x

Buntut Protes ke Wasit di Liga Champions, Buffon Disanksi UEFA

Sabtu, 12 Mei 2018 10:30 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Michael Oliver saat memberikan kartu merah kepada Gianluigi Buffon.

Mimpi buruk seakan belum berakhir bagi Gianluigi Buffon. Setelah dipastikan tak mampu meraih gelar Liga Champions 2017/18 karena ditendang Real Madrid, ia masih harus menerima sanksi dari UEFA sebagai buntut aksi protesnya terhadap wasit.

Saat itu, protes keras Buffon terhadap wasit Michael Oliver membuatnya mendapat kartu merah dan diusir dari lapangan di menit ke-93.

Baca Juga

1. Kronologi Insiden dengan Wasit

Gianluigi Buffon keluar lapangan setelah diganjar kartu merah.

Saat Itu Lucas Vazquez dijatuhkan di menit akhir pertandingan sehingga mengakibatkan penalti di menit akhir. Cristiano Ronaldo menjadi algojo dan sukses mengecoh kiper pengganti, yakni Wojciech Szczezsny dan membuat Real Madrid lolos ke babak semifinal.

Sebelum adegan tendangan 12 pas dilakukan, Buffon sempat terlihat friksi dan perang mulut dengan Michael Oliver. Tak berselang beberapa lama, wasit mengeluarkan kartu merah untuk kiper gaek asal Italia tersebut.

Buffon dilaporkan mengatakan sebuah kata yang tak pantas, yaitu take a sh*t atau ke dalam bahasa Indonesia berarti omong kosong.
 


2. Buntut Protes

Aksi selebrasi Gianluigi Buffon.

Insiden itu pun berbuntut panjang. Bahkan wasit Michael Oliver dan istrinya mendapat "teror" dari para suporter. Akhirnya UEFA pun turun tangan.

Badan Pengendalian Etik dan Disipline UEFA akan memeriksa kasus Buffon pada 31 Mei mendatang. Mengutip Goal, dalam sidang tersebut hukuman dari kartu merah Buffon akan diputuskan sesuai "prinsip-prinsip berperilaku" UEFA yang ia langgar.


3. Wacana Pensiun

Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

Hukuman yang akan diterima Buffon mungkin tidak akan ia selesaikan atau berpengaruh mengingat ia punya wacana untuk pensiun di akhir musim ini. Meskipun telah menikmati karier yang panjang, hingga saat ini Buffon memastikan kapan ia akan memasuki masa pensiun.

Sebelumnya ia pernah menyatakan bahwa ia pasti pensiun di akhir musim ini, kecuali Juve memenangkan Liga Champions. Si Nyonya Tua telah tersingkir dari kompetisi pada babak perempatfinal lewat kemenangan dramatis Real Madrid. Tapi hal ini tak memastikan Buffon akan gantung sepatu.

“Saya bisa mengatakan banyak hal sekarang. Saya akan berbicara dengan Presiden Juve, Andrea Agnelli untuk membicarakan beberapa hal. Nanti baru keputusan akan dibuat,” kata Buffon ketika ditanya tentang masa depannya.

Liga ChampionsUEFAJuventusGianluigi Buffon

Berita Terkini