiga Assists. Riko juga tercatat membuat 13 kali Crossing yang membuat dirinya menjadi pemain terbanyak kedua di Liga 1 dalam hal tersebut.

Jumlah dribble-nya sebanyak 14 kali juga membuat mantan penggawa Semen Padang ini tercatat sebagai pemain terbanyak melalukan dribble, atau upaya melewati lawan.


3. Catatan Lain

Marko Simic merayakan gol bersama Riko Simanjuntak. Herry Ibrahim

Riko memiliki total passing sebanyak 150 (pemain terbanyak kedua di Persija) dengan rataan per gim 30 kali. 83 dari 150 operan yang dilakukan merupakan Attacking Third Pass, yaitu passing ke daerah sepertiga lawan, sehingga 55 persen passing yang dilakukan Rio diarahkan ke Attacking-Third.

Riko juga menjadi pemain terbanyak Persija yang menerima operan. Sebanyak 179 passing diterima oleh pemain berusia 26 tahun ini.

Persija JakartaLiga IndonesiaRiko SimanjuntakLiga 1Best Player

Berita Terkini