x

5 Rekor Sulit yang Mampu Dipecahkan Mohamed Salah Musim Ini

Senin, 14 Mei 2018 09:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Mohamed Salah

Mohamed Salah benar-benar menjadi sensasi baru di sepakbola Eropa dan dunia. Tak begitu diperhitungkan di awal musim, Salah menjelma menjadi mesin gol sekaligus pemain terbaik Liverpool. Total sudah 43 gol dicetak Salah di seluruh kompetisi musim ini. Penampilan gemilang Salah turut membantu Liverpool melaju ke babak final Liga Champions musim ini. 

Tak sekedar tampil apik, di musim pertamanya bergabung bersama Liverpool, Salah sudah memecahkan banyak rekor-rekor penting baik itu di klubnya, Liverpool, maupun di Liga Inggris.

Berikut ini adalah 5 rekor yang mampu dipecahkan Mohamed Salah secara sekaligus dalam semusim. 


1. Rekor Gol di Liga Inggris

Mohamed Salah.

Mohamed salah berhasil mengukir rekor baru di Inggris yaitu sebagai pemain pertama yang mampu mencetak 32 gol dalam semusim di Premier League. Jumlah ini melampaui pencapaian Alan Shearer (1995/96), Cristiano Ronaldo (2007/08), dan Luis Suarez (2013/14) yang mencetak 31 gol dalam semusim. 


2. Hattrick Penghargaan Player of The Month

Mohamed Salah menerima penghargaan Player of The Month dari Liga Primer Inggris.

Salah menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah Liga Inggris yang berhasil mendapatkan penghargaan Player of The Month sebanyak tiga kali dalam semusim. Salah mendapatkannya di bulan November 2017, Februari 2018, dan Maret 2018. 


3. Pemain Tertajam Liverpool di Eropa

Salah bersama Mane (kiri) dan Firmino (kanan) saat merayakan gol ke gawang AS Roma di Liga Champions.

Liverpool adalah klub besar di Eropa. Banyak pemain-pemain legendaris Liverpool yang mencatatkan sejarah impresif di Liga Champions. Namun, dari semua nama tidak ada yang setajam Mohamed Salah musim ini. 

Dengan catatan 10 gol sejauh ini di Liga Champions, Salah sudah menjadi pemain tersubur Liverpool di Eropa. Mohamed Salah melewati rekor milik Dean Saunders yang mencetak sembilan gol di ajang Piala UEFA 1991/92. 

Salah juga melampaui catatan legenda Liverpool, Steven Gerrard, sebagai pemain The Reds yang mencetak gol pada lima pertandingan terkahir di Liga Champions ketika menjadi starter.

Jumlah gol yang dicetak Salah di Eropa kemungkinan bisa bertamah lantaran Liverpool masih menyisakan satu laga lagi di babak final. 


4. Pemain Mesir dan Afrika Paling Subur

Mohamed Salah.

Dengan catatan 10 gol di Liga Champions, Salah sudah menjadi pemain Afrika tersubur di kompetisi Eropa melampaui rekor milik Samuel Eto'o (Kamerun). Tak hanya Liga Champions, ia juga menjadi pemain Afrika tersebur dalam kompetisi di Eropa. Salah melampaui rekor Didier Drogba yang mencetak 29 gol di Chelsea musim 2009/10. 

Selain itu, ia juga memecahkan rekor di negaranya sendiri sebagai pemain Mesir paling subur di Liga Inggris melampaui rekor milik legenda Negeri Piramida, Mido, dengan 22 gol sepanjang 2004-2009.


5. Raja Kaki Kiri

Mohamed Salah mencetak gol kemenangan Liverpool (31/03/18).

Sama seperti Lionel Messi, Mohamed Salah juga mentahbiskan diri sebagai Raja Kaki Kiri. Dari 32 gol yang dicetak Salah di Liga Inggris, 25 di antaranya berasal dari kaki kiri. 

Catatan ini lagi-lagi menciptakan rekor baru sebagai gol dengan kaki kiri terbanyak dalam semusim di Tim Liverpool. Salah melampaui torehan Robbie Fowler yang mencetak gol dengan kaki kiri sebanyak 19 kali di Liga Inggris musim 1994/95.  

LiverpoolLiga ChampionsMohamed SalahMesirLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini