x

Punya Kekayaan Hingga Rp60 Triliun, Ini Dia Profil Calon Investor Baru AC Milan

Selasa, 26 Juni 2018 11:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Rocco Commisso

AC Milan saat ini sedang harap-harap cemas menanti keputusan akhir dari UEFA terkait sanksi pelanggaran Financial Fair Play. Besar kemungkinan AC Milan akan mendapat sanski berupa pelarangan kegiatan transfer dan juga menarik keikutsertaan I Rossoneri di Liga Europa. 

UEFA secara resmi menolak proposal dan juga perjanjian penyelesaian Financial Fair Play milik AC Milan. Selain pelarangan tampil di Eropa, Milan juga terancam tak bisa melakukan aktivitas transfer dan mendapat denda 10 juta euro atau sekitar Rp165miliar.

Presiden Milan, Yonghong Li, secara terbuka membuka kesempatan bagi investor untuk berinvestasi di klub merah-hitam ini. 

Setelah sebelumnya dikabarkan dekat dengan raja properti asal Amerika Serikat, Stephen M. Ross, dan miliarder timur tengah, Saeed Al-Falasi, Milan kini dihubung-hubungkan dengan konglomerat bernama Rocco Commisso. 

Baca Juga

1. Orang Terkaya di Dunia versi Forbes

Rocco Commisso

Sama seperti Stephen M. Ross, Rocco Commisso merupakan seorang konglomerat asal Amerika Serikat. Commisso adalah satu dari 400 orang terkaya di dunia saat ini versi majalah Forbes. Ia memiliki kekayaan total hingga 4,5 miliar dolar atau sekitar Rp63 triliun. 

Rocco Commisso merupakan pendiri dan pemilik dari Mediacom, yaitu perusahaan tv kabel terbesar kelima di Amerika Serikat. Selain itu, pria 68 tahun kelahiran New Jersey, AS, ini ia juga adalah pemilik klub sepakbola profesional, New York Cosmos. 


2. Ingin Beli Milan 100 Persen

Pemilik New York Cosmos, Rocco Commisso.

Dilansir dari Football Italia, Ricco Commisso dikabarkan tak hanya sekedar ingin membeli 30 persen saham Milan. Ia disebutkan berambisi untuk membeli 100 persen saham Milan dan menjadi pemilik Rossoneri sepenuhnya. 

Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang positif bagi AC Milan yang saat ini butuh kepastian keuangan di depan UEFA. Uang sebesar 500 juta euro atau sekitar Rp8,25 triliun tentunya bukan masalah besar bagi dirinya.

JIka melihat rekam jejak Commisso. AC Milan sejatinya bukan satu-satunya klub Italia yang pernah didekatinya. Di masa lalu, ia pernah ingin menanamkan modal di Juventus. Namun, keluarga Agnelli yang puluhan tahun memiliki Juventus menolak niatan dari Commisso. 


3. Tak Sejalan dengan Yonghong Li

Pemilik AC Milan, Yonghong Li

Sayang, keinginan Commisso saat ini masih terbentur oleh kemauan Yonghong Li untuk tetap mempertahankan saham mayoritas atas namanya. Selain itu, pihak pemberi pinjaman untuk Yonghong, Elliot Management, juga sepertinya tak begitu suka apabila Yonghong Li langsung menjual seluruh aset AC Milan pada Commisso. Hal ini lantaran Elliot Management juga mengincar aset dari Yonghong Li yang dimulai dari AC Milan itu sendiri. Terkait aset lain dari Yonghong Li, sampai saat ini masih misteri.

Jika dibuat perbandingan, sejatinya Commisso lebih kaya dan lebih dikenal di dunia ketimbang Yonghong Li. 


4. Kronologi Kasus

Logo AC Milan

Ruwetnya kondisi keuangan Milan saat ini bermula dari keinginan Yonghong Li untuk membeli AC Milan. Pada awal 2017, Berlusconi menjual seluruh saham AC Milan kepada Yonghong Li yang senilai 740 juta euro atau sekitar Rp12 triliun. Jumlah ini sudah termasuk utang Milan yang sebesar 220 juta euro. 

Namun, dalam membeli seluruh saham Milan, Yonghong Li meminjam uang sebesar 303 juta euro dari perusahaan rentenir raksasa asal Amerika Serikat, Elliot Management. Pinjaman ini pun harus dibayar bulan Oktober nanti dengan total 380 juta euro (sudah plus bunga).

Jika Yonghong Li gagal membayarkan utang dan bunga di bulan Oktober nanti, maka Elliot akan mengambil alih AC Milan. 


5. Masuknya Keluarga Ricketts?

Konglomerat asal Amerika Serikat, Thomas Ricketts.

Yonghong Li pun berusaha mencari alternatif lain agar dirinya tetap bisa memiliki AC Milan dan utang-utangnya terbayarkan. Media luar negeri mengabarkan bahwa Yonghong Li saat ini telah melakukan pendekatan dengan pengusaha asal Amerika Serikat lainnya yang bernama Tom Ricketts yang merupakan pemilik dari klub baseball terkenal AS, Chicago Cubs. 

Yonghong Li ingin menawarkan 75 persen saham AC Milan senilai 500 juta euro kepada Ricketts. Namun kabar terakhir mengatakan bahwa Ricketts menolak tawaran Yonghong. 

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018 Hari Ini, Selasa (26/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

UEFAAC MilanLiga ItaliaYonghong Li

Berita Terkini