x

Selain Alisson Becker, Berikut 6 Kiper Termahal di Dunia

Jumat, 20 Juli 2018 07:20 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Alisson Becker sudah resmi bergabung ke Liverpool dari AS Roma dengan nilai transfer sebesar 72,5 juta euro atau setara Rp1,1 triliun, Jumat (20/07/18) dini hari WIB.

Dengan kepindahannya ini, Alisson pun disebut-sebut akan langsung dipercaya oleh Jurgen Klopp sebagai kiper utama menggeser Loris Karius dan Simon Mignolet.

Selain karena penampilan apiknya selama musim 2017/18 lalu, harga Alisson pindah ke Liverpool juga membuat dirinya langsung memuncaki daftar kiper termahal di dunia, mengalahkan kiper-kiper hebat seperti Gianluigi Buffon dan Manuel Neuer.

Baca Juga

Sebelum Becker, nama-nama ini pernah menjadi penjaga gawang termahal. Siapa saja? Berikut INDOSPORT merangkum beberapa kiper dengan harga yang mahal dalam sejarah sepakbola.


1. David De Gea

Kiper Spanyol David de Gea merayakan selebrasi kemenangan 1-0 atas Iran di Piala Dunia 2018.

Saat direkrut dari Atletico Madrid ke Manchester United tujuh tahun lalu, usianya masih 20 tahun. Dia hadir untuk menggantikan Edwin Van Der Saar yang sudah pensiun.

De Gea mengalami masa-masa sulit di Inggris selama satu musim lebih, sebelum akhirnya membuktikan nilai transfer dirinya seharga 18,9 juta pounds atau Rp355 milyar yang digelontorkan Setan Merah tidak sia-sia.

Sejumlah gelar sudah diraih bersama Setan Merah, seperti Liga Primer, Piala FA, Piala Liga, dan Liga Europa. Tidak terbayang Manchester United tanpaDe Gea di bawah mistar. Musim lalu, clean sheet klub besutan Jose Mourinho ini mencapai 19, tertinggi di antara tim lain.

Di tim nasional Spanyol, De Gea mendapat tempat utama menggantikan legenda La Furia Roja Iker Casillas. Sayangnya, penampilannya di Piala Dunia 2018 Rusia justru anti klimaks. Spanyol tersingkir di 16 besar lewat adu penalti melawan Rusia.

De gea kerap dihubungkan dengan Real Madrid setiap bursa transfer dibuka. Apakah dia akan mewujudkan kepindahannya itu musim ini?


2. Manuel Neuer

Manuel Neuer saat meraih Golden Glove Piala Dunia 2014.

Kiper Jerman ini salah satu yang terbaik di generasinya. Begitu pindah dari Schalke 04 ke Bayern Munchen dengan nilai transfer 19 juta pounds atau Rp357 milyar, prestasinya langsung moncer.

Kiper berusia 31 tahun ini membawa Die Rotten meraih gelar Bundesliga enam kali beruntun dan satu kali gelar Liga Champions Eropa. Prestasinya semakin sempurna saat membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

Musim lalu, Neuer terpaksa menepi hampir semusim penuh akibat cidera. Dan ini berdampak buruk bagi timnas negaranya. Jerman tersingkir lebih awal di Rusia dengan menelan dua kali kekalahan.


3. Bernd Leno

Kiper baru Arsenal, Bernd Leno, saat masih berseragam Bayer Leverkusen.

Juniornya Neuer ini namanya baru dikenal saat direkrut Arsenal dari Bayern Leverkusen musim ini. The Gunners mengeluarkan dana sebesar 19 juta poundsterling atau Rp357 miliar.

Sejauh ini penampilannya di Bundesliga terbilang solid. Dia sudah mencapai 230 caps namun baru enam kali bermain untuk negaranya, Jerman.

Mungkin bisa jadi alternatif bagi pelatih Jerman Joachiw Low?


4. Jordan Pickford

Jordan Pickford melakukan penyelamatan di laga melawan Swedia.

Tanpa bermaksud meremehkan, untuk klub level Everton dan Sunderland nilai 25 juta pounds atau Rp471 miliar terbilang tinggi.

Inilah yang dikeluarkan The Toffees saat merekrut Jordan Pickford dari Sunderland yang harus turun kasta ke Divisi Championship musim lalu.

Everton di musim lalu mengalami masa sulit hingga nyaris di zona merah. Akhirnya mereka bisa bertahan di papan tengah Liga Primer Inggris.

Tetapi, bukan berarti Pickford tampil buruk. Dia mendapat kesempatan dari Gareth Southgate untuk mewakili Inggris. Dan tidak sia-sia, Pickford membawa Inggris mencapai empat besar di Rusia. Penampilannya yang mentereng membuatnya didekati Bayern Munchen.


5. Gianluigi Buffon

Buffon resmi diperkenalkan Paris Saint Germain.

Deretan prestasi Buffon tidak perlu dijelaskan lagi. Dia mengawali karier di usia muda bersama Parma sebelum pindah ke Juventus tahun 2001 di usia 23 tahun. Nilai transfernya mencapai 32,5 juta pounds atau Rp 613 miliar (kurs saat ini).

Bersama Juventus, dia sudah kenyang gelar liga domestik. Bersama tim nasional Italia, dia pernah membawa Tim Azzurri juara dunia 2006. Hanya satu yang belum didapat, yaitu Trofi Liga Champions Eropa.

Nyaris saja dia mewujudkannya musim lalu, sebelum kalah 1-4 dari Real Madrid. Buffon juga setia bersama Juventus saat Bianconeri turun kasta akibat kasus pengaturan skor tahun 2006

Saat ini, dia sudah resmi berseragam Paris Saint-Germain (PSG).  Dia akan bermain bersama para pemain mahal seperti Neymar dan bocah ajaib Kylian Mbappe. Akankah kehadiran sang legenda bisa membangkitkan moral klub kaya ini?


6. Ederson Moraes

Ederson selamatkan gawang City dari penalti Aubameyang.

Kiper rekan senegara Alisson Becker ini direkrut dari Benfica oleh Manchester City senilai 34,7 juta pounds atau Rp653 milyar. Ederson berhasil meraih trofi Liga Primer Inggris plus Piala Liga Inggris di musim pertamanya, musim 2017/18.

Baca Juga

Ederson juga memecahkan rekor saat menendang bola dari kotaknya dengan tendangan sejauh 75 meter.

Starting XI Termahal dalam Sejarah Sepak Bola Saat Ini

Bursa TransferLiverpoolJuventusGianluigi BuffonDavid de GeaBernd LenoEdersonJordan PickfordAlisson Becker

Berita Terkini