x

3 Pemain Muda Asal Sumatera Utara Gabung Klub Belgia

Senin, 25 Juni 2018 04:32 WIB
Editor: Juni Adi
Sihar Sitorus bersama dengan Kurniawan DY, Riko Ceper dan 3 Pemain Muda Sumut.

Setelah menjalani proses seleksi cukup panjang, akhirnya tiga pesepakbola muda asal Sumatera Utara (Sumut) terpilih menimba ilmu sepakbola di salah satu negara peserta Piala Dunia 2018, Belgia.

Kepastian ini didapat setelah ketiganya mengikuti tahapan final Talent Scouting 2018, pada Minggu (24/6/18) di Stadion Teladan Medan.

Ketiga pemain tersebut adalah Dedek Ahriansyah, Hagi Abdillah, dan Arvin Anand Horma. Mereka sukses menyingkirkan 106 pesaing lainnya.

Baca Juga

1. Gabung Klub Belgia

Skuat FCV Dender.

Ketiganya pun berkesempatan berlatih di klub FCV Dender, klub liga amatir kasta pertama di Belgia yang merupakan klub milik sosok penggiat sepakbola asal Sumut, Sihar Sitorus.

Sebelum mengumumkan nama ketiganya, ketua Talent Scouting, Hadi Rahmaddani meminta kepada yang terpilih dapat mempelajari ilmu sepakbola di Belgia.

"Di Piala Dunia 2018, Belgia membuktikan sebagai generasi yang paling baik. Untuk itu kami berharap yang terpilih bisa menimba ilmu sepakbolanya dengan baik," ujarnya.

Dirinya juga berharap, kalau 106 yang gagal di tahap akhir penyeleksian, dapat mengembangkan kemampuannya sewaktu masih muda.

"Untuk nilai skill individu, saya melihat hal yang belum memenuhi kriteria standar untuk level lebih tinggi untuk yang lain. Sebab itu pembinaan sangat berperan di sini. Usia 16-17 tahun masih banyak waktu untuk perkembangan. Pembinaan baik akan membuat mereka berkembang menuju pemain profesional sejati," bebernya.


2. Diminta Persiapkan Diri

Sihar Sitorus.

Dalam kesempatan yang sama, Sihar Sitorus berharap, pemain yang terpilih bisa mempersiapkan diri karena yang akan dihadapi adalah level yang lebih berat. 

"Yang disebutkan namanya, di sana (Belgia) tahapannya beda, agak lebih berat. Harus mempersiapkan diri. Saya berharap banyak pemain Indonesia minimal lebih dari dua dan keduanya datang dari Sumatera Utara akan maju ke ajang internasional," ungkapnya.


3. Hadiah Untuk Para Peserta

Roberto Mancini dan Sihar Sitorus.

Dalam pencarian bakat yang dilakukan secara tim ini untuk juara pertama mendapatkan uang pembinaan Rp15 juta, sedangkan runner-up mendapat Rp8 juta dan peringkat ketiga mendapat Rp5 juta.

Tidak itu saja, pemain yang keluar sebagai yang terbaik dari masing-masing kategori yakni kiper, bek, gelandang, penyerang, top skor dan pemain terbaik, juga mendapat uang senilai Rp1 juta dan trofi.

Berikut Daftar Pemain Terbaik:

Eko Rudi Pandaya (Kiper)

Hagi Abdullah (Bek)

Anggi H Siregar (Gelandang)

Harwin Anan Horma (Penyerang)

Obi S Saragih (Top Skor)

Fakhri Rozi (Pemain Terbaik)

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

BelgiaBola InternasionalLiga IndonesiaSihar Sitorus

Berita Terkini