x

5 Rekor yang Bisa Dipecahkan Ronaldo di Musim Pertamanya Bersama Juventus

Kamis, 12 Juli 2018 14:51 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Poster Cristiano Ronaldo bertema jersey Juventus dan Real Madrid.

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus menjadi berita terbesar di bursa transfer sejauh ini. Di usianya yang sudah menginjak 33 tahun, Ronaldo menerima bayaran hingga 100 juta euro (Rp1,68 triliun) selama empat tahun ke depan. 

Penampilan Ronaldo sama sekali tak mengendur walau usianya sudah uzur. Hattrick-nya ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2018 menjadi bukti bahwa ia sangat pantas menyandang status pemain termahal di Liga Italia. 

Baca Juga

TONTON VIDEO DOKTER SPORT: RESEP JITU ORANG INDONESIA MAIN DI LIGA PRIMER INGGRIS

Serie A bisa jadi tak semenantang Liga Champions atau La Liga bagi Ronaldo. Buktinya, ia telah mencetak 10 gol ke gawang Juventus di Liga Champions. Jumlah ini bahkan mengantarkannya menjadi pesepakbola yang mampu mencetak gol terbanyak ke gawang suatu klub. 

Dengan mempertimbangkan bahwa Juventus menguasai Serie A dalam tujuh musim terakhir, sangat mungkin Ronaldo menjadi Raja Gol di Italia. Apalagi jika kita mengingat di tahun 2015 lalu ketika Luca Toni yang sudah berusia 37 tahun menjadi top skorer Serie A bersama Hellas Verona. 

Dengan pertimbangan-pertimbangan di atas, bukan tak mungkin Ronaldo mampu menciptakan lima rekor di bawah ini dalam musim perdananya bersama Bianconeri. 


1. 1. Menjadi Pemain Pertama yang Memmenangkan Ballon d'Or Sebanyak 6 Kali

Ronaldo memamerkan 5 Ballon dOr miliknya sebelum laga Madrid vs Sevilla.

Ronaldo dan Messi sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d'Or. Messi menjadi pesepakbola pertama yang mendapat empat dan lima gelar Ballon d'Or. Sementara Ronaldo menyusul di belakangnya. 

Kini, dengan mempertimbangkan pencapaian Ronaldo di musim lalu dan di Piala Dunia, sangat mungkin bagi CR7 untuk menggondol Ballon d'Or keenamnya atau menjadi yang pertama mencapainya mengalahkan Lionel Messi. 

Ronaldo mengakhiri musim yang indah bersama Real Madrid dengan merengkuh gelar Liga Champions ketiganya secara beruntun. Ia juga menjadi top skor dengan 15 gol. 

Di Piala Dunia, Ronaldo mampu mencetak empat gol walaupun Portugal harus tersingkir di babak 16 besar. 

Sepertinya sangat sulit bagai pemain lain untuk menyamai pencapaiannya musim lalu dan pertengahan tahun ini, apalagi jika ia bermain bagus di Juventus. 


2. 2. Pemain Kedua yang Mampu Memenangi 6 Gelar Liga Champions

Cristiano Ronaldo dengan trofi Liga Champions musim 2016/17.

Tidak ada tim Eropa yang mengalami kekalahan di final Liga Champions sebanyak Juventus. I Bianconeri bahkan kalah di dua final Liga Champions dalma empat tahun terakhir. 

Datangnya Ronaldo tentunya bisa megubah keberuntungan Juventus yang mana baru memenangi dua gelar Liga Champions sepanjang sejarah klub. Bandingkan dengan Ronaldo yang sudah memenangkan lima gelar.

Jika Ronaldo mampu membawa Juventus menjuarai Liga Champions di musim perdanannya, maka Ronaldo akan menjadi pemain kedua yang mampu memenangi enam gelar Liga Champions. Selain itu, ia juga akan menjadi pemain kedua yang memenanginya bersama tiga klub berbeda. 

Clarence Seedorf menjadi yang pertama memenangi Liga Champions bersama tiga klub berbeda, yaitu Ajax, AC Milan, dan Real Madrid. Sementara Fransisco Gento menjadi pemain pertama yang mampu memenangi enam gelar Liga Champions bersama Real Madrid. 


3. 3. Pemain Pertama Pertama yang Mampu Memenangi Premier League, La Liga, dan Serie A

Ronaldo memenangkan Liga Champions bersama MU

Memenangi gelar liga di salah satu dari lima liga utama Eropa (Spanyol, Inggris, Italia, Prancis, Jerman) tentunya sebuah pencapaian hebat. Namun, jika mampu memenangi tiga gelar di tiga liga yang berbeda tentunya sebuah pencapaian fantastis. 

Sampai hari ini belum pernah ada pemain yang mampu memenangi gelar Liga Inggris, Spanyol, dan Italia dalam kariernya.  

Mungkin pemain yang paling mendekati adalah Zlatan Ibrahimovic dan Thierry Henry. Ibrahimovic pernah juara bersama Juventus, Milan, dan Inter di Italia plus juara bersama Barcelona di Spanyol. Namun, legenda Swedia tersebut gagal juara liga bersama Man United. 

Sementara Henry pernah bermain untuk Jvuentus, Arsenal, dan Barcelona. Namun ia gagal merasakan juara Serie A saat masih menjadi pemain muda Juventus. 


4. 4. Rekor Pencetak Gol Terbanyak dalam Satu Musim di Serie A

Ronaldo mendapatkan Golden Shoes

Sudah ada 13 pemain Juventus yang pernah meraih Capocannonieri atau pencetak gol terbanyak Serie A. Walau Juve menguasai Serie A dalam tujuh musim terakhir, namun sudah 10 tahun lalu pemain Juventus mendapat gelar top skor. Pemain itu adalah Alessandro Del Piero. 

Ronaldo berpeluang besar mengakhiri seretnya gelar capocannonieri di Juventus. Bukan hanya menjadi top skorer, ia juga dapat memecahkan rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim di sejarah Serie A. 

Rekor yang ada saat ini masih dipegang oleh Gonzalo Higuain (36 gol bersama Napoli di tahun 2016) dan Gino Rossetti (36 gol bersama Torino di tahun 1929).


5. 5. Pencetak Gol Terbanyak Juventus di Semua Kompetisi Dalam 1 Musim.

Cristiano Ronaldo hijrah ke Juventus.

Sejauh ini rekor pencetak gol terbanyak Juventus di semua kompetisi dalam satu musim dipegang oleh Ferenc Hirzer dengan 35 gol di musim 1925/26. Di tempat kedua ada tiga pemain yaitu David Trezeguet, Del Piero, dan Higuain (masing-masing 32 gol).

Baca Juga

Dengan melihat pencapaian Ronaldo yang mampu mencetak 40 sampai 50 lebih gol dalam semusim, bukan tak mungkin ia akan melampaui para legenda-legenda Juventus. Melihat statistik, minimal Ronaldo mampu mencetak 42 gol semusim di semua kompetisi dalam delapan musim terakhir.  

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Real MadridCristiano RonaldoLiga ChampionsJuventusBola Internasional

Berita Terkini