x

5 Pesepakbola yang 'Dirumahkan' Saat Mentas di Piala Dunia

Senin, 18 Juni 2018 07:25 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Pesta Piala Dunia 2018 sudah dapat disaksikan jutaan pasang mata di berbagai penjuru dunia. Tentu saja drama-drama dalam pagelaran yang berlangsung empat tahunan ini paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Karena momen tersebut sangat sayang untuk dilewatkan dengan percuma.

Tak terkecuali para pemain sepakbola yang terpaksa 'dirumahkan'  atau dipaksa pulang ke negara asal akibat ulah mereka sendiri di Piala Dunia.

Sebab pemain ini dianggap 'onar' oleh sang pelatih ataupun FIFA. Sehingga INDOSPORT telah merangkum beberapa pesepakbola yang 'didepak' saat bermain di Piala Dunia. Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Diego Maradona

Diego Maradona dipulangkan dari Piala Dunia.

Legenda sepakbola milik Argentina Diego Armando Maradona harus dipulangkan kala dirinya terciduk FIFA positif menggunakan obat terlarang atau doping di Piala Dunia 1994.

Hal itu terjadi kala Argentina melawan Nigeria di babak grup. Kejanggalan terendus kala gaya bermain Maradona yang terlihat tak seperti rekan-rekannya.

Lalu mantan pemain Napoli itu diminta langsung melakukan tes doping setelah bermain hebat dalam laga tersebut. Hasilnya seperti yang dijelaskan di awal, kalau Maradona 'dirumahkan' dan diskorsing oleh FIFA.


2. Faustino Asprilla

Faustino Asprilla.

Pemain berkebangsaan Kolombia Faustino Asprilla juga pernah mengalami diusir dari pentas Piala Dunia. Hal itu terjadi pada tahun 1998 silam yang berlangsung di Prancis.

Kala itu Faustino Asprilla mengkritik sang pelatih di depan awak media. Sebab dirinya kesal lantaran diganti saat Tim Nasional Kolombia bersua Rumania. Namun skor akhir adalah 0-1 untuk Rumania.

Demi menjaga keharmonisan tim, pelatih Kolombia langsung memutuskan untuk mendepak Faustino Asprilla dari skuat. Padahal pagelaran tersebut masih berlangsung.


3. Roy Keane

Legenda Irlandia Roy Keane.

Legenda Irlandia Roy Keane juga pernah 'dipulangkan' kala bermain di Piala Dunia 2002 lalu di Korea-Jepang. Roy Keane yang terkenal dengan temperamentalnya itu membuat pernyataan pedas.

Eks pemain Manchester United ini dengan lantang mengyindir fasilitas dan persiapan Irlandia di Piala Dunia 2002. Irlandia yang kala itu ditukangi oleh Mick McCarthy langsung geram.

Roy Keane langsung dipulangkan dan memilih bersantai dengan anjing kesayangannya tanpa mau melihat Irlandia berlaga. Saat itu juga karier Roy Keane di tim nasional berakhir.


4. Nicholas Anelka

Nicholas Anelka.

Mantan striker Prancis Nicholas Anelka dipaksa angkat koper di Piala Dunia 2010 lalu. Anelka dinilai berbuat kegaduhan dengan pelatih (kala itu) Raymond Domenech di babak kedua usai kalah 0-2 dari Meksiko.

Anelka dengan lancang melontarkan kata-kata kasar pada Domenech saat turun minum karena dirinya tak kunjung dimainkan. Demi menjaga fokus tim, Domenech langsung mendepak Anelka dari skuat Prancis.


5. Neymar

Bintang Brasil, Neymar, kala berlaga lawan Kroasia jelang Piala Dunia 2018.

Megabintang Tim Nasional Brasil Neymar juga pernah dipulangkan kala bertanding di Piala Dunia 2014 lalu. Namun kepulangan Neymar bukanlah karena ribut dengan pelatih atau rekannya.

Melainkan dirinya menderita cedera punggung usai mengalami tubrukan dengan pemain Kolombia Juan Zuniga. Panitia pelaksana pertandingan langsung mengambil tindakan.

Mereka membawa Neymar dengan tandu ke ambulans lalu dipindahkan lagi ke helikopter guna pemain Paris Saint-Germain ke rumahnya di Guaruja, Sao Paulo, demi mendapat perawatan lebih lanjut dengan dokter tim Brasil.

Tentu saja selain lima nama di atas tadi masih ada beberapa pemain seperti Sigmund Haringer, Erns Jean-Joseph, Willie Johnston, Uli Stein, hingga Stefan Effenberg pernah dipulangkan oleh negaranya kala mentas di Piala Dunia.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

KolombiaPrancisArgentinaNeymarFIFABrasilPiala DuniaDiego MaradonaRoy KeaneIrlandiaPiala Dunia 2018Faustino AsprillaNicholas AnelkaBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018Listicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini