x

Bukan Hanya Mohamed Salah, 5 Pemain Afrika Ini Siap Unjuk Gigi di Piala Dunia 2018

Minggu, 17 Juni 2018 02:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Mohamed Salah memang begitu menarik perhatian seluuh penikmat sepak bola musim lalu, mencetak total 43 gol bagi Liverpool sepanjang musim, pemain asala Mesir itu bahkan sukses menyabet galar pemain terbaik Liga Pimer Inggris 2017/18.

Tidak mengherankan jika kemampuan luar biasa Salah kemudian begitu dinanti para penikmat sepakbola di Piala Dunia 2018 nanti.

Meski berada di negara yang tidak di unggulkan, tidak salah memang haapan tesebut tersemat kepada pemain 25 tahun tersebut. Namun jika melihat lebih luas, Salah bukan satu-satunya talenta asal Afika yang siap mencuri perhatian di Rusia nanti.

Setidaknya ada beberapa nama lain dari empat negara Afika yang juga ambil bagian di turnamen terbesar sepakbola dunia tersebut. Berikut INDOSPORT merangkumkan lima nama diantaranya.


1. Sadio Mane

Sadio Mane, bintang Timnas Senegal.

20 gol dan delapan assists bagi Liverpool musim lalu, belum lagi melihat kontribusinya dalam penyerangan klub finalis Liga Champions musim lalu, nama Sadio Mane rasanya layak dikedepankan sebagai pemain Afrika yang akan mencuri perhatian di Rusia nanti.

Gaya permainannya yang cepat dari lini sayap, acap kali membuat paa pemain belakang kesulitan mengikuti pergerakananya.

Mohamed Salah memang unggul jauh darinya dalam urusan mencetak gol di klub musim lalu, namun jika melihat rataan skuat Senegal dan juga pengalaman negara Afrika Barat tersebut di Piala Dunia, besar kemungkinan jika nama Sadio Mane akan lebih mencuri perhatian dai pada reannya di Liverpool, Mohamed Salah di Rusia nanti.


2. Kalidou Koulibaly

Bek Napoli sekaligus Timnas Senegal, Kalidou Koulibaly.

Bermain sebagai seorang pemain bertahan, peran Koulibaly di lini belakang klubnya saat ini, Napoli sudah tidak bisa ditampik lagi.

Saking pentingnya pemain asal Senegal ini buat klub berjuluk Il Pantenope, dirinya bahkan mencatatkan total 35 pertandingan Serie A musim lalu. Atau dalamatian hanya absen di tiga laga buat Napoli.

Kehebatan pemain 27 tahun ini juga bisa terlihat dari banyaknya klub besar Eropa yang terang-terangan tertarik unuk memakai jasanya musim depan.

Tidak berlebihan rasanya, jika namanya disejajarkan dengan kompatriotnya di Timnas Senegal Sadio Mane dan juga nama besar Mohamed Salah, sebagai salah satu pemain Afika yang akan unjuk gigi di Piala Dunia 2018.


3. Kelechi Iheanacho

Pemain Tim Nasional Nigeria, Kelechi Iheanacho.

Usia baru menginjak 21 tahun, tapi nama Iheanacho sudah menjadi pilihan utama lini dpan Timnas Nigeria.

Dengan gaya bermain khas seorang target man, kemampuanya juga terbukti mumpuni dengan torehan sembilan gol dari 13 laga terakhinya bersama Timnas negara berjuluk Supe Eagles tersebut.

Sekalipun hanya menjadi bayang-bayang Jamie Vardy di klubnya saat ini Leiceste City,tidak akan mengejutkan jika namanya kelak akan mengejutkan di Piala Dunia 2018 nanti.


4. Alex Iwobi

Alex Iwobi jadi model peluncuran jersey anyar Timnas Nigeria.

Selain nama Iheanacho, dari Nigeria ada pemuda 20 tahun Alex Iwobi. Pemain Asal klub Liga Primer Inggris Arsenal tersebut menyimpan potensi besar untuk bersinar di gelaran Pilaa Dunia 2018 di Rusia nanti bersama skuat Super Eagles.

Tidak selalu menjadi pilihan utama Arsene Wenger di Meria London, pemain yang fasih bermain di posisi sayap dan penyerang tengah ini selalu menjadi pilihan utama pelatih Nigeria Salisi Yusuf.

Mengandalkan kecepatan dan dertiminasi tinggi khas pemain Afrika, kemampuan tersebut sangat mungkin membawa namanya seharum Jay Jay Okocha ataupun Nwanko Kanu yang sukses menaik perhatian dunia berkat penampilannya bersama Nigeria di Piala Dunia.


5. Hakim Ziyech

Hakim Ziyech, bintang Ajax Amsterdam.

Berada di grup B bersama Juara Eropa Portugal dan negaa unggulan Spanyol, nama Maroko jelas dengan mudah dikesampingkan.

Namun jika meilihat bakat-bakat pemain negara Afrika Utara tersebut, jelas masih terselip potensi besar yang bisa mencui perhatian di Piala Dunia 2018 nanti. Salah satunya adalah Hakim Ziyech.

Pemain 25 tahun yang kini berseragam klub asal Belanda Ajax Amsterdam ini akan menjadi kunci sekaligus roh permain Maroko di Rusia nanti. Olah bola mumpuni dan kemampuan melepaskan umpan-umpan akurat, Ziyech juga memiliki kelebihan dalam eksekusi bola-bola mati, seperti yang dilakukannya ketika mencetak gol menghadapi Estonia di laga terakhir Maroko sebelum Piala Dunia 2018, Sabtu (09/06/18).

Kelebihan tersebut pula yang kemungkinan akan melambungkan namanya di tengah peluang kecil Maroko menghadapi gempuran dari negara-negara semenanjung Iberia di Piala Dunia 2018 nanti.

Berikut jadwal siaran langsung Piala Dunia 2018

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

Mohamed SalahPiala Dunia 2018MesirSadio ManeSenegalBola InternasionalListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini