x

Hari Kelahiran Pancasila, Pemain Naturalisasi Indonesia Kagumi Soekarno

Jumat, 1 Juni 2018 17:33 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Raphael Maitimo, gelandang Persib Bandung.

Ternyata, pemain naturalisaso Indonesia, yakni Raphael Maitimo punya kekaguman tersendiri pada sosok Presiden Soekarno yang menjadi tokoh di balik lahirnya Pancasila.

Baca Juga

Raphael Maitimo nampaknya begitu kagum dengan sosok Presiden Soekarno yang menjadi pencetus lahirnya Pancasila yang dijadikan dasar Negara Indonesia.


1. Tak Susah Ingat Pancasila

Raphael Maitimo, saat debut bersama Madura United

Di hari lahir Pancasila yang jatuh tepat hari ini, Jumat (01/05/18), Maitimo yang merupakan pemain naturalisasi ternyata paham betul bagaimana Pancasila menjadi cerminan jati diri bangsa Indonesia. Maitimo juga mengaku tak sulit untuk mengingat dan menghapal

“Tentu saya tahu makna Pancasila sebagai dasar dan filosofi bangsa Indonesia yang luar biasa. Tidak sulit untuk mengingat lima prinsip dasar Pancasila,” ujar Maitimo kepada INDOSPORT.


2. Kagumi Sosok Soekarno

Soekarno-Hatta dan sepakbola Timnas Hindia Belanda.

Bagi Maitimo, sosok Soekarno merupakan idolanya yang merupakan sosok Proklamator, tokoh bangsa, dan Presiden pertama Indonesia. Gelandang Madura United itu menganggap sosok Soekarno sebagai Bapak Bangsa yang tentu sangat layak untuk dikagumi.

“Soekarno merupakan sosok Presiden yang cerdas dan sangat menarik, saya sangat mengaguminya,” tambah mantan Pemain Persib tersebut.


3. Hari Kelahiran Pancasila

Stadion Pancasila

Indonesia kini tengah memperingati Hari Kelahiran Pancasila pada Jumat (01/16/18) ini. Tepat tanggal 1 Juni 1945 silam, Presiden Soekarno memberikan pidato yang memperkenalkan lima prinsip.

Usai pidato tersebut, Komite Sembilan bersama dengan Soekarno menjadikan kelima prinsip tersebut dan ditetapkan sebagai Pancasila sebagai bagian dari Pembukaan Konstitusi Indonesia. Itu kenapa hingga kini, kita merayakan Hari Kelahiran Pancasila.
 

Raphael MaitimoLiga IndonesiaHari Lahir Pancasila

Berita Terkini