x

Jawa Timur Bakal Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-16 dan U-19

Rabu, 30 Mei 2018 20:25 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Lanjar Wiratri
Kondisi stadion gelora jaka samudra Kabupaten Gresik.

Dua bulan lagi yakni pada 1-14 Juli nanti, Jawa Timur punya hajat besar yakni penyelenggaraan Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19. Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Jatim, Achmad Riyadh, mengaku bangga dengan penunjukan PSSI pusat itu. Pihaknya pun kini bersiap untuk menjadi tuan rumah yang baik pada even tersebut.

Baca Juga

“Kami tersanjung dengan penunjukkan ini, meskipun berat karena pada saat yang bersamaan PSSI Jatim juga memiliki agenda sendiri seperti Liga 3 Kapal Api dan Piala Soeratin U-17, namun karena ini tugas negara maka kami tetap akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik. Ini menjadi salah satu sumbangsih PSSI Jatim semoga  prestasi sepakbola Indonesia dimulai dari Jatim,” kata Achmad Riyadh.


1. Dua Stadion di Jawa Timur Lolos Verifikasi PSSI

Stadion Gelora Deltras Sidoarjo

Adapun venue atau lokasi stadion yang bakal menjadi tempat berlangsungnya pertandingan yakni, Stadion Gelora Jaka Samudra di Kabupaten Gresik dan Stadion Gelora Delta di Sidoarjo. Saat ini kedua stadion tersebut sudah lolos verifikasi dan disetujui oleh PSSI pusat.

Menurut sekretaris umum PSSI Jatim, Amir Burhannudin, dari hasil verifikasi kedua stadion tersebut masih ada beberapa bagian yang masih perlu dievaluasi. 


2. Kekurangan yang Harus Dibenahi

Papan skor digital sudah ada di Stadion Jaka Samudra.

“Evaluasi dari tim verifikasi PSSI Pusat, ada sedikit kekurangan di Stadion Gelora Jaka Samudra tapi tidak terlalu teknis hanya soal VIP Room, general cleaning, dan furniture. Dan itu akan segera diperbaiki, intinya menjelang hari pertandingan semua sudah beres,” pungkas Amir.

Selain dua stadion tersebut, sejumlah sarana dan prasarana lain, juga terus dipersiapkan pihak Asprov Jatim. Di antaranya hotel, sarana lapangan latihan, dan beberapa hal yang lain. Sebelum Jawa Timur ditunjuk sebagai tuan rumah Piala AFF U-16 dan U-19 secara penuh,  Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo ditunjuk sebagai lokasi pertandingan.


3. Stadion Pakansari untuk Venue Asian Games

Stadion Pakansari Cibinong - Bogor

Namun lantaran Stadion Pakansari menjadi salah satu venue cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018, maka dari itu PSSI pusat memutuskan untuk menyelenggarakan Piala AFF U-16 dan U-19 di Jawa Timur.

PSSIPiala AFF U-16Liga IndonesiaPiala AFF U-19 2018

Berita Terkini