x

Dibidik Klub China, Begini Respons Riko Simanjuntak

Minggu, 13 Mei 2018 15:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
Riko Simanjuntak di laga melawan Borneo FC.

Penampilan apik pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, beberapa waktu belakangan mampu menarik perhatian banyak pihak. Tidak hanya pencinta sepakbola nasional, namun juga pelaku sepakbola di luar negeri yakni China dan Singapura.

Baca Juga

Pemain asal Medan, Sumatera Utara itu mengaku dihubungi agen yang mengabarkan ada tawaran dari klub China dan Singapura belum lama ini. Namun, ia secara halus menolaknya karena masih setia dengan Persija Jakarta. 


1. Riko Dibidik Klub China dan Singapura

Keakraban Marko Simic dengan Riko Simanjuntak. Kedua pemain ini kerap menjadi andalan Persija untuk membobol gawang lawan. Herry Ibrahim

"Kalau berapa klubnya Riko juga belum tahu, kerena itu juga dari agen dan saya juga tidak terlalu pikirkan itu. Dia (agen) menelpon Riko, tapi saya masih di Persija, tidak pikirkan ke mana-mana," ujar Riko saat dihubungi INDOSPORT.

Riko juga belum bisa membeberkan indentitas klub mana saja yang menginginkan jasanya. Pasalnya sejauh ini informasi yang didapat masih terbatas dan ia lebih memilih fokus membawa Persija meraih prestasi terbaik.

"Belum tahu juga klub papan atasnya atau bukan, belum dikasih tahu. Tapi dikabarin ada klub dari China dan Singapura, katanya menghubungi agen  baru dua-tiga minggu kemarin. Tapi Riko masih fokus ke Persija," tutupnya.


2. Riko Gemilang Bersama Persija

Riko Simanjuntak saat menguasai bola dan diganggu pemain Borneo FC.

Wajar saja apabila Riko Simanjuntak mendapat tawaran dari klub di luar negeri. Pemain bernomor punggung 25 itu memang mencetak statistik sangat bagus di Liga 1 sehingga terpilih menjadi pemain terbaik bulan April versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Riko Simanjuntak terpilih lantaran telah 17 kali menciptakan peluang yang menobatkan dirinya sebagai pemain terbanyak menciptakan peluang di Liga 1. Ia juga terlibat dalam 50 persen terciptanya peluang tim Persija Jakarta.

Pemain bertubuh mungil itu tercatat sebagai pemain dengan assists terbanyak bersama dengan Ian Louis Kabes dengan tiga assists. Riko juga tercatat membuat 13 kali Crossing yang membuat dirinya menjadi pemain terbanyak kedua di Liga 1 dalam hal tersebut.


3. Statistik Luar Biasa Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak di laga melawan Borneo FC.

Jumlah dribble-nya sebanyak 14 kali juga membuat mantan penggawa Semen Padang ini tercatat sebagai pemain terbanyak melalukan dribble, atau upaya melewati lawan.

Riko memiliki total passing sebanyak 150 (pemain terbanyak kedua di Persija) dengan rataan per gim 30 kali. 83 dari 150 operan yang dilakukan merupakan Attacking Third Pass, yaitu passing ke daerah sepertiga lawan, sehingga 55 persenpassing yang dilakukan Riko diarahkan ke Attacking-Third.

Riko juga menjadi pemain terbanyak Persija yang menerima operan. Sebanyak 179 passing diterima oleh pemain berusia 26 tahun ini.

Persija JakartaLiga IndonesiaRiko SimanjuntakLiga 1

Berita Terkini