x

Punya Tabungan 3 Laga di Putaran Pertama, Persija Diuntungkan?

Minggu, 10 Juni 2018 17:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Persija Jakarta.

Persija Jakarta saat tercecer di papan tengah dengan menghuni peringkat ke-10 klasemen Liga 1 2018 dengan 16 poin. Namun, Macan Kemayoran baru memainkan 10 laga, atau tepatnya menyisahkan tiga laga yang tertunda.

Tiga laga tersebut adalah melawan Persib Bandung (tertunda karena tidak ada izin keramaian), Perseru Serui (tertunda karena jadwal padat dengan Piala AFC 2018) dan Persebaya Surabaya yang terpaksa dibatalkan karena alasan keamanan.

Dengan kenyataan tersebut, Persija secara tidak langsung dinilai diuntungkan. Pasalnya, dengan laga putaran pertama yang masih tersisa empat pertandingan, tim Ibu Kota justru punya kans atau tabungan lebih tiga laga yang jika mampu disapu bersih akan berpengaruh besar pada perolehan poin.


1. Bukan Keuntungan

Direktur Persija Jakarta, Gede Widiade.

Akan tetapi, bos Persija, Gede Widiade menganggap hal itu justru bukan keuntungan. Penundaan laga disebut mempengaruhi target pelatih dan sempat mengganggu persiapan tim.

"Partai tunda bukan hanya kami, bisa lihat ada Persebaya dan juga Persib. Apapun bisa terjadi, karena ini laga besar, kompetisi besar, dan pasti setiap klub punya plan A, B, C. Dan laga tunda pasti tidak diinginkan karena pasti ubah segala target kita," ucap Gede.

Baca Juga

2. Minta Dimengerti

Selebrasi para pemain Persija Jakarta usai menang telak atas PS TIRA.

Gede berharap semua pihak bisa mengerti dengan alasan penundaan jadwal Persija. Pasalnya, tahun ini mereka mewakili Indonesia di Piala AFC dan memainkan laga lebih banyak bersama Bali United, terutama di awal kompetisi Liga 1.

"Tapi ingat, di Indonesia mungkin hanya dua, Persija dan Bali (United) yang jalani laga terbanyak dibanding tim lain."

"Saya terimakasih jika masyarakat menilai itu sebagai bahan pertimbangan. Kami tidak minta pengecualian, memang benar-benar jumlah laga kami lebih banyak dari tim lain," tuturnya.


3. Kondisi Pemain

Situasi latihan para pemain Persija Jakarta.

Gede menilai permintaan untuk menunda laga Persija terutama saat mepet dengan jadwal fase grup Piala AFC lalu berhubungan langsung dengan kondisi pemain.

Jika dipaksakan, maka Macan Kemayoran akan menerima konsekuensi yang berat, apalagi beberapa pemainnya juga dipanggil ke Timnas Indonesia.

"Kita sadari laga ke 1, 2, 3 pasti sempit, dan kalau tidak ada laga tunda akan lebih sempit lagi. Kami minta PT Liga (LIB) dan PSSI tolong diprioritaskan keselamatan dan kesehatan pemain."

"Kalau durasi sempit, pemain cedera, dan kontribusi ke Timnas juga tidak bagus karena tujuan kompetisi untuk support Timnas," tutup pengusaha asal Surabaya itu.


4. Jadwal Laga Tunda Persija

Skuat Persija Jakarta.

Sebagai informasi, dua laga tunda Persija yakni melawan Persib dan Perseru telah dijadwalkan ulang.

Untuk big match versus Maung Bandung, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menentukan pada akhir bulan ini tepatnya, 30 Juni mendatang dan tiga hari berikutnya giliran Bambang Pamungkas cs melawan Perseru.

Sedangkan untuk laga melawan Persebaya, hingga saat ini belum ditentukan kapan duel klasik itu berlangsung. Namun, PT LIB menyatakan tetap menggelarnya di putaran pertama.

Berikut jadwal lengkap Piala Dunia 2018:

Ikuti terus berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Persija JakartaGede WidiadePiala AFCLiga IndonesiaLiga 1Piala AFC 2018

Berita Terkini