x

Road to Final Piala Dunia 2018: Kroasia

Minggu, 15 Juli 2018 10:03 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Kroasia, Road to Final Piala Dunia 2018.

Kroasia harus menghadapi Prancis di laga final Piala Dunia 2018 pada Minggu (15/07/18) pukul 22.00 WIB nanti malam. Bagi Kroasia sendiri, final Piala Dunia 2018 ini merupakan yang pertama untuk mereka.

Harapan pada skuat Kroasia tentunya sangat meninggi pada saat ini, pasalnya, mereka memang menunjukkan penampilan dominan sejak laga pertama babak Grup D. 

Apalagi, dari komposisi skuat yang dimiliki, Kroasia juga tidak terlalu buruk. Mereka malah memiliki dua gelandang top dunia dalam diri Luka Modric dan Ivan Rakitic.

Baca Juga

Selain itu, juga ada Mario Mandzukic, Ivan Perisic dan juga Ante Rebic. Sementara lini pertahanan mereka juga disesaki oleh bek tangguh, dengan nama Dejan Lovren dan Domagoj Vida.

Lalu, seperti apa perjalanan Kroasia tampil mengejutkan di Piala Dunia 2018 Rusia ini? Berikut INDOSPORT akan membahasnya untuk Anda.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris


1. Penyisihan Grup

Selebrasi pemain Kroasia usai bobol gawang Argentina.

Kroasia mengawali laga pertama babak grup mereka dengan kemenangan meyakinkan 2-0 atas Nigeria berkat gol bunuh diri pemain Nigeria, Oghenekaro Etebo dan tendangan penalti Luka Modric.

Di laga kedua bertemu dengan Argentina, Kroasia yang disebut-sebut akan menghadapi laga berat malah menunjukkan penampilan mengejutkan. Menghadapi negara yang sudah 2 kali juara dunia itu, Luka Modric cs berhasil menang dengan skor 3 gol tanpa balas.

Laga terakhir Grup D, Kroasia yang sudah mengantongi tiket ke babak 16 besar harus menghadapi perlawanan dari tim debutan Islandia. Tapi, perlawanan Islandia tidak menghalangi Kroasia untuk mencatat kemenangan dan menutup babak grup dengan meraih 9 poin penuh.


2. Perdelapanfinal

Mandzukic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Denmark.

Dalam laga perdelapanfinal, Kroasia harus menghadapi Denmark. Laga ini langsung menciptakan gol cepat dengan dua gol dalam 5 menit pertama.

Denmark secara mengejutkan mencetak gol lebih dulu pada menit pertama berkat sontekan Mathias Jorgensen. Sementara Kroasia langsung menyamakan kedudukan lewat Mario Mandzukic pada menit ke-4.

Uniknya, dua gol cepat itu bukan pertanda akan ada banjir gol. Malah laga harus ditentukan hingga babak adu penalti, yang berhasil dimenangkan 3-2 oleh Kroasia dengan sang kiper Danijel Subasic menjadi kiper pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mampu menggagalkan 3 tendangan penalti.


3. Perempatfinal

Ivan Rakitic menjadi penentu kelolosan Kroasia ke semifinal di babak adu penalti.

Pada babak perempatfinal, Kroasia harus bertemu dengan tuan rumah turnamen ini, yaitu Rusia. Benar saja, Rusia mencetak gol lebih dulu lewat Denis Cheryshev pada menit ke-31.

Kroasia tidak menyerah begitu saja dan langsung menyamakan kedudukan lewat Andrej Kramaric pada menit ke-39. Lagi-lagi, skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit berakhir, yang diteruskan dua kali perpanjangan waktu 15 menit, di mana tercipta dua gol, yang masing-masing tercipta dari Rusia dan Kroasia.

Laga ini pun harus ditentukan lewat babak adu penalti, dengan keberuntungan masih berpihak pada Kroasia. Mereka menang dengan skor adu penalti 3-4 atas Rusia dan berhak lolos ke semifinal.


4. Semifinal

Mario Mandzukic mencetak gol kedua yang membuat Kroasia unggul atas Inggris.

Berhasil mengejutkan dengan lolos ke semifinal pertama kalinya setelah Piala Dunia 1998 silam, Kroasia malah harus berhadapan dengan Inggris yang sudah disebut-sebut kandidat paling kuat menjuarai Piala Dunia 2018 dengan tagline mereka "Its Coming Home".

Benar saja, Inggris langsung menggempur mereka sejak awal pertandingan dan mencetak gol lebih dulu pada menit ke-5 lewat gol Kieran Trippier. Kroasia harus menunggu hingga menit ke-68 untuk menyamakan kedudukan lewat Ivan Perisic yang membuyarkan kemenangan Inggris.

Laga ini pun juga harus berakhir imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal. Harus ditentukan dua kali perpanjangan waktu 15 menit, Kroasia tampil mengejutkan dengan membalikkan kedudukan pada menit ke-109 lewat Mario Mandzukic.

Gol Mario Mandzukic tersebut berhasil memenangkan negaranya atas Inggris dan secara mengejutkan lolos ke final Piala Dunia 2018 untuk berhadapan dengan Prancis yang sudah menanti, usai mengalahkan Belgia di semifinal.

Berikut Laga Final Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

KroasiaLuka ModricIvan RakiticPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini