x

3 Momen Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Piala Dunia

Minggu, 17 Juni 2018 08:30 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Zaire vs Brasil di Piala Dunia 1974.

Dalam sejarahnya, Piala Dunia 2018 mencatatkan banyak momen-momen yang paling diingat dan mungkin tak akan terlupakan. Sebut saja hattrick yang dibuat Geoff Hursy untuk Timnas Inggris atau gol tangan tuhan Diego Maradona saat Argentina berhadapan dengan Inggris di Piala Dunia 1986.

Hingga yang paling anyar dan mungkin masih segar dalam ingatan ialah kala Timnas Brasil diluluhlantakan Jerman 1-7 di semifinal Piala Dunia 2014 lalu. Di samping memori tak terlupakan, ada juga momen-momen aneh yang pernah terjadi di pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut.

Momen-momen yang tak terlupakan dan juga aneh ini tercatat dalam sejarah pernah terjadi di gelaran Piala Dunia. Berikut INDOSPORT merangkum 5 Momen paling aneh yang pernah terjadi di Piala Dunia.

Baca Juga

1. Cara Unik Hentikan Tendangan Bebas – Piala Dunia 1974

Zaire vs Brasil di Piala Dunia 1974.

Pemain belakang asal Timnas Zaire atau sekarang Republik Demokratik, Mwepu Ilunga melakukan hal aneh saat timnya bertemu dengan Brasil di Piala Dunia 1974. Usai kalah di fase grup di tangan Skotlandia dan Yugoslavia, Zaire menghadapi Brasil.

Brasil sudah unggul 2-0 ketika pertandingan baru berjalan 10 menit dan mendapatkan tendangan bebas. Revelino yang ditunjuk mengambil tendangan bebas tersebut tengah bersiap-siap, namun anehnya tak ada angin tak ada hujan, Ilunga langsung menendang bola yang sudah siap dieksekusi Revelino.

Wasit pun langsung memberikan kartu kuning untuk pemain belakang Zaire tersebut. Banyak yang berpendapat jika Ilunga sesungguhnya tak mengerti aturan menegnai tendangan bebas sehingga ia langsung membuang bola yang bahkan belum ditendang pemain.


2. Pangeran Kuwait Intervensi Laga dan Menganulir Gol – Piala Dunia 1982

Kuwait vs Prancis di Piala DUnia 1982.

Kuwait tertinggal 1-3 dari Prancis saat insiden ini terjadi. Keluarga kerajaan Kuwait yang menyaksikan pertandingan langsung di stadion tiba-tiba mengintervensi pertandingan saat pemain Prancis tengah melakukan selebrasi pertandingan.

Pemain belakang Prancis pun ikut memprotes gol tersebut dan menilainya offside. Wasit bergeming hingga Pangeran Kuwait, Sheikh Fahad, tiba-tiba masuk ke dalam lapangan dan berdebat dengan wasit dan official pertandingan.

Prancis akhirnya menutup pertandingan dengan skor 4-1 usai insiden aneh tersebut. Namun kejadian itu seolah terlupakan saat Sheikh Fahad delapan tahun kemudian mengundang legenda Timnas Prancis yang kala itu masih bermain, Michel Platini.


3. Kesalahan Konyol Kiper Kolombia – Piala Dunia 1990

Rene Higuita.

Kamerun tampil mengejutkan di Piala Dunia 1990 setelah sukses mengalahkan sang juara bertahan, Argentina, di laga pembuka. Namun pertandingan yang menciptakan momen aneh justru tercipta di laga melawan Kolombia.

Kiper Kolombia, Rene Higuita, tampil konyol di babak tambahan waktu saat skor 0-0 untuk kedua tim tak berubah hingga 90 menit. Higuita tengah menguasai bola di depan gawang, namun ia melakukan dribbling konyol yang akhirnya berujung petaka untuk Kolombia.

Penjaga gawang yang tampil dengan kumis tebal dan rambut keritingnya itu melakukan dribbling konyol hingga berhasil direbut oleh striker Kamerun, Roger Milla. Tanpa ragu Milla pun menceploskan bola ke gawang Kolombia dan membuat kedudukan unggul untuk Kamerun.

Berikut jadwal siaran langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA RUSIA 2018

Piala DuniaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini