x

Eks Madrid dan Suarez 'Bersatu' Kritik Gol Prancis di Piala Dunia 2018

Selasa, 17 Juli 2018 12:19 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Prancis sudah dipastikan meraih gelar keduanya di Piala Dunia usai menang atas Kroasia dalam partai final Piala Dunia 2018, Minggu (17/07/18).

Hampir semua orang rasanya setuju jika tim asuhan Didier Deschamp itu memang layak untuk menjadi yang terbaik dalam turnamen yang berlangsung di Rusia tersebut.

Namun setidaknya ada dua dari empat gol Prancis ke gawang Kroasia yang menajadi perdebatan, yakni gol pertama dan kedua.

Baca Juga

Yang paling bergema perdebatannya adalah gol kedua lewat penalti Antoin Griezmann. Lantaran wasit menghadiahi penalti usai sebelumnya melihat Video Assitant Reffree (VAR). 


1. VAR dan Diving

Mario Mandzukic mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia 2018.

Lewat VAR, bola memang jelas menyentuh tangan pemain Kroasia Ivan Perisic, namun tak sedikit yang menilai tangan pemain asal klub Inter Milan itu tak aktif menyentuh bola. Dan Kroasia tak layak dihukum penalti.

Sebaliknya gol pertama Prancis tercipta usai mereka mendapatkan tendangan bebas. Namun jika melihat tayangan ulang, pemain Prancis Antoin Griezmann melaukan diving hingga terjatuh dan mendapatkan tendangan bebas itu.

Sial bagi Kroasia, wasit tak melihat VAR, dan mereka mendapat hukuman tendangan bebas yang kemudia berujung gol.


2. Iker Casillas

Iker Cassilas tampaknya sudah harus mencari klub baru sebelum pensiun.

Salah satu orang yang ikut bersuara mengenai dua kejadian tersebut adalah legenda hidup Real Madrid dan Timnas Spanyol Iker Casillas.

Dengan kalimat diplomatis, Casillas menulis dalam twitternya, 

'' Jujur, saya tidak mengerti penggunaan VAR dengan sangat baik. Wasit memberikan pelanggaran yang tidak semestinya pada Griezmann," tulisnya dalam bahasa Spanyol.

"Gol untuk Prancis berkat aksi itu seharusnya tak terjadi," tambahnya.


3. Luis Suarez

Luis Suarez saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Rusia.

Mengomentari peryataan Casillas, penyerang Barcelona Luis Suarez mengamini hal tersebut.

"Kamu benar Iker (Casillas), dan pada kejadian itu Pogba yang aktif pada permainan juga berdiri offside," tweet Suarez membalas Casillas.


4. Ucapan Selamat

Antoine Griezmann pemain depan Timnas Prancis, salah satu pahlawan kemenangan Les Bleus lewat tendangan penalti

Kendati masih merasa heran dengan penggunaan VAR yang berujung gol Prancis, Casillas tak sungkan mengucapkan selamat atas kemenagan Tim Ayam Jantan.

Baca Juga

Lewat halaman twitter yang sama, penjaga gawang itu menulis, "@FIFAWorldCup CAMPEONA DEL MUNDO!, (Juara Kedua kalinya)" dilengkapi emoticon bendera Prancis di dalamnya, seraya ucapkan selamat.

Mungkinkah Ronaldo Akan Menjadi Pemilik Nomor 7 Tersukses di Juventus?

PrancisAntoine GriezmannLuis SuarezIker CasillasPiala Dunia 2018Bola InternasionalVideo Assistant Referees (VAR)

Berita Terkini