x

Termasuk Legenda Indonesia, 5 Pemain Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba

Selasa, 26 Juni 2018 18:20 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

Sepakbola dan obat-obatan terlarang ternyata belum benar-benar bisa dipisahkan hingga saat ini. Cukup banyak deretan pesepakbola top dunia, bahkan beberapa legenda Timnas Indonesia yang pernah terlibat dengan kasus narkoba.

Ternyata, permasalahan yang lebih pelik, para pesepakbola top hingga legenda sepakbola dunia, ada yang pernah tertangkap basah menggunakan narkoba saat dirinya masih aktif bermain di atas lapangan hijau.

Berikut INDOSPORT merangkum sederet pesepakbola top dunia termasuk satu legenda sepakbola Indonesia yang pernah terseret kasus narkoba. Berikut kelima pemain tersebut.

Baca Juga

1. Diego Maradona

Diego Maradona saat menyaksikan laga Timnas Argentina di Piala Dunia 2018.

Diego Maradona dikabarkan mulai menggunakan narkoba jenis kokain saat masih di Barcelona. Akhirnya, mantan bintang timnas Argentina itu dijatuhi hukuman 15 bulan dan denda sebesar 70 ribu Dolar setelah dinyatakan positif menggunakan kokain pada 1991 saat karirnya di Napoli akan berakhir.

Si pemilik gol tangan Tuhan itu juga tak bisa memperkuat Argentina di Piala Dunia 1994 setelah positif mengkonsumsi narkoba.


2. Pep Guardiola

Pep Guardiola, pelatih Man City.

Mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola, pernah tersandung kasus narkoba saat masih berseragam Brescia di Italia. Guardiola divonis positif doping pada 4 November 2001 dan dijatuhi hukuman 4 bulan akibat menggunakan obat jenis steroid nandrolone.

Namun, Guardiola dinyatakan bersih dari doping pada 23 Oktober 2007, tetapi harus tetap menjalani sidang pada 8 Mei dan 15 September 2009 akibat banding yang dilakukan oleh Komite Olimpiade Italia (CONI) terhadap kasusnya yang masih diragukan.


3. Edgar Davids

Edgar Davids saat masih berseragam Juventus.

Satu lagi pesepakbola yang tertangkap memakai anabolic steroid nandrolone. Adalah Edgar Davids yang terjerat kasus yang sama. Davids akhirnya diskors selama 4 bulan, setelah sebelumnya David diancama hukuman 2 tahun.


4. Jaap Stam

Caption

Stam terbukti menggunakan obat-obatan terlarang setelah positif darahnya mengandung nandrolone medio 2011. 

Insiden ini terjadi di Italia setelah Stam memutuskan pindah dari Manchester United ke Lazio. Stam akhirnya dihukum larangan bermain selama 4 bulan.


5. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto.

Pemain yang dijuluki 'Si Kurus' itu dituduh Kuncoro menggunakan sabu di Hotel Wetan Surabaya pada 1997 silam. Hal itu dilakukan sehari sebelum PSM bertarung di kandang Petrokimia Putra Gresik.

Akan tetapi, usai melakukan serangkaian tes dan pemeriksaan, Kurniawan dinyatakan tidak bersalah. Sehingga pemain yang kini menjadi legenda Timnas Indonesia, bisa melanjutkan karier sepakbolanya.

Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Diego MaradonaPep GuardiolaKurniawan Dwi YuliantoEdgar DavidsTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini