x

3 Pemain yang Berpengaruh di Timnas U-16 Dalam Menjuarai Piala AFF

Minggu, 12 Agustus 2018 07:18 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi Indonesia setelah menjuarai Piala AFF U-16.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 sukses keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018, setelah mengandaskan perlawanan Thailand lewat babak adu penalti, dengan skor 4-3, Sabtu (11/08/18) malam WIB.

Bermain di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, kedua tim bermain sama kuat 1-1 sepanjang 2 X 40 menit. Anak asuh Fakhri Husaini unggul lebih dulu lewat fol Fajar Faturachman menit ke-32. 

Sedangkan gol balasan Thailand dicetak oleh Apidet Janngam menit ke-71. Di babak adu tos-tosan, empat eksekutor Indonesia tak ada yang gagal menunaikan tugasnya. Berbeda dengan Thailand, dua pemainnya gagal cetak gol.

Baca Juga

Ini adalah gelar pertama Garuda Asia di ajang tersebut, sejak turnamen ini digelar pada tahun 2002 silam. Indonesia berhasil menyamakan torehan gelar Malaysia, yang sama-sama baru mengoleksi satu trofi.

Dibalik keberhasilan tersebut, tentunya terdapat beberapa pemain yang menjadi kunci permainan Fakhri Husaini diluar kejeniusan dirinya dalam menerapkan strategi.

Berikut INDOSPORT coba merangkum 3 pemain yang paling berpengaruh di Timnas U-16 dalam menjuarai Piala AFF U-16 2018 ini:


1. Bagus Kahfi

Aksi selebrasi Bagus Kahfi usai cetak gol.

Nama penyerang Timnas Indonesia U-16, Amirudin Bagus Kahfi tengah jadi perbincangan hangat publik sepak bola Tanah Air, berkat penampilan gemilangnya di Piala AFF U-16 2018.

Bagaimana tidak, bocah kelahiran Magelang itu menjadi pemain tertajam turnamen dengan keluar sebagai top skor dengan koleksi 12 gol.

Sebagian golnya itu dicetak melalui kaki kiri. Tak heran memang, karena Bagus memiliki kaki kiri yang lebih mematikan dibanding kaki kanannya.

Baca Juga

Selama lima laga di penyisihan Grup A, enam gol ia ciptakan kaki kiri. Selain itu, dirinya juga  sukses menorehkan 2,2 gol perlaga atau membobol gawang lawan setiap 25,45 menit.

Bagus sendiri mengawali turnamen dengan menjadi pemain cadangan, saat melawan Filipina, Minggu (29/07/18), Dirinya masuk menggantikan Sutan Zico menit ke-61.

Kesempatan tampil rupanya tak disia-siakan Bagus, ia berhasil mencetak dua gol dalam kemenangan atas Filipina dengan skor 8-0.

Produktifitasnya dalam mencetak gol, jelas menjadikan dirinya salah satu pemain yang paling berpengaruh di skuat asuhan Fakhri Husaini saat ini.


2. Bagas Kaffa

Bagas Kaffa berusaha untuk melewati pemain Malaysia.

Kunci keberhasilan Timnas U-16 dalam menjuarai Piala AFF U-16, selain tajam di depan, mereka juga kokoh di sektor pertahanan.

Salah satu pemain yang berpengaruh di lini belakang tersebut adalah kembaran dari Bagus, yakni Bagas Kaffa. Meski tak setajam saudaranya, kontribusi pemain berposisi bek kanan ini janganlah dianggap remeh.

Baca Juga

Memainkan peran sebagai wing-back, Bagas tangguh dalam bertahan dan rajin menyerang. Salah satu aksinya adalah saat melawan Filipina.

Ketika menang besar atas Filipina dengan skor 8-0 pada laga pertama, Minggu (29/7/18), Bagas menjadi kreator salah satu gol Bagus. Dia pun kerap membangun serangan dan memberikan umpan-umpan matang bagi rekan-rekannya.


3. Ernando Ari Sutaryadi

Kiper Timnas Indonesia U-16, Ernando Sutaryadi.

Tak hanya Bagas Kaffa, kokohnya lini belakang Timnas Indonesia U-16 yang berhasil merebut gelar juara Piala AFF U-16 juga ada ditangan Ernando Ari Sutaryadi.

Pemain yang berposisi sebagai kiper itu tampil cemerlang, di laga final. Ia mampu membaca dua tendangan penalti lawan, sehingga mengantarkan Indonesia mengukir sejarah.

Baca Juga

Ia pun tak menyangka bisa menjadi pahlawan dalam pertandingan yang disaksikan jutaan rakyat Indonesia tersebut. "Saya sangat senang sekali dengan raihan gelar juara ini," kata Ernando usai pertandingan saat diwawancarai Indosiar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.