x

Indra Sjafri Ungkap Alasan Utama Timnas U-19 Hanya Raih Posisi Tiga di Piala AFF

Sabtu, 14 Juli 2018 20:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
Sujud syukur pemain Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengakui jika mendapatkan kesulitan dalam menyatukan pemain, lantaran intensitas pertemuan yang sangat minim. Hal itu pula berpengaruh pada penampilan skuat Garuda Nusantara di gelaran Piala AFF U-18 tahun ini di Jawa Timur.

Rupanya hambatan itu didapat karena saat ini banyak pemain yang sudah memiliki klub, sehingga intensitas pertemuan dan chemistry di antara mereka agak terkendala lantaran jarang berkumpul bersama.

"Kita nanti akan bicara dengan PSSI karena bagaimana pun yang punya pemain itu klub. Jadi pelatih Timnas seharusnya hanya menikmati pemain yang dibina oleh klub," tutur Indra Sjafri.

"Selama ini saya selalu melakukan TC jangka panjang tetapi melihat fenomena yang kemarin begitu pertemuan pertama saya dengan pemain, banyak hal yang sebenarnya saya butuh waktu lebih lama dengan mereka," ucapnya lagi.

Baca Juga

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris


1. Faktor Non Teknis

Indra Sjafri sambut para pemain usai laga melawan Thailand dan juara tiga.

Indra mengatakan, ada banyak faktor di luar hal teknis yang cukup memengaruhi penampilan para pemain Timnas U-19. 

"Karena ini pemain muda yang perlu sentuhan-sentuhan di luar teknis yang membuat hubungan di antara mereka betul-betul terintegrasi dan chemistry-nya dapat," urai pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu.

Baca Juga

Untuk itu, ia ingin menyesuaikan dan meminta waktu lebih lama agar bisa berkumpul dengan anak asuhnya sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19. Pasalnya Indra Sjafri mengincar babak empat besar sehingga bisa otomatis lolos ke Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Kemungkinan nanti kalau disetujui saya sudah bicara dengan tim bahwa 11 Agustus kami akan mulai TC (pemusatan latihan) lagi.  Ini sebagai persiapan Timnas U-19 menghadapi Piala Asia," tutupnya.

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Indra SjafriTimnas u-19Bola InternasionalPiala AFF U-18 2018Timnas Indonesia U-19

Berita Terkini