x

Akan Segera Dibangun, Stadion BMW Punya Desain dan Nama Baru

Sabtu, 5 Mei 2018 06:46 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Stadion BMW.

Pembangunan stadion impian Jakmania dan masyarakat Jakarta, Stadion BMW, memasuki babak baru. Dalam acara Uji Publik Rencana Pembangunan Stadion Sepakbola DKI Jakarta, Jumat (04/05/18) di Blok G Balai Kota, Jakarta, terungkap beberapa hal. 

Dalam acara tersebut, selain total biaya yang dibutuhkan untuk membangun stadion, juga terungkap desain dan nama baru bagi Stadion BMW. 

Baca Juga

1. Nama Baru

Kondisi Pembangunan Stadion BMW

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyampaikan beberapa hal dalam acara tersebut. Salah satunya adalah nama baru bagi Stadion BMW. 

"Proses KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) untuk menghadirkan Jakarta International Stadion (JIS). Kita harapkan Oktober sudah mulai dibangun," kata Sandi Uno. 

Nama baru tersebut merepresentasikan bahwa akan dibangun sebuah stadion sepakbola bertaraf internasional. Sandi memaparkan bahwa stadion tersebut adalah stadion khusus sepak bola, jadi tidak akan ada trek lari di dalamnya. 


2. Desain Baru dan Fasilitas

Desain baru stadion BMW

Dalam acara tersebut, juga diperlihatkan rancangan atau desain baru Stadion BMW. Dalam rancangan tersebut, akan terdapat waterfront atau konsep pengembangan daerah yang berbatasan dengan air. 

Selain itu, akan ada fasilitas lain seperti masjid, ballroom, pusat perbelanjaan, hotel serta apartemen. Direncanakan pula, Jakarta Internasional Stadion akan memiliki atap yang bisa dibuka tutup. 

"Katanya atapnya bisa tutup buka, karena nanti bisa di pake buat tabligh akbar, konser, karena ini fasilitas umum," tambah Sandi Uno yang sering datang mendukung Persija Jakarta di stadion. 


3. Total Anggaran

Wagub DKI, Sandiaga Uno di tengah-tengah turnamen futsal di Ciputat.

Dengan konsep dan desain yang megah, maka tak heran jika Jakarta Internasional Stadion dalam pembangunannya akan memakan biaya yang besar. Diperkirakan pembangunan Jakarta Internasional Stadion akan menelan biaya sebesar 4,7 triliun rupiah. 

"Ini gambaran kasar ya, jangan dianggap ini sudah fix. Total pembiayannya Rp 4,7 triliun dan tidak memakai dana APBD tapi digunakan kemitraan dengan badan usaha," ujar Sandi. 

Persija JakartaStadion BMWSandiaga UnoStadionLiga Indonesia

Berita Terkini