x

Termasuk Indonesia, Ini 5 Negara yang Pernah Ikut Piala Dunia Hanya Sekali

Senin, 18 Juni 2018 01:46 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Kick off Piala Dunia tahun ini berlangsung pada Rabu (14/06/18) di Stadion Luzhniki, yang mempertemukan antara Rusia dan Arab Saudi.

Bicara soal Piala Dunia, tahukah Anda jika ada beberapa negara yang pernah masuk ke dalam kompetisi akbar empat tahunan ini meski hanya sekali. Di antaranya termasuk ada nama Indonesia lho.

Berikut INDOSPORT merangkum lima negara yang pernah masuk Piala Dunia walau hanya mendapat satu kali kesempatan.

Baca Juga

1. Hindia Belanda (Indonesia)

Skuat Hindia Belanda tampil di Piala Dunia 1938.

Nama Indonesia yang masuk ke Piala Dunia memang menjadi cerita yang pantas diulang sebagai pencapaian tertinggi sepakbola di Tanah Air.

Indonesia ketika masih memakai nama Hindia Belanda, pada tahun 1938 lalu pernah menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berlaga di Piala Dunia.

Pada tahun 1938 kala itu, Prancis menjadi tuan rumahnya. Sebenarnya, Jepang yang masuk ke dalam Piala Dunia karena mendapat jatah untuk Asia, namun akhirnya Jepang mengundurkan diri sebelum digantikan Indonesia.

Namun sayang, akhirnya Hindia Belanda harus kalah 0-6 kala bertemu dengan Hungaria pertama kali dan harus tereliminasi.

Sejauh ini, Indonesia tidak akan tampil di Piala Dunia 2018, karena tak ikut kualifikasi Zona AFC setelah mendapat sanksi dari FIFA tahun 2015 lalu.


2. Irak

Timnas Irak tahun 1986.

Uday Hussein, anak dari Saddam Hussen yang pada tahun 80-an lalu mengambil alih untuk federasi sepakbola Irak dikenal dengan pemimpin yang selalu mengancam, menyiksa, bahkan memukul pemainnya jika tak dapat hasil bagus.

Tetapi, sisi positifnya adalah dibawah kepemimpinannya, Uday berhasil membawa Irak lolos ke Piala Dunia tahun 1986 di Meksiko.

Namun lagi-lagi, Irak harus kalah di tiga pertandingan pertama, dan hanya berhasil mencetak satu gol kala berhadapan dengan Belgia dengan skor 2-1.

Di kualifikasi Piala Dunia 2018, Irak harus gagal ketika tereliminasi di babak ketiga.


3. Zaire (Republik Demokratik Kongo)

Timnas Zaire, di Piala Dunia tahun 1974.

Kongo berhasil tampil di Piala Dunia tahun 1974 silam. Meski hanya sekali tampil, Kongo menyisakan satu momen paling aneh sepanjang sejarah Piala Dunia 2018.

Namun sayang, perjalanan mereka harus terhenti kala dikalhakan Skotlandia 2-0 dan Yugoslavia 9-0.

Saat berhadapan dengan Brasil, pemain Kongo keluar dari posisinya yang membentuk pagar di ujung titik putih sebelum permain Brasil melakukan tendangan bebas.

Akhirnya aksinya itu diberi kartu kuning oleh wasit. Kabar lain juga menyebut jika pemimpin di negara mereka kala itu tak mengizinkan mereka untuk pulang ke Kongo jika kalah lebih dari empat gol ketika melawan Brasil.

Namun akhirnya Brasil hanya menang 3-0 sehingga para pemain tersebut dapat pulang ke negaranya.


4. Haiti

Haiti di Piala Dunia tahun 1974.

Sementara berbeda dari negara yang sudah disebutkan diatas tadi, Haiti menjadi negara tersukses yang walau hanya sekali masuk Piala Dunia tahun 1977, dengan mencetak dua gol.

Tiga pertandingan mereka harus kalah ketika berhadapan dengan Hungaria, Itali, dan Argentina. Momen yang menjadi tak terlupakan adalah ketika striker dari Timnas Haiti, Emmanuel Sanon berhasil mencetak gol ke gawang Dino Zoff, yang tahun itu menjadi kiper terhebat dimasanya. Namun akhirnya Haiti harus tunduk di tangan Italia dengan skor 1-3.


5. Kanada

Kanada di Piala Dunia 1986.

Kanada pernah sekali mencicipi Piala Dunia di tahun 1986, setelah berhasil mengalahkan Honduras dengan skor 2-1 di babak kualifikasi.

Namun sayang, Kanada harus kalah di tiga pertandingan fase grup mereka. Namun di pertandingan melawan Prancis yang hanya kalah 1-0 itu adalah pencapaian terbaik dri Timnas Kanada karena berhasil tak kebobolan banyak dan mereka bermain cukup apik di era Michael Platini.

Berikut jadwal lengkap Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

Piala DuniaIndonesiaPiala Dunia 2018IrakKongoKanadaBola InternasionalHaitiListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini