x

Jerman Tersingkir Karena Terlalu Percaya Diri?

Kamis, 28 Juni 2018 14:11 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak
Korea Selatan vs Jerman

Saat Piala Dunia 2018 Rusia akan berlangsung, tidak ada yang menduga Jerman sebagai juara bertahan akan pulang lebih awal. Tetapi kenyataan tidak selalu sama dengan prediksi.

Juara bertahan Piala Dunia itu harus pulang lebih awal setelah di partai penentuan Grup D dikalahkan wakil Asia Korea Selatan dengan skor 0-2 di Kazan, Rabu (27/6). Ironisnya, kedua gol tim Ginseng hadir di injury time.

Baca Juga

1. Jadi Juru Kunci Grup

Jo Hyeon Woo penjaga gawang Korea Selatan beraksi saat timnya bermain melawan Juara bertahan Jerman di laga pamungkas Grup D.

Korea Selatan memang sudah pasti tersingkir karena sudah dua kali menelan kekalahan (melawan Swedia dan Meksiko). Di laga akhir, di mana mereka sudah tidak ada beban, Son Heung-min dan kolega justru membuat Jerman dengan sederet nama besar seperti Matts Hummels dan Toni Kroos jadi mati gaya.

Kekalahan Jerman membuat mereka harus terjerembab menjadi juru kunci grup (kalah selisih gol dengan Korea Selatan sekalipun mempunyai nilai sama, 3). Ini adalah kegagalan Jerman lolos fase grup setelah tahun 1938.


2. Di Mana Salah Jerman?

Leroy Sane mengejar bola malawan Australia.

Banyak yang menyalahkan pelatih Joachim Low sebagai biang keladi kekalahan Jerman. Pria 58 tahun yang selalu rapi ini memang kerap merasa percaya diri akan skuatnya. Terlebih Jerman menjuarai Piala Konfederasi 2018 dan meraih hasil sempurna di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Tetapi, masalahnya tidak sesederhana itu. Low kerap mengganti formasi dan taktik dan tanpa alasan jelas Low justru tidak memanggil salah satu pemain muda terbaik Leroy Sane dan malah mengandalkan dua pemain yang tidak terlalu tampil baik sepanjang musim: Mesut Ozil dan Sami Khedira.


3. Hasil Kurang Puas di Laga Persahabatan

Mesut Ozil latihan di kamp pelatihan Timnas Jerman

Di beberapa laga persahabatan jelang Piala Dunia 2018, Jerman juga kurang meyakinkan. Bermain imbang melawan Inggris, Perancis, dan Spanyol sebelum kalah melawan Brasil Maret lalu. Bahkan sempat kalah oleh tim yang gagal berangkat ke Rusia yaitu Austria sebelum menang tipis lawan Arab Saudi.


4. Ozil Jadi Biang Keladi?

Mesut Ozil tampak kesal usai Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Kembali ke soal pergantian di starting eleven. Ozil bisa jadi salah satu pemain yang jadi sasaran kemarahan fans Jerman. Kehadiran playmaker Arsenal di laga terakhir melawan Korea Selatan tidak berdampak apapun. Ozil menjadi cadangan setelah Jerman kalah melawan Meksiko.


5. Low akui kekeliruannya

Pelatih Jerman, Joachim Low.

Sang pelatih mengakui bahwa dirinya sempat menganggap bahwa Jerman akan menang mudah jelang laga pembuka melawan Meksiko. Nyatanya, di luar dugaan Jerman justru kalah.

Mungkin memang sudah waktunya Jerman berbenah. Karena tim lain pun juga sudah bisa mengimbangi mereka.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini Kamis, 28 Juni 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

JermanKorea SelatanPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini