x

Menurut Pele, Brasil Punya Satu Masalah Krusial di Piala Dunia 2018

Kamis, 7 Juni 2018 18:56 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Legenda Timnas Brasil, Pele.

Brasil merupakan salah satu favorit penggemar untuk di Piala Dunia 2018 di Rusia. Memiliki sederetan bintang ternama seperti Neymar, Marcelo, dan Roberto Firmino membuat banyak yang yakin tim Samba dapat mengangkat trofi mereka untuk yang keenam kalinya.

Lebih dari sepuluh tahun, Brasil belum lagi memenangkan Piala Dunia sejak 2002. Mereka bahkan dipermalukan di kandang sendiri empat tahun lalu ketika dikalahkan 7-1 oleh Jerman dalam babak semifinal.

Baca Juga

1. Khawatir Soal Kekompakan

Logo Timnas Brasil.

Pele, yang berhasil membantu negaranya mendapatkan tiga Piala Dunia, paham benar bahwa Brasil memiliki banyak individu berbakat. Namun ia khawatir tentang kekompakan yang dinilainya belum solid.

"Saya memiliki keyakinan penuh pada kemampuan Tite dalam melatih pemain. Namun saya khawatir tentang satu hal. Beberapa hari sebelum Piala Dunia dimulai dan kami masih belum memiliki tim yang kompak,” ujarnya seperti dikutip dari Express UK.


2. Harus Andalkan Tim

Coutinho, Neymar, dan Jesus.

Bagi Pele, meskipun tim memiliki pemain sekelas Neymar namun semuanya tak akan berarti bila tak ada kesatuan tim.

“Secara individual semua pemain sangat bagus. Tapi mereka belum menjadi tim,” sesalnya

Ia menambahkan, “Neymar, bagi saya adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Sekarang ia lebih matang dan memiliki lebih banyak pengalaman. Tetapi dia tidak akan memenangkan Piala Dunia sendiri karena timlah yang harus berjuang.”


3. Lebih Banyak Waktu Bersama

Mane Garrincha (kiri) bersama dengan Pele di Timnas Brasil.

Menurut Pele, salah satu hal yang membuat tim Brazil di masa lalu sangat kompak adalah waktu kebersamaan yang cukup lama.

"Tim Brasil terbesar sepanjang masa adalah di tahun 1970, dengan Tostao, Rivellino, Gerson dan Pele semuanya mengenakan kaos nomor 10 untuk klub mereka. Saat itu, kami menghabiskan lebih dari enam bulan bersama. Itulah mengapa kami berhasil, " tegas Pele.

Brasil akan memulai pertandingan Piala Dunia 2018 dengan melawan Swiss pada 17 Juni 2018 mendatang. Setelah itu, mereka akan berhadapan dengan Kosta Rika dan Serbia.

Berikut jadwal lengkap Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

NeymarBrasilPelePiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini