x

Profil Stadion Piala Dunia 2018: Fisht Olympic Stadium

Senin, 7 Mei 2018 13:14 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Fisht Olympic Stadium.

Pencinta sepakbola hanya menunggu beberapa pekan lagi untuk menikmati gelaran Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Meningat, sebagian orang sudah cukup tak sabar menunggu turnamen sepakbola terakbar di dunia tersebut

Piala Dunia 2018 sendiri nantinya akan dibuka pada 14 Juni mendatang. Sebagai tuan rumah, Rusia akan mengambil alih pertandingan pembuka bersama Arab Saudi, yang menjadi lawan perdananya di penyisihan Grup A Piala Dunia 2018.

Berbicara tentang Piala Dunia, tak afdal rasanya jika tidak mengikutsertakan stadion di dalamnya. Pasalnya, stadion merupakan salah satu penunjang dalam suksesnya turnamen empat tahunan ini.

Baca Juga

Tak hanya sejumlah tim yang melakukan persiapan serius, stadion-stadion mewah nan indah di Rusia juga menjalankan hal yang sama. Jauh sebelum Piala Dunia 2018 ini dimulai, sejumlah stadion telah melakukan pembenahan demi memanjakan para pemain dan suporter.

INDOSPORT pun akan mencoba sedikit memperkenalkan salah satu tempat yang akan menyelenggarakan pertandingan di Piala Dunia 2018. Tempat yang dimaksud adalah Fisht Olympic Stadium.


1. Pembuka dan Penutup Olimpiade Musim Dingin 2014

Fisht Olympic Stadium saat menggelar acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2014 lalu.

Fisht Olympic Stadium terletak di sebuah kota yang sering dijadikan tujuan paling populer bagi wisatawan. Kota tersebut bernama Sochi, yang lokasinya dekat dengan perbatasan Rusia dengan Georgia.

Nama stadion ini sendiri dikabarkan terinspirasi dari Gunung Fisht. Mengingat, jarak lokasi antara stadion dengan pegunungan itu cuku dekat. Tak heran jika stadion ini diberi nama Fisht Olympic.

Stadion ini baru berusia lima tahun setelah diresmikan pada tahun 2013 lalu. Awalnya, Fisht Olympic Stadium sengaja dibangun untuk menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Musim Dingin 2014 lalu.

Pada ajang olahraga terbesar tersebut, Fisht Olympic Stadium menjadi tempat untuk menyelenggarakan upacara pembukaan dan penutupan. Dengan begitu, para pemain dan suporter tak perlu khawatir dengan fasilitas yang dimiliki stadion tersebut.

Meski jarang digunakan setelah Olimpiade Musim Dingin 2014 lalu, stadion ini juga melakukan beberapa perombakan. Salah satu perombakan yang dilakukan adalah membuka atap stadion yang awalnya tertutup.

Sedangkan pada tribun timur dan selatan, perancang Fisht Olympic Stadium sengaja dibiarkan terbuka. Hal itu memungkinkan para suporter untuk melihat langsung ke daerah pegunungan dan pemandangan Laut Hitam.


2. Gelar FIFA Confederations Cup 2017

Timnas Jerman.

Setelah berhasil menggelar Olimpiade Musim Dingin 2014, Fisht Olympic Stadium memang tak pernah lagi menyelenggarakan turnamen-turnamen bergengsi. Namun stadion ini menjadi pusat latihan beberapa kali digunakan sebagai tempat pertandingan tim nasional Rusia.

Kendati demikian, Fisht Olympic Stadium kembali digunakan pada ajang FIFA Confederations Cup 2017 kemarin. Tak hanya menyelenggarakan pertandingan penyisihan grup, namun stadion ini juga menjadi tempat pada babak semifinal.

Negara yang paling sering menginjakan kaki di rumput Fisht Olympic Stadium adalah Jerman. Terhitung, tim besutan Joachim Low tersebut telah merasakan indahnya stadion ini sebanyak tiga kali.

Fisht Olympic Stadium pun nampaknya akan menjadi tempat yang paling nyaman bagi Jerman saat bermain di Rusia. Pasalnya, mereka selalu keluar sebagai pemenang ketika bermain di Fisht Olympic Stadium.

Tak hanya nyaman, namun Jerman juga begitu produktif ketika bermain di stadion ini. Dalam tiga pertandingan yang dijalani, Jerman selalu mencetak lebih dari tiga gol. Kemenangan terbesarnya terjadi saat menyingkirkan Meksiko di babak semifinal dengan skor 4-1.


3. Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2018

Fisht Olympic Stadium.

Jerman nampaknya tak tidak akan sering menginjakan kaki di Fisht Olympic Stadium pada Piala Dunia 2018 nanti. Jerman hanya dijadwalkan bermain sebanyak satu kali pada penyisihan Grup F.

Jerman akan memainkan pertandingan kedua di Fisht Olympic Stadium pada 23 Juni 2018 mendatang. Nantinya, tim yang dijuluki Die Mannschaft tersebut akan menghadapi tim kejutan, Swedia.

Berikut jadwal lengkap laga yang dimainkan di Fisht Olympic Stadium:

15 Juni 2018 – Portugal vs Spanyol – Grup B
18 Juni 2018 – Belgia vs Panama – Grup G
23 Juni 2018 – Jerman vs Swedia – Goup F
26 Juni 2018 – Australia vs Peru – Grup C
30 Juni 2018 – Pemenang Grup A vs Runner up B – 16 Besar
7 Juli 2018    – W 51 vs W 52 – Perempatfinal

RusiaPiala DuniaPiala Dunia 2018StadionBola Internasional

Berita Terkini