x

8 Pemain yang Memenangkan Ballon d’Or, Piala Dunia, dan Liga Champions

Sabtu, 2 Juni 2018 09:55 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ballon D'or, Tropi Piala Dunia dan Tropi Liga Champions

Dalam sejarah sepakbola, tak banyak pemain yang pernah meraih banyak penghargaan dalam karier sepakbolanya. Setiap pesepakbola tentunya ingin mendapatkan beberapa gelar penting dalam kariernya seperti trofi Ballon d’Or, Piala Dunia, dan Liga Champions.

Ketiga trofi itu terbilang sebagai penghargaan tertinggi bagi setiap pemain didalam dunia sepakbola. Setiap pesepakbola diberbagai negara diyakini ingin memenangkan gelar bergengsi tersebut. Percaya atau tidak, nyatanya hanya ada beberapa pesepakbola yang pernah berhasil meraih ketiga gelar bergengsi tersebut.

Lantas, siapa sajakah pesepakbola yang pernah berhasil meraih ketiga gelar bergengsi tersebut? Dan, mungkinkah akan ada pemain baru yang menambah jumlah para legenda yang pernah memenangkan ketiga trofi ini, dengan menjuarai Piala Dunia 2018 mendatang?

Berikut INDOSPORT rangkum ketiga pemain yang pernah berhasil meraih trofi Liga Champions, Ballon d’Or, dan Piala Dunia.


1. Sir Bobby Charlton

Sir Bobby Charlton legenda hidup Manchester United dan Timnas Inggris

Pemain pertama yang berhaisl merai ketiga gelar bergengsi tersebut adalah Sir Bobby Charlton. Legenda hidup Manchester United itu merupakan salah satu pesepakbola tersukses dalam sepanjang sejarah.

Charlton telah banyak menghabiskan karier sepakbolanya bersama Manchester United. Dirinya telah tampil sebanyak 758 pertandingan dan telah berhasil mencetak sebanyak 249 gol.

Bobby Charlton berhasil memenangkan trofi Piala Dunia bersama Timnas Inggris di tahun 1966. Dirinya berperan besar dan menjadi salah satu pemain yang tak tergantikan di skuat The Three Lions. Berkat kegemilangannya pada sat tampil di Piala Dunia, Charlton berhasil dianugrahi gelar Ballon d’Or di tahun 1966.

Dua musim berselang, Charlton sukses mengantarkan Manchester United meraih trofi Si Kuping Besar. Pria yang kini berusia 80 tahun itu merupakan salah satu pemain tersukses dalam sepanjang sejarah sepakbola.


2. Paulo Rossi

Legenda Timnas Italia, Paulo Rossi

Satu-satunya pemain Italia yang berhasil memenangkan gelar bergengsi Piala Dunia, Ballon d’Or, dan Liga Champions adalah Paulo Rossi. Pemain yang kini berusia 61 tahun itu merupakan pesepakbola yang luar biasa di era keemasannya.  

Berposisi sebagai penyerang, Rossi berhasil mengantarkan kejayaan untuk beberapa klub besar Italia seperti Juventus, L.R Vicenza dan AC Milan. Masa keemasan Paulo Rossi terjadi pada tahun 80-an. Pasalnya, di tahun tersebut Rossi berhasil meraih ketiga gelar bergengsi dalam bersamaan.

Di mulai pada tahun 1982, Rossi berhasil mengantarkan Timnas Italia menggondol trofi Piala Dunia. Rossi menjadi salah satu pemain penting karena berhasil mencetak gol-gol krusial disetiap laga yang dimainkan olehnya.

Berkat kegemilangannya pada saat membela Gli Azzuri di Piala Dunia, Rossi berhasil dianugrahi trofi Ballon d’Or di musim kompetisi 1982.

Dua musim berselang tepatna di musim 1984/85, Rossi berhasil mengantarkan Juventus meraih gelar bergengsi Liga Champions. Pencapaiannya ini merupakan salah satu pencapaian terbaik bagi seorang pesepakbola.


3. Gerd Muller

Legenda Bayern Munchen dan Timnas Jerman, Gerd Muller.

Legenda sepakbola Jerman, Gerd Muller merupakan pesepakbola yang pernah meraih tiga gelar bergengsi dalam karier sepakbolanya. Selama berkarier menjadi pesepakbola, Muller telah tampil sebanyak 769 pertandingan dan berhasil mencetaj sebanyak 721 gol.

Sungguh torehan luar biasa bagi seorang pesepakbola professional. Muller berhasil memenangkan trofi Liga Champions bersama Bayern Munchen di musim (1973/74, 1974/75, 1975/76). Sedangkan, Muller mendapatkan trofi bergengsi Ballon d’Or di musim 1970.

Muller berhasil mengantarkan Timnas Jerman meraih gelar bergengsi Piala Dunia di tahun 1974.


4. Franz Beckenbauer

Legenda Timnas Jerman dan Bayern Munchen, Franz Beckenbauer.

Pemain lain yang juga berhasil meraih gelar Liga Champions, Piala Dunia, dan Ballon d’Or adalah Frenz Beckenbauer. Beckenbeur dan Gerd Muller merupakan pemain asal Jerman yang hampir memilik kesuksesan yang sama.

Beckenbauer pernah menjuara Piala Dunia di tahun 1974. Begitu juga dengan trofi Liga Champions, Beckenbauer meraih kesuksesan pada saat memperkuat Bayern Munchen dan berhasil emraih tiga trofi bergengsi di musim (1973/74, 1974/75, 1975/76).

Berkat kegemilangannya di dunia sepakbola, Beckenbauer mendapatkan trofi Ballon d’Or di musim 1972 dan 1976.


5. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane legenda hidup Real madrid dan Timnas Prancis

Pemain lain yang pernah mendapatkan ketiga gelar bergengsi dalam dunia sepakbola adalah Zinedine Zidane. Legenda hidup Timnas Prancis dan Real Madrid itu meraih trofi Piala Dunia di tahun 1998. Berkat kegemilangannya di Piala Dunia, Zidane dianugrahi trofi Ballon d’Or di tahun 1998.

Bersama Real Madrid, di musim 2002, ia berhasil mengantarkan Los Blancos menjadi jawara kompetisi paling bergengsi di benua Eropa, lga Champions. Zidane menjadi salah satu actor pentin keberhasilan Madrid meraih trofi Liga Champions.


6. Rivaldo

Legenda AC MIlan, Rivaldo.

Legenda Barcelona, Rivaldo merupakan pemain lain yang pernah berhasil meraih troi Liga Champions, Ballon d’Or dan Piala Dunia. Pria yang kini berusia 46 tahun itu meraih trofi Ballon d’Or bersama Barcelona di musim 1999.

Di tahun 2002, Rivaldo merupakan salah satu pemain penting Timnas Brasil dalam meraih gelar bergengsi Piala Dunia. Di tahun yang sama bersama AC Milan, Rivaldo berhasil menggondol trofi Si Kuping Besar untuk skuat Rossonerri.


7. Ronaldinho

Ronaldinho sukses bersama Barcelona dan AC Milan.

Leganda hidup Timnas Brasil dan Barcelona merupakan salaah satu pesepakbola terbaik dan tersukses sepanjang sejarah. Ronaldinho telah berhasil meraih gelar bergengsi Piala Dunia, Liga Champions, dan Ballon d’Or.

Di mulai di tahun 2002, Ronaldnho berhasil mengantarkan Timnas Brasil meraih gelar bergengsi Piala Dunia. Peran Ronaldinho bersama Timnas Brasil seakan tak tergantikan dan menjadi salah satu pemain penting untuk skuat Canarinho.

Ronaldinho meraih kesuksesan sebagai pesepakbola bersama Barcelona. Terbukti, di musim 2005 dirinya berhasil menganatrkan Blaugrana meraih gelar juara Liga Champions. Di  musim yang sama, Ronaldinho juga dianugrahi trofi bergengsi Ballon d’Or.

Baca Juga

8. Kaka

Ricardo Kaka legenda Timnas Brasil dan AC milan.

Ricardo Kaka merupakan salah satu pesepakbola tersukses yang pernah bermain di AC Milan. Terbukti, beberapa trofi bergengsi diraih oleh Kaka di skuat Rossinerri.

Di buka dengan berhasil mengnatarkan Timnas Brasil meraih gelar juara Piala Dunia di musim 2002. Berkat kegemilangannya di Piala Dunia, AC Milan tertarik untuk merekrut Kaka ke San Siro.  

Selama beberapa musim, Kaka berhasil menjadi pemain inti dan tak tergantikan di AC Milan. Masa-masa kegemilangan Kaka di raih di musim 2007, pada saat AC Milan berhasil menggondol trofi Liga Champions dan Ballon d’Or.

Zinedine ZidanePiala DuniaLiga ChampionsFranz BeckenbauerRonaldinhoRicardo KakaBallon d'OrPiala Dunia 2018RivaldoSir Bobby CharltonGerd MullerBola InternasionalListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini