x

Persipura vs PSM Makassar: Imbangi Mutiara Hitam, Juku Eja ke Puncak Klasemen

Senin, 4 Juni 2018 20:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Selebrasi pemain PSM Makassar.

Torehan tiga poin gagal didapatkan oleh Persipura Jayapura saat menjamu PSM Makassar di Stadion Mandala pada Senin (04/06/18) petang.

Dalam laga lanjutan pekan ke-12 Liga 1 2018 ini, Persipura sempat unggul lebih dulu di menit ke-82. Namun, empat menit berselang, PSM mampu mencetak gol penyeimbang.

Hasil imbang ini sendiri menjadi berkah tersendiri bagi PSM, lantaran mereka langsung melejit ke posisi puncak klasemen sementara dengan koleksi 21 poin. Sementara Persipura hanya bisa puas turun ke posisi empat dengan koleksi 19 poin.


1. Babak Pertama

Skuat Persipura Jayapura.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Persipura Jayapura tampil menekan sejak wasit meniupkan peluit tanda dimulainnya pertandingan. Beberapa kali, kiper PSM Makassar, Rivky Mokodompit dibuat kerja keras mengamankan gawangnya.

Meski dipaksa bermain bertahan, PSM justru mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan di menit ke-12. Menerima umpan silang, Guy Junior melepaskan tendangan yang sayangnya masih sedikit melebar dari gawang Persipura.

Hingga menit ke-30 pertandingan babak pertama bergulir, baik Persipura maupun Barito terus menciptakan peluang-peluang untuk membuka keunggulan. Namun, lemahnya finishing membuat belum ada gol yang tercipta.

Baca Juga

Enam menit sebelum menuju ruang ganti, terjadi insiden keras yang menimpa penggawa Persipura, Hilton Moreira. Saat berusaha menyambut tendangan bebas dari Ian Kabes, Hilton berbenturan dengan Rivky Mokodompit.

Pertandingan pun sempat dihentikan sementara. Mobil ambulan sempat disiapkan di pinggir lapangan setelah melihat tabrakan parah yang menimpa Hilton.

Beruntung, kondisi Hilton berangsur-angsur membaik dan bisa kembali melanjutkan pertandingan. Setelah itu, pertandingan kembali berlangsung monoton dan skor imbang 0-0 tidak berubah hingga akhir paruh pertama.


2. Babak Kedua

Penggawa Persipura, Marcel Sacramento.

Enam menit sekembalinya dari ruang ganti, PSM nyaris membukam publik Stadion Mandala. Menerima umpan terobosan, Saldi melepaskan sebuah sepakan ke arah gawang. Sial bagi Juku Eja, bola membentur tiang gawang.

Memasuki menit ke-60, baik Persipura maupun PSM kompak melakukan pergantian pemain. Dari kubu Persipura, Salampessy digantikan oleh Immanuel Wanggai, sementara di kubu PSM, Ferdinan Sinaga masuk menggantikan Guy Junior.

Menyadari lini serangnya masih buntuh, Peter Butler akhirnya memasukkan penyerang andalannya, Boaz Solossa.

Setelah pertandingan memasuki menit ke-82, gol yang ditunggu-tunggu oleh publik Stadion Mandala akhirnya datang juga melalui aksi Marcel Sacramento.

Eks penyerang Semen Padang itu menerima umpan di dalam kotak penalti. Meski dihadang empat pemain PSM, tendangan Marcel ternyata tidak mampu diantisipasi Rivky. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Persipura.

Sial bagi tim Mutiara Hitam, keunggulan mereka tidak bertahan lama. Pasalnya, empat menit berselang PSM langsung menyamakan kedudukan.

Abdul Rahman mampu menyundul bola hasil umpan sepak pojok yang dilepaskan Rashyid Bakri. Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.


3. Susunan Pemain Kedua Tim

Persipura Jayapura vs PSM Makassar.

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede, Yustinus, Salampessy, Yohanis, Kevin Wato, Andri, Gunansar, Ian Kabes, Hilton, Marcel Sacramento, Prisca.
Cadangan: Fitrul, Toncy, Elisa Basna, Wanggai, Rivaldo, Boaz, Ronaldo.
Pelatih: Peter Butler.

PSM Makassar (4-3-3): Rivky, Hasim Kipuw, Paulle, Rahman, Reva Adi, Rasyid, Rizky Pellu, Arfan, Wiljan Pluim, Guy Junior, Saldi.
Cadangan: Syaiful, Hendra Wijaya, Fauzan Jamal, Zulkifli, Zulham, Ferdinand Sinaga, Heri.
Pelatih: Robert Rene Alberts.

Persipura JayapuraPSM MakassarReviewLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini