x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Jepang

Senin, 14 Mei 2018 14:41 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Football Jepang PD 2018

Timnas Jepang menjadi salah satu wakil Asia yang cukup kuat untuk bersaing di Piala Dunia 2018. Hal tersebut terbukti ketika Jepang selalu tampil di turnamen terakbar di dunia ini sejak tahun 1998 silam.

Meskipun tak mampu menembus babak perempatfinal pada ajang ini, namun bukan tidak mungkin tim yang dijuluki Samurai Biru tersebut mampu membuat kejutan di Piala Dunia 2018 Rusia mendatang.

Pasalnya, Jepang mampu memuncaki klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan torehan 20 poin. Samurai Biru berhasil mengungguli lawan beratnya seperti Arab Saudi dan Australia di penyisihan tersebut.

Hasil ini tidak begitu mengejutkan, mengingat skuat Jepang saat ini cukup berkualitas. Terbukti, sebagian dari skuat Samurai Biru mampu bersaing di kompetisi Eropa seperti Sinjhi Kagawa, Maya Yoshida, Shinji Okazaki, Yuto Nagatomo, Genki Haraguchi dan Keisuke Honda.

Namun yang lebih mengejutkan adalah beberapa bulan jelang Piala Dunia, Jepang memecat pelatih kepala Vahid Halilhodzic dan menggantikannya dengan mantan direktur teknik timnas Jepang, Akira Nishino.

Baca Juga

1. Perkiraan Daftar Pemain

Vahid Halilhodzic saat masih melatih Timnas Jepang.

Meski berstatus sebagai pelatih baru, namun Akira Nishino nampaknya takkan kesulitan memilih pemain. Mantan gelandang timnas Jepang era 70-an ini kemungkinan bakal memanggil beberapa pemain yang saat ini bermain di pentas Eropa. Hal itu dilakukan demi menularkan pengalaman kepada pemain-pemain Jepang lainnya yang hanya berkarier di liga lokal.

Namun bukan berarti Akira Nishino akan menganakemaskan para pemain yang berkarier di Eropa. Pelatih berusia 63 tahun tersebut juga akan memberi kesempatan kepada pemain yang hanya bermain di level Asia.

Kiper: Eiji Kawashima, Kosuke Nakamura, Masaaki Higashiguchi,

Bek: Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Gen Shoji, Masato Morishige, Gotoku Sakai, Hiroki Sakai, Yomoaki Takino, Naomichi Ueda.

Tengah: Shinja Kagawa, Keisuke Honda, Genki Haraguchi, Hotaru Yamaguchi, Makoto Hasebe, Yuichi Maruyama, Yosuke Kashiwagi, Manabu Saito, Yosuke Ideguchi,

Depan: Yuya Kubo, Shinji Okazaki, Kobayashi, Kenyu Sugimoto


2. Perkiraan Starting Line Up

Starting Timnas Jepang DP Russia 2018

Pelatih Akira Nishino diprediksi akan memainkan skema dari pelatih sebelumnya Halilhodzic yang akrab dengan formasi 4-2-3-1 pada Piala Dunia 2018. Pasalnya, Jepang memiliki pemain tengah yang cukup berkualitas. Formasi 4-2-3-1 ini pun dianggap pantas mengingat gemuknya lini tengah yang dimiliki Samurai Biru.

Eiji Kawashima pun nampaknya tetap menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Samurai Biru. Meski usianya saat ini sudah menginjak 35 tahun, namun Kawashima masih mampu menunjukkan kualitasnya sebagai kiper terbaik di Jepang.

Sedangkan para pemain yang berakrier di Eropa nampaknya akan mendominasi posisi bertahan. Rencana Halilhodzic ini memang cukup baik, karena lini pertahanan akan sangat krusial. Dari keempat bek itu, hanya Masato Morishige yang berkarier di liga lokal.

Sementara itu di posisi tengah, Akira Nishino akan mengandalkan Kagawa dan Honda untuk mengalirkan bola ke depan. Namun tak hanya dua pemain itu, Genki Haraguchi juga bisa menjadi senjata rahasia untuk mendobrak pertahanan lawan. Okazaki sendiri tetap dipercaya mengisi lini serang samurai Biru.


3. Player to Watch - Shinji Kagawa

Caption

Kemampuan Shinji Kagawa di lini tengah memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan, hingga saat ini pemain berusia 29 tahun tersebut mampu menjadi pemain kunci di lini tengah Borussia Dortmund.

Pada musim ini, dirinya mampu menorehkan enam gol dan tujuh assist dalam 27 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi. Catatan tersebut cukup baik bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Kagawa sendiri juga mampu membuat Dortmund bertahan di posisi empat besar klasemen akhir Bundesliga musim ini. Dortmund mampu mengungguli Bayer Leverkusen dalam perebutan zona Liga Champions.


4. Rising Star - Genki Haraguchi

Genki Haraguchi

Sama seperti Shinji Kagawa, Genki Haraguchi juga merupakan pemain yang berkarier di kasta tertinggi sepakbola Jerman. Haraguchi sendiri saat ini memperkuat tim papan tengah Bundesliga, Hertha Berlin.

Penampilan gemilang Haraguchi pun hadir ketika dirinya membantu Jepang memuncaki klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018. Bagaimana tidak, dirinya menjadi pencetak gol terbanyak di kubu Jepang dengan mengoleksi empat gol sepanjang gelaran kualifikasi.


5. Fakta-fakta Menarik Timnas Jepang

Pemain bintang Jepang, Keisuke Honda (kiri) bersama Vahid Halilhodzic, mantan pelatih Timnas Jepang.

- Jepang selalu tampil di enam edisi terakhir Piala Dunia secara beruntun sejak 1998 silam.

- Prestasi tertinggi Jepang di Piala Dunia hanya mampu menembus babak 16 besar.

- Jepang pertama kali tampil di Piala Dunia pada tahun 1998 saat diselenggarakan di Prancis.

- Samurai Biru gagal lolos dari penyisihan grup sebanyak tiga kali sepanjang gelaran Piala Dunia.

- Jepang berhasil mendapatkan tiket lolos fase grup sebanyak dua kali di ajang Piala Dunia.


6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Jepang diprediksi dapat lolos dari penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 nanti, asalkan mereka mampu memanfaatkan kesempatan yang ada. Peluang Jepang lolos cukup terbuka mengingat mereka berada dalam gurp yang tidak cukup sulit.

Samurai Biru akan berhadapan dengan Polandia, Senegal dan Kolombia di penyisihan Grup H Piala Dunia 2018. Polandia pun diramalkan akan menjadi lawan sulit bagi Jepang untuk merebutkan posisi puncak klasemen.

JepangShinji KagawaPiala Dunia 2018Bola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini