x

3 Fakta yang Tak Banyak Diketahui soal Striker Naturalisasi Anyar Persija

Rabu, 23 Mei 2018 13:16 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Meski putaran pertama juga belum usai, Persija Jakarta sudah kembali mendatangkan satu pemain anyar. Persija dengan resmi mengumumkan bahwa mereka mendatangkan satu striker anyar. Dia adalah striker naturalisasi, Osas Marvelous Saha.

Osas sendiri baru bisa bermain pada setelah bursa transfer jilid kedua dibuka mulai 5 Juli-3 Agustus 2018. Ia sudah melakukan tanda tangan kontrak bersama Persija pada Selasa (22/05/18) kemarin. 

Pemain berusia 31 tahun itu mendapatkan durasi kontrak selama satu setengah musim bersama klub berjulukan Macan Kemayoran itu. Osas Saha sendiri tidak akan mengurangi jatah pemain asing Persija mengingat statusnya saat ini sebagai pemain naturalisasi.

Baca Juga

Namun di balik kabar bergabungnya ia bersama dengan Persija, Osas rupanya menyimpan sederet fakta yang belum banyak diketahui oleh para pendukung klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut. 

Berikut INDOSPORT berhasil mengumpulkan 3 fakta yang cukup mengejutkan soal striker naturalisasi anyar yang akan segera memperkuat lini serang Persija bersama dengan Marko Simic dan rekan-rekannya.


1. Bela Klub 5 Negara

Osas Saha bersama Gede Widiade

Pemain berdarah Nigeria tersebut rupanya punya perjalanan yang cukup panjang dalam karirnya sebagai pesepakbola. Tak tanggung-tanggung, Osas bahkan sempat membela klub dari lima negara berbeda.

Osas tercatat bergabung dengan klub KRC Mechelen, sebuah klub divisi terbawah yang ada di Liga Belgia pada 2004-2005 dan 2007-2008. Ia juga tergabung dalam klub asal negaranya dulu, Nigeria yakni Prime pada 2005-2007.

Selain itu, pemain berusia 31 tahun tersebut juga tercatat pernah memperkuat klub Albania KS Elbasani pada 2008-2009 lalu, sebelum akhirnya merapat ke klub Indonesia, PSMS Medan. Osas juga pernah bermain untuk klub Malaysia Penang FA pada 2016 lalu. 


2. Eks Timnas Nigeria

Osas Saha (tengah).

Sebelum bermain di berbagai klub, Osas rupanya sempat juga dipanggil negaranya untuk mempekuat timnas Nigeria di jenjang U-17 dan U-20. 

Tampil bersama timnas Nigeria U-20, Osas yang kini memiliki tinggi 1,80 meter tersebut sempat menyumbangkan satu gol dalam laga yang dihadapi oleh skuatnya tersebut. 


3. Nikahi Wanita Indonesia

Osas Saha.

Osas akhirnya menjadi naturalisasi usai sekian lama dirinya menikahi seorang wanita Indonesia bernama Sasha pada Desember 2008 lalu. 

Tahun 2013 lalu, Osas akhirnya tertarik menjadi warganegara Indonesia. Kabar naturalisasi itu kembali bergaung usai dirinya sempat beberapa kali dihubung-hubungkan dengan Aceh United dan Persiba Balikpapan.

NigeriaPersija JakartaIndonesiaOsas SahaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini