x

Bikin Ngilu! 3 Tragedi yang Ancam 'Masa Depan' Petarung MMA

Rabu, 9 Mei 2018 22:13 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ilustrasi pertarungan MMA.

Tidak bisa dipungkiri, pertarungan Mix Martial Arts (MMA) memang tergolong olahraga yang keras. Saking kerasnya, sering kali banyak petarung yang berdarah atau lebam di sekujur badan akibat menerima serangan lawan.

Hal itu sendiri memang lazim terjadi, lantaran dalam tarung MMA, seorang petarung akan menghadapi pukulan, tendangan, kuncian, atau bantingan dari lawan yang berusaha melumpuhkannya.

Meski dibebaskan untuk menggunakan disiplin bela diri yang digunakan saat bertarung, pertarungan MMA tetap memiliki aturan tegas.

Salah satu aturan tersebut adalah tidak boleh mengenai bagian tertentu dari lawan seperti belakang kepala, tulang ekor, dan juga bagian selangkangan.

Khusus bagian terakhir, jelas sangat penting bagi para petarung laki-laki. Pasalnya, bila mengalami cedera serius pada bagian tersebut, bisa-bisa harapan mereka untuk memiliki keturunan sirna.

Baca Juga

Nah, berikut ini ada sejumlah petarung harus mengalami nasib sial karena saat bertarung, lawan mengarahkan serangan ke bagian sensitifnya. Bagaimana kejadiannya? Berikut INDOSPORT sajikan pembahasannya:


1. 1. Myung Hyun-Man

Myung Hyun-Man (kiri) saat terkena tendangan lawan di bagian selangkangan.

Malang betul nasib yang dialami seorang petarung bertubuh gempal asal Korea Selatan, Myung Hyun-man saat menghadapi Aorigele dalam laga bertajuk Road Fighting Championship 39.

Sesaat setelah wasit memberi tanda pertandingan bisa dimulai, Aorigele dalam sekejap melepaskan tendangan keras kaki kanan, yang nahas mengenai bagian kemaluan Myung Hyun.

Wasit pun langsung menghentikan pertandingan setelah melihat Myung meringis kesakitan. Saking parahnya, menurut laporan SB Nation, Myung sampai harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.


2. 2. James Krause

Krause saat mendapat tendangan di daerah kemaluan saat bertanding.

Kejadian kontroversial mewarnai pertarungan antara James Krause menghadapi Bobby Green dalam ajang UFC Fight Night 31 pada November 2013 lalu.

Dalam pertarungan tersebut, Krause harus rela rekor tidak terkalahkan di delapan pertandingan berturut-turut berakhir, setelah terkena tendangan dari Green.

Menariknya, kemenangan Green tersebut diwarnai kekesalan banyak penggemar UFC. Pasalnya, Green dinilai melepaskan tendangan yang mengarah ke bagian selangkangan Krause.


3. 3. Satinder Bankura

Satinder Bankura menerima tendangan mengerikan di bagian kemaluan.

Saat berhasil melakukan teknik kuncian ke lawan, seorang petarung akan berusaha agar musuhnya itu tidak bisa lepas dan segera menyerah.

Akan tetapi, cara curang dilakukan oleh seorang petarung di India bernama Jason Ramesh Solomon kala menghadapi Satinder Bankura.

Ketika pertandingan ronder pertama tersisa kurang dari 90 detik, Jason berhasil mengunci Satinder dari belakang. Namun, karena Satinder tidak menyerah, ia melepaskan sebuah sepakan yang mengarah tepat ke kemaluan lawannya.

Sial bagi Satinder, wasit tidak menganggap tindakan tersebut sebagai pelanggaran dan Jason dinobatkan sebagai pemenang pertandingan.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Liga Indonesia

Berita Terkini