x

Gagal ke Final Liga Champions, AS Roma Malah Mendapat 1,6 Triliun Rupiah

Jumat, 4 Mei 2018 16:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Gerry Crisandy
Para pemain AS Roma tampak kecewa setelah gagal lolos ke final Liga Champions 2018.

Impian AS Roma untuk melenggang ke panggung final Liga Champions harus terkubur dalam-dalam setelah disingkirkan oleh Liverpool secara menyakitkan pada leg kedua kemarin Kamis (03/05/18) dini hari.

Baca Juga

AS Roma memenangkan bentrokan leg kedua itu dengan skor 4-2 namun kalah secara agregat 6-7. Sebelumnya, The Reds 5-2 unggul di leg pertama pekan sebelumnya.

Giallorossi tidak akan pergi ke Kota Kiev untuk menghadapi Real Madrid untuk gelar juara. Bagaimanapun perjalanan mereka memimpin tabel fase grup di atas Chelsea dan Atletico Madrid, serta menyingkirkan Shakhtar Donetsk dan Barcelona, pantas disegani.

Dengan berakhirnya langkah Giallorossi di semifinal Liga Champions, tim besutan Eusebio Di Franceso ini mengantongi hampir 100 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun dari pertandingan Liga Champions musim ini.


1. Rincian Pundi-pundi Pendapatan Roma

Para pemain AS Roma tampak kecewa setelah gagal lolos ke final Liga Champions 2018.

Menurut Calcio e Finanza, Roma akan mendapatkan sekitar 81 juta euro atau sekitar Rp1,3 triiun dari UEFA, dalam bonus dan pangsa pasar saham, dilansir dari Football Espana. Selain itu, mereka akan menambahkan sekitar 18,2 juta euro atau Rp304 milyar dari pemasukan penjualan tiket dengan sebagian dari empat pertandingan kandang di Liga Champions.

Media Romapress memaparkan penjualan tiket dari empat pertandingan kandang itu, klub telah memperoleh 1,7 juta euro atau Rp28 milyar (melawan Atletico), 2,9 juta euro atau Rp48 milyar (melawan Chelsea), 1,4 juta euro atau Rp2,3 milyar (versus melawan Qarabag), dan 2,6 juta euro atau Rp43 milyar (melawan Shakhtar), sehingga totalnya 8,9 juta euro atau Rp148 milyar.

Pemasukan tiket itu belum ditambah dengan tiket penjualan laga kandang terakhir saat melawan Liverpool. Roma setidaknya mengantongi 99,2 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun setelah semua penerimaan dijumlahkan.


2. Ungguli Pendapatan Juventus

Para pemain Juventus saat berlaga

Ini artinya, untuk pertama kalinya sejak 2012-13, Roma mengungguli rival Italianya Juventus yang sebelumnya ditetapkan sebagai klub Italia berpenghasilan teratas di Eropa seperti dinukil dari Football Espana.

Bianconeri melawan Real Madrid di perempatfinal Liga Champions dan dilaporkan telah menerima 77,8 juta euro atau Rp1,3 triliun dalam bonus ditambah 14 juta euro atau Rp234 milyar dari penjualan tiket dengan total 91,8 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun.


3. Lolos Liga Champions Musim Depan

Skuat AS Roma

Roma memiliki musim yang bagus dengan mencapai semifinal Liga Champions dan berada di posisi ketiga Serie A Italia, yang jika dipertahankan akan meloloskan mereka ke Liga Champions musim depan.

Dari segi keuangan, Roma juga juga memiliki posisi yang kuat setelah penerimaan dari Liga Champions musim ini yang menjadi salah satu klub dengan pendapatan tertinggi di Eropa.

Serie A ItaliaLiga ChampionsJuventusAS Roma

Berita Terkini