x

Piala Dunia 2018: Jelang Inggris vs Panama, Ini Perbedaan Mencolok Gaji Kedua Timnas

Sabtu, 23 Juni 2018 14:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Latihan Timnas Panama jelang pertandingan Piala Dunia 2018.

Inggris akan menghadapi Panama dalam laga kedua Grup G Piala Dunia 2018, Minggu, (24/06/18). Dalam hal sepakbola, tentunya Timnas Inggris masih jauh lebih berpengalaman dan dominan ketimbang Timnas Panama. Perbedaan ini juga ada pada kualitas liga antara kedua tim yang bagaikan langit dan bumi. 

Baca Juga

1. Berbeda Jauh

Pemain Panama (putih) berusaha menahan bola dari pemai Belgia.

Di liga sepakbola Panama, yang dikenal dengan nama Panama Premier League, para pemain dengan sabar mengantri untuk menerima gaji setiap dua minggu di mana sekretaris klub memberi para pemain cek yang ditulis tangan. Bahkan, ada sejumlah pemain di skuat Panama yang akan menghadapi Inggris malam nanti hanya bergaji 250 pounds atau Rp4,6 juta per pekan. 

Bandingkan dengan gaji seorang Raheem Sterling yang membawa uang sebesar 180 ribu pounds atau sekitar 3,3 miliar seminggu. Jika dibandingkan, Sterling hanya butuh waktu 12 jam untuk mendapatkan gaji satu tahun pemain Panama.


2. Pilih Ganti Profesi

Pemain Panama, Carlos Small.

Dilansir dari Mirror.co.uk, salah satu pemain Timnas Panama, Carlos Small, mengakui bahwa banyak profesi lain di Panaman yang lebih menjanjikkan ketimbang sepakbola. 

"Seperti inilah (kondisinya), para pemain sepakbola Panama bisa mendapatkan uang lebih banyak jika mereka ganti profesi menjadi tukang bangunan, tukang batu, atau bahkan penyanyi." ujar Carlos Small. 

Menurut Carlos, banyak pesepakbola Panama yang ganti profesi demi mendapat uang lebih untuk membiayai keluarga. 

"Banyak pemain meninggalkan sepakbola karena mereka perlu untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi untuk keluarga mereka. Itulah kesimpulannya," ujarnya. 


3. Berkarier di Eropa

Latihan Timnas Panama jelang pertandingan Piala Dunia 2018.

Small dan rekan-rekannya tentunya berharap untuk bisa bermain di Eropa, khususnya Inggris, agar bisa mendapat kontrak dengan klub-klub besar. 

Setiap dua minggu sekali, Small dan pemain lainnya di Liga Panama berbaris untuk mengambil gaji yang berupa cek. Kemudian cek itu dibawa ke bank lokal untuk didepositkan ke rekening mereka masing-masing. 


4. Butuh Kemenangan

Skuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2018.

Inggris butuh kemenangan untuk bisa memastikan lolos dari Grup G. Kemenangan melawan Panama sangat penting karena lawan berikutnya yang dihadapi Harry Kane dkk adalah tim kuat, Belgia. Sementara itu bagi Panama, walau peluang lolos tipis, mereka masih memiliki harapan jika mampu menang di dua laga sisa melawan Inggris dan Tunisia. 

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Sabtu (23/06/18):


Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

InggrisPiala Dunia 2018PanamaBola Internasional

Berita Terkini