x

Piala Dunia 2018: Kena Denda, Fans Meksiko Diminta Hentikan Chants Homofobia

Kamis, 21 Juni 2018 15:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Gerry Crisandy
Fans Meksiko saat rayakan gol negaranya ke gawang Jerman, Minggu (17/06/18).

Striker Meksiko, Javier Hernandez, telah menyerukan himbauan kepada para penggemar sepakbola negaranya untuk menghentikan ejekan homofobia di pertandingan Piala Dunia 2018, setelah FIFA menjatuhkan denda kepada federasi sepakbola Meksiko lantaran kesalahan suporter mereka.

Baca Juga

FIFA telah menjatuhkan denda sebesar 10 ribu CHF atau sebesar Rp141 juta rupiah kepada FA Meksiko atas nyanyian diskriminatif dan menghina selama kemenangan 1-0 Meksiko atas Jerman pada hari Minggu (17/06/18).

Nyanyian itu diserukan oleh para suporter Meksiko dengan meneriakkan kata-kata slang untuk pekerja seks laki-laki dan ditujukan untuk kelompok suporter LGBT di Rusia.


1. Pesan Hernandez ke Fans Meksiko

Pemain West Ham United Javier 'Chicharito' Hernandez.

Timnas Meksiko sendiri sebenarnya telah menghimbau sebelumnya untuk mengakhiri nyanyian diskriminatif tersebut. para pemain bahkan merilis video kasus serupa yang pernah terjadi di tahun 2016 namun tampaknya para pendukung tidak mengindahkannya.

Hernandez, salah satu pemain bintang Meksiko, juga memposting pesan di Instagram pada hari Rabu agar meminta penggemar mengakhiri nyanyian yang diteriakkan saat lawan mencoba menceloskan gol ke gawang Meksiko.

“Untuk semua penggemar Meksiko di stadion (Rusia), jangan berteriak ‘Puto’,” tulis Hernandez. “Jangan sampai ada risiko sanksi yang lain.”

Pesan striker Javier Hernandez kepada para penggemar Meksiko

2. Kerap Ada Nyanyian Diskriminatif

Hirving Lozano melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Jerman, Minggu (17/06/18).

Sebelumnya, Federasi Sepakbola Meksiko (FMF) juga sudah dijatuhi sanksi 12 kali usai para penggemar melantunkan homophobia selama babak kualifikasi Piala Dunia tahun lalu.

Mereka menerima peringatan atas dua pelanggaran pertama dan denda untuk 10 pelanggaran lainnya, dilansir Fiji Times.

Nyanyian ejekan itu memang kerap didengarkan di pertandingan Meksiko, seperti di Piala Dunia 2014 di Brasil. Saat itu FIFA tidak mengambil tindakan tegas, namun FIFA mulai membuat pengawasan ketat.

Timnas Argentina dan Chile juga diketahui pernah didenda karena kasus yang serupa.


3. Ada Pengamat Khusus FIFA

Hirving Lozano melepaskan tembakan kaki kanan yang menjadi gol pertama Meksiko ke gawang Jerman.

Untuk mengidentifikasi adanya ejekan-ejekan diskriminatif oleh penonton, FIFA telah memperkerjakan tiga pengamat khusus di setiap pertandingan Piala Dunia.

Sebelumnya Serbia juga dikenai denda lantaran menunjukkan pesan politik dalam laga pembuka Grup melawan Kosta Rika.

“Komite Disiplin FIFA telah menjatuhkan Asosiasi Sepakbola Serbia denda CHF 10 ribu karena menampilkan spanduk ofensif dan politik oleh penggemar Serbia selama pertandingan melawan Kosta Rika,” demikian pernyataan FIFA.

Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

MeksikoJermanFIFAPiala DuniaJavier HernandezPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini