x

Wasit Piala Dunia Asal Arab Saudi Diinvestigasi, Ada Apa?

Senin, 14 Mei 2018 16:47 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Wasit Fahad Al Mirdasi.

Seorang wasit, Fahad Al Mirdasi, yang ditunjuk oleh FIFA untuk berangkat ke Piala Dunia 2018 di Rusia tengah diinvestigasi di Arab Saudi dan dilarang untuk memimpin piala King's Cup di Jeddah akhir pekan lalu.

Baca Juga

Al Mirdasi direncanakan menjadi wasit pada laga final King's Cup antara Al Ittihad dan Al Faisaly sebelum diserahkan ke penyidik administratif, demikian pernyataan dari Federasi Sepakbola Saudi dilansir Los Angeles Times.

Al Mirdasi merupakan salah satu dari 36 wasit yang dipilih oleh FIFA untuk memimpin 64 pertandingan di Piala Dunia, yang akan dimulai di Moskow pada tanggal 14 Juni 2018.


1. Belum Diketahui Alasannya

Wasit Fahad Al Mirdasi.

FIFA sendiri mengatakan masalahnya terdapat pada Federasi Sepakbola Arab Saudi. "Masalahnya dengan Federasi Sepakbola Arab Saudi," kata badan sepakbola dunia itu kepada The Associated Press. "FIFA tidak bisa berkomentar lebih lanjut."

Pihak federasi dalam pernyataannya yang diunggah di Twitter tidak menjelaskan alasan penyelidikan wasit berusia 32 tahun itu. Keputusan penyelidikan itu juga disetujui oleh Komite Olimpiade Saudi. Presiden komite, Turki al-Sheikh juga menjabat sebagai Otoritas Olahraga Umum.


2. Wasit Berpengalaman

Fahad Al Mirdasi saat memimpin laga Confederation Cup 2017.

Al Mirdasi menjadi salah satu wasit berpengalaman di Asia. Al Mirdasi juga pernah menjadi wasit di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Ia terpilih untuk Piala Konfederasi tahun lalu sebagai turnaman pemanasan Piala Dunia di Rusia. Al Mirdasi mengawasi pertandingan antara Meksiko dan Portugal di mana ia memberikan dua penalti, mengusir dua pemain di perpanjangan waktu, dan mengusir pelatih Meksiko Juan Carlos Osorio.


3. Tugasnya Digantikan

Al Ittihad merayakan gelar King's Cup.

Dengan statusnya yang masih dalam proses investigasi, Al Mirdasi gagal memimpin laga final King's Cup yang dimenangkan oleh Al Ittihad. Tugasnya digantikan oleh Mark Clattennburg yang telah meninggalkan Inggris tahun lalu untuk berkarier di Arab Saudi.

FIFAPiala Dunia 2018Arab SaudiWasitBola InternasionalLiga Arab Saudi

Berita Terkini