x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Arab Saudi

Kamis, 24 Mei 2018 19:57 WIB
Editor: Isman Fadil
Timnas Football Arab Saudi PD 2018

Timnas Arab Saudi lolos dengan mulus ke Piala Dunia 2018. Tanpa kesulitan, Green Falcons berhasil menggengam tiket ke Rusia. 

Arab Saudi memastikan berangkat ke Rusia untuk mengikuti Piala Dunia tahun ini setelah mengalahkan Jepang di partai terakhir dalam babak kualifikasi Grup A Zona Asia. 

Dalam pertandingan tersebut, Arab Saudi menang tipis 1-0 berkat gol yang diciptakan oleh Fahad Al Muwallad. Hasil ini merupakan yang pertama kalinya Arab Saudi lolos ke Piala Dunia sejak tahun 2006.

Untuk itu, INDOSPORT mencoba menyajikan sejumlah info profil terkait Timnas Arab Saudi yang akan mengarungi ketatnya persaingan di Piala Dunia 2018. 

Mulai dari perkiraan pemain yang dipanggil, starting XI terbaik, pemain yang menjadi sorotan, calon bintang, hingga menakar sejauh mana langkah mereka di Piala Dunia 2018.

Baca Juga

1. Perkiraan Daftar Pemain

Fahad Al-Muwallad.

Kiper: Assaf Al-Qarny, Mohammed Al-Owais, Yasser Al-Musailem

Bek: Mansoor Al-Harbi, Yasser Al-Shahrani, Mohammed Al-Breik, Saeed Al-Mowalad, Motaz Hawsawi, Osama Hawsawi, Omar Hawsawi, Mohammed Jahfali.

Tengah: Abdullah Al-Khaibari, Abdulmalek Al-Khaibri, Abdullah Otayf, Taiseer Al-Jassim, Houssain Al-Mogahwi, Salman Al-Faraj, Nawaf Al-Abed, Mohamed Kanno, Yehya Al-Shehri

Depan: Fahad Al-Muwallad, Mohammad Al-Sahlawi, Muhannad Assiri.


2. Perkiraan Starting Line Up

Prediksi Starting Timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2018

Dalam beberapa pertandingan uji coba, Timnas Arab Saudi kerap mengandalkan formasi 4-2-3-1. Pelatih Arab Saudi, Juan Antonio Pizzi akan mengandalkan serangan dari sayap.

Pizzi akan menempatkan duet Otayf dan Al-Faraj sebagai gelandang tengah yang bertugas menjaga keseimbangan tim.

Trio gelandang serang diisi pemain-pemain dengan kecepatan tinggi, yaitu Al-Shehri, Al-Muwallad, dan Al-Jassim.


3. Player to Watch dan Rising Star

Mohammed Al-Sahlawi.

Sosok Mohammed Al-Sahlawi boleh jadi sudah veteran sebab berusia 31 tahu. Namun tenaga penyerang yang membela Al-Nassr itu sangat dibutuhkan Arab Saudi, khususnya dalam membobol jala lawan.

Debut bersama Timnas Arab Saudi pada tahun 2015, Al-Sahlawi sudah mencatatkan 38 caps serta menyarangkan 28 gol ke gawang lawan sejauh ini.

Sebagai pemain andalan, Al-Sahlawi bahkan dikirim ke Manchester United untuk menjalani latihan singkat selama beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, bek kanan penun potensi, Yasser Al-Shahrani, diprediksi akan menjadikan ajang Piala Dunia 2018 ini untuk menunjukkan kualitasnya.

Bukan tidak mungkin bila pemain berusia 25 tahun itu akan menunjukkan tajinya di atas lapangan Rusia kelak, dan membuat klub-klub besar Eropa kepincut untuk memboyongnya di musim 2018/19 mendatang.


4. Fakta Menarik Timnas Arab Saudi

Timnas Arab Saudi.

1. Rusia menjadi ajang kembalinya Arab Saudi, setelah pada Piala Dunia 2010 dan 2014 mereka gagal tampil. 

2.  Arab Saudi akan mencetak sejarah baru sebagai tim asal Asia pertama yang tampil pada pertandingan pembuka.

3. Beberapa pemain Timnas Arab Saudi dipinjamkan ke berbagai klub di La Liga Spanyol, dengan tujuan mendapatkan pengalaman bermain bersama klub-klub Eropa.


5. Prediksi Piala Dunia 2018

Timnas Arab Saudi.

Di Piala Dunia nanti, Arab Saudi berada di Grup A bersama tuan rumah Rusia, Mesir, dan Uruguay. Jika dilihat dari peta persaingannya, jelas Arab Saudi paling lemah. Meski begitu, mereka tetap mengantongi kans untuk membuat kejutan, misalnya saja menahan imbang atau menekuk tuan rumah Rusia pada laga pembuka.

Secara keseluruhan, peluang negara yang terkenal dengan gurun pasir untuk bisa lolos ke babak selanjutnya sangat berat. Mereka butuh usaha ekstra keras dan keajaiban guna mewujudkan hal tersebut. Sukses menyelesaikan misi tidak menjadi lumbung gol saja sudah amat fantastis buat Arab Saudi.

Piala DuniaPiala Dunia 2018Arab SaudiBola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini