x

Piala Dunia 2018 Bisa Jadi Inspirasi Sepakbola ASEAN

Jumat, 6 Juli 2018 16:58 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Penampilan Sadil Ramdani saat menghadapi Filipina U-19, pada lanjutan Piala AFF U-18. Kamis (5/7/18).

Piala Dunia biasanya memang menghadirkan kejutan. Tetapi Piala Dunia 2018 tidak tanggung-tanggung kejutannya. Jerman sang juara bertahan harus menanggung malu karena tidak lolos 16 besar.

Spanyol yang diperkuat para veteran yang mengantakan La Furia Roja juara Eropa dua kali dan juara dunia justru kalah dari tuan rumah Rusia. Inggris yang sepanjang sejarah Piala Dunia tidak pernah menang adu penalti akhirnya bisa mengakhiri kesialan itu saat lawan Kolombia.

Jepang tampil gagah berani di 16 besar dan nyaris menang melawan Belgia dengan pemain-pemain top di klub-klub papan atas Eropa. Korea Selatan sekalipun sudah tersingkir, tetapi menang melawan juara bertahan Jerman membuat mereka dipuja.

Skuat Spanyol tertunduk lesu usai tersingkir di Piala Dunia 2018.

Semua bisa terjadi dalam sepakbola. Saat ini, kekuatan tim begitu merata. Tidak ada kesenjangan yang terlalu jauh antara tim unggulan dengan tim menengah atau non-unggulan sekalipun. Walau tersingkir, penampilan Iran dan Maroko di laga akhir fase grup melawan Portugal dan Spanyol justru banyak menuai pujian.

Baca Juga

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Bagaimana dengan sepakbola negara-negara ASEAN? Memang masih jauh membandingkan pencapaian mereka dengan negara-negara Asia lainnya seperti Jepang dan Korea Selatan. Tetapi, selalu ada harapan. 

Thailand menjadi satu-satunya negara ASEAN yang saat itu masuk Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Mereka berhadapan negara-negara yang lebih kuat seperti Jepang, Australia,Irak, dan Uni Emirat Arab.

Memang akhirnya Thailand tersingkir. Tetapi setidaknya secara permainan mereka berani dan mampu mengimbangi Jepang dan Australia yang berpengalaman main di ajang Piala Dunia. Semua butuh proses. Spanyol yang klubnya sudah malang melintas di kompetisi Eropa pun butuh puluhan tahun bagi tim nasionalnya untuk juara Eropa dan dunia.

Selama pembinaan usia dini berjalan baik, konsisten, maka akan lahir tim nasional yang hebat juga. Tidak ada yang instan di dunia ini. 

Baca Juga

Dan semoga negara-negara ASEAN suatu hari nanti bisa berlaga di Piala Dunia dan mengimbangi kekuatan-kekuatan Eropa dan Amerika Latin. Semoga saja!

Berikut Jadwal Lengkap Babak 8 Besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Jumat (06/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

SpanyolJermanPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Serba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini