x

3 Tim Nasional Tersukses di Cabang Sepak Bola Asian Games

Jumat, 17 Agustus 2018 11:07 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas tersukses di cabang sepak bola Asian Games.

INDOSPORT.COM - Meski baru akan dibuka secara resmi pada tanggal 18 Agustus mendatangan, namun beberapa cabang olahraga di Asian Games 2018 sudah mulai dimainkan, salah satunya adalah sepak bola. 

Di cabang olahraga tersebut, tim tuan rumah yang dibesut oleh Luis Milla ditargetkan untuk bisa menembus semifinal. Target tersebut cukup realistis, mengingat persaingan di cabang ini cukup sulit.

Baca Juga

Lantas, timnas dari negara mana saja yang kerap mendominasi, dan bisa dibilang sebagai tim  tersukses di cabang olahraga sepak bola Asian Games ini sejak pertama kali ditandingkan 1951 silam? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. 3. India

Timnas India.

Geliat sepak bola India memang jarang sekali menorehkan prestasi di kancah internasional, khususnya di Asia dalam beberapa tahun terakhir.

Namun siapa sangka, di level Asian Games mereka berhasil mencatatkan sejarah jadi salah satu negara tersukses di cabang olahraga sepak bola.

Negara Bollywood tersebut sejauh keikut sertaannya telah memenangkan 2 medali emas, dan satu perunggu di kancah Asian Games. 

Medali emas didapat pada tahun 1951 dan 1962, sementara medali perunggu dimenangkan pada tahun 1970. Akan tetapi untuk Asian Games tahun ini, India tak mengirim tim sepak bolanya.


2. 2. Iran

Peamin Iran mendapat bola namun berusaha direbut Iniesta.

Iran kini jadi salah satu negara asal Timur Tengah yang mampu menjadi kekuatan lain di sepak bola Asia, selain Korea Selatan dan Jepang.

Untuk ajang Asian Games khususnya dalam cabang olahraga sepak bola, Iran jadi salah satu negara tersukses, dengan catatan medali empat emas, dua perak, dan satu perunggu.

Empat medali emas diraih pada tahun 1974, 1990, 1998 dan 2002. Untuk edisi tahun 2018 ini, Iran akan tergabung dengan Grup F bersama Korea Utara, Myanmar, dan Arab Saudi.


3. 1. Korea Selatan

Selebrasi para pemain Timnas Korea Selatan usai memastikan diri menang atas Timnas Jerman.

Sudah tak perlu dipungkiri lagi jika Korea Selatan jadi salah satu negara kuat di sepak bola Asia. Kualitas yang dimilikinya sudah diakui oleh dunia, dengan jadi tim langganan Piala Dunia. 

Baca Juga

Tak heran jika Korea Selatan jadi negara tersukses di ajang Asian Games cabang sepak bola. Mereka sudah mengoleksi  empat medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. 

Empat medali emas diraih pada tahun 1970, 1978, 1986, dan 2014. Di Asian Games 2018 ini, sebagai tim juara bertahan mereka akan kembali menargetkan emas.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbia Asian Games 2018 di INDOSPORT. 

Asian GamesAsian Games 2018Bola InternasionalListicle Asian Games 2018

Berita Terkini