x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Denmark

Jumat, 18 Mei 2018 13:39 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Profil timnas denmark pildun 2018

Denmark merupakan salah satu negara yang berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018. Keikutsertaan di Piala Dunia kali ini adalah yang ke-5 kalinya bagi Denmark.

Denmark menjadi negara Eropa terakhir yang lolos ke putaran final Piala Dunia Rusia. Di pertandingan terakhir play-off, Denmark berhasil menundukkan Republik Irlandia dengan skor telak 1-5. 

Dalam sejarah sepakbola Eropa dan dunia, Tim nasional Denmark dikenal sebagai tim kuda hitam yang kerap mengejutkan. Predikat itu tersemat usai Denmark menjuarai Piala Eropa 1992. Kala itu Denmark sama sekali tak diunggulkan untuk juara. Apalagi, tim ini masuk usai menggantikan Yugoslavia yang dilarang bertanding. Namun, tak ada menyangka tim non-unggulan ini justru menjadi kampiun di gelaran paling akbar tahun 1992 tersebut. 

Julukan tim Dinamit pun tersemat pada Denmark lantaran kejutan yang ditimbulkannya seperti ledakan sebuah dinamit. Kini, "ledakan dinamit" itu berusaha diulang oleh Denmark di Piala Dunia 2018. 

Tergabung di grup C, Denmark akan bersaing dengan negara Prancis, Peru, dan Australia. Di atas kertas, hanya Prancislah negara yang bisa membahayakan bagi Denmark. 

Untuk mengenal lebih jauh mengenai Timnas Denmark, berikut ini INDOSPORT siapkan ulasan lengkap meliputi perkiraan daftar pemain, statring line-up, player to watch, hingga fakta-fakta menarik Timnas Denmark. 

Baca Juga

1. Perkiraan Daftar Pemain

Denmark saat melawan Irlandia.

Di gelaran Piala Dunia kali ini, Denmark diperkuat sejumlah nama-nama besar. Mereka adalah Kiper Kasper Schmeichel (Leicester), Andreas Christensen (Chelsea) dan Nicklas Bendtner (Rosenborg).

Di Rusia nanti, Denmark juga bakal mengandalkan kombinasi pemain senior dan junior. Tahun ini Denmark memiliki skuat senior seperti Simon Kjaer, Thomas Delaney, William Kvist, dan Lasse Schone serta pemain muda berbakat seperti Yussuf Poulsen, Andreas Cornelius dan Pione Sisto.

Kiper: Kasper Schmeichel, Frederik Ronnow, Jonas Lossl.

Bek: Simon Kjaer, Andreas Bjelland, Riza Durmisi, Jannik Vestergaard, Mathias Jorgensen , Jens Stryger Larsen, Henrik Dalsgaard, Andreas Christensen.

Gelandang: Christian Eriksen, William Kvist, Lasse Schöne, Thomas Delaney, Pione Sisto, Lukas Lerager, Mike Jensen.

Penyerang: Nicklas Bendtner, Yussuf Poulsen, Viktor Fischer, Kasper Dolberg, Andreas Cornelius.


2. Perkiraan Starting Line-Up

formasi timnas denmark pildun 2018

Pelatih Age Hareide diperkirakan akan menggunakan formasi 4-2-3-1 sebagai formasi utama tim di Piala Dunia 2018. Dalam formasi ini, Hareide akan menempatkan kiper berpengalaman Kasper Schmeichel di bawah mistar gawang. Schmeicel saat ini menjadi andalan utama klub Liga Primer Inggris, Leicester City. Ia juga turut membawa Leicester menjuarai Liga Primer Inggris musim 2016/17 lalu. Dengan 31 caps di Timnas Denmark, Schmeichel tak diragukan lagi untuk menjadi pilihan utama di posisi kiper. 

Untuk pemain belakang, Timnas Denmark akan menempatkan bintang muda Chelsea, Andreas Christensen. Bek berusia 22 tahun itu akan ditemani oleh stoper berpengalaman asal klub Fenerbahce, Simon Kjaer. Perpaduan antara pemain muda dan berpengalaman di lini belakang Denmark diyakini dapat menghasilkan permainan yang solid. 

Di lini tengah, Denmark tentu saja akan mengandalkan bintang utama mereka, Christian Eriksen. Eriksen mampu tampil gemilang bersama Tottenham Hotspur musim ini. Kehebatannya di level klub diharapkan dapat kembali menular di Timnas Denmark. Hattrick yang diciptakannya ke gawang Irlandia mejadi bukti betapa berbahayanya penyerang tengah Denmark satu ini. 

Sementara itu di lini depan, Denmark siap menempatkan bintang Feyenoord, Nicolai Jorgensen. Musim ini Jorgensen tampil cukup subur dengan mencetak 10 gol dan satu assist dari 26 pertandingan. Jika Jorgensen menemui kebuntuan, maka penyerang senior, Nicklas Bendtner, siap menjadi alternatif. 


3. Player to Watch

Hattrick Christian Eriksen (seragam putih) ke gawang Irlandia bawa Denmark ke Piala Dunia 2018.

Christian Eriksen

Walau tak sementereng Inggris, Jerman, atau pun Prancis, namun Denmark sesungguhnya hampir tak pernah kehabisan pemain kelas dunia. Dari zaman Peter Schmeichel, Michael Laudrup, sampai eks bintang AC Milan, Jon Dall Tomasson, Denmark selalu diperkuat pemain top Eropa. 

Tahun ini pun Denmark memiliki pemain bintang Eropa atas nama Christian Erikson. Gelandang serang Tottenham Hotspur ini telah mencetak 10 gol sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia. Bisa jadi ia akan mengulangi kisah legendaris Michael Laudrup di Piala Dunia nanti. 


4. Rising Star

Pione Sisto (kanan).

Pione Sisto

Walau memiliki keturunan Sudan, Pione Sisto ternyata mampu membuat fans Timnas Denmark bergembira akan keberadaannya di dalam tim. Masih berusia 22 tahun, ia sudah menjadi pilihan utama di posisi sayap Timnas Denmark. Sisto musim ini selalu menjadi pilihan utama klubnya, Celta Vigo. Bersama Celta, Sisto telah bermain sebanyak 34 laga di La Liga dengan catatan empat gol dan 10 assist. 


5. Fakta-fakta Menarik Timnas Denmark

Timnas Denmark saat juara Piala Euro tahun 1992.

-Denmark menjadi negara terakhir dari Eropa yang lolos ke putaran final usai mengalahkan Irlandia di babak playoff. 

-Termasuk edisi 2018, total Denmark sudah lima kali berpartisipasi di Piala Dunia.

-Penampilan terbaik Denmark dalam ajang internasional adalah saat mereka menjuarai Piala Eropa 1992. 

-Presatasi terbaik Denmark di Piala Dunia adalah babak perempatfinal (1998)

-Paul Nielsen dan Jond Dahl Tomasson menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol di Timans Denmark. Keduanya sama-sama mencetak 52 gol. 


6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Melihat kedalaman skuat, serta pengalaman mereka di Piala Dunia, kami memprediksi Timnas Denmark mampu lolos dari Grup C. Namun, sepertinya langkah Tim Dinamit akan terhenti di babak 16 besar. 

DenmarkChristian EriksenPiala Dunia 2018Bola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini