x

Arsenal Bakal Susah ‘Move On’ Begitu Wenger Keluar

Rabu, 9 Mei 2018 11:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Arsene Wenger.

Arsene Wenger dipastikan akan angkat kaki dari kursi kepelatihan Arsenal setelah ia menukangi klub selama 22 tahun. Tentu akan susah bagi The Gunners untuk bisa beradaptasi dengan pelatih baru di musim depan.

Baca Juga

Manajer Leicester City Claude Puel pun yakin bahwa Arsenal membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh setelah kehilangan sosok legendaris Arsene Wenger, demikian Sportskeeda melaporkan.

Di musim depan akan ada wajah baru di dalam manajemen Arsenal untuk pertama kalinya sejak 1996 saat Wenger mulai melatih, sementara masa bakti Wenger akan berakhir saat melawan Huddersfield Town pada hari Minggu (13/05/18) besok.


1. Kerugian Besar

Pelatih Leicester City, Claude Puel.

Puel, sesama pelatih asal Prancis yang diwawancarai sebelum bentrokan Leicester dan Arsenal pada hari Kamis (10/05/18), mengatakan bahwa Arsenal akan mengalami kerugian besar begitu Wenger angkat kaki.

"Wenger keluar menjadi kerugian besar bagi Arsenal," kata Puel.

"Setelah beberapa tahun, mereka bisa kembali di level yang bagus. Namun, sulit bagi Arsenal yang telah sukses seperti saat ini dan harus mengganti manajer dan kadang-kadang mengganti pemain-pemain yang berharga atau hebat,” tambahnya.


2. Butuh Waktu Lama untuk Move On

Arsene Wenger.

Puel yang pernah bekerja di bawah Wenger di Monaco memperingatkan bahwa Arsenal akan menghadapi periode sulit dalam waktu lama untuk bisa terbiasa dengan manajer barunya nanti.

"Akan sulit bagi manajer baru nanti. Mungkin manajer baru atau manajer hebat akan menyukai pilihan atau kemungkinan yang berbeda,” tambahnya.

Arsenal telah menempatkan beberapa kandidat untuk menggantikan pelatih terlama asal Prancis itu, mulai dari pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, Carlo Ancelotti, asisten Liverpool Zeljko Buvac, Luis Enrique, Joachim Low, Patrick Vieira, Mikel Arteta, Thierry Henry, Leonardo Jardim, dan Julian Nagelsmann.


3. Semoga Tidak Menyesal

Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson.

Puel memperingatkan sekali lagi bahwa mungkin ada penyesalan dari para penggemar dan klub yang telah menendang Wenger keluar setelah ia membawa Arsenal juara Liga Primer Inggris tiga kali di sepanjang kariernya.

"Saya harap para penggemar dan klub tidak menyesali pilihan mereka, Wenger memiliki pengaruh besar sebagai manajer Arsenal selama 22 tahun,” kata Puel.

Arsenal tentu akan menghadapi masa sulit seperti saat Man United kehilangan Sir Alex Ferguson, di mana Setan Merah baru bisa mencapai posisi terbaik kedua setelah Fergie pensiun lima tahun lalu.

"Bagaimana Anda bisa menggantinya? Itu selalu sulit, seperti setelah Sir Alex Ferguson di Manchester United,” lanjut Puel.

ArsenalArsene WengerLeicester CityLiga Primer InggrisLiga InggrisBola InternasionalClaude Puel

Berita Terkini