x

Termasuk Pelatih Timnas Inggris, Berikut 5 Pelatih Paling Lama Menukangi Tim Nasional

Rabu, 5 September 2018 13:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
5 Pelatih Paling Lama Tim Nasional sebuah negara

INDOSPORT.COM - Setelah menukangi Timnas Kolombia selama enam tahun, pelatih legendaris asal Argentina, Jose Pekerman akhirnya angkat koper dan tak memperpanjang kontraknya yang berakhir akhir Agustus lalu.

Sebagai seorang pelatih, enam tahun jelas merupakan waktu yang tak sebentar bagi seorang pelatih, terlebih di era sepak bola modern saat ini. Namun jika melihat ke belakang, apa yang dijalani Pekerman bersama Timnas Kolombia masih terhitung sebentar dibandingkan nama-nama pelatih berikut ini.

Baca Juga

Siapa saja mereka? berikut INDOSPORT merangkumkan 5 pelatih yang paling lama menukangi tim nasional sebuah Negara.


1. April Phumo - Lesotho

April Phumo, mantan pelatih Timnas Lesotho.

Yang pertama ada nama mantan pelatih Timnas Lesotho, April Phumo. Bersama Timnas negara di Selatan Afrika itu, Phumo memimpin selama 16 tahun, yakni sejak tahun 1979 hingga 1995.

Selain menjadi yang terlama, mantan pemain Timnas Afrika Sleatan di Piala Dunia 1966 itu juga merupakan pelatih pertama di Timnas Lesotho.

Bersama sebuah Timnas negara kecil, tak banyak prestasi yang mampu dipersembahkan pria yang telah meninggal pada usia 74 tahun di 2011 lalu.

Baca Juga

Selain bersama Timnas Lesotho, Phumo juga sempat menjadi asisten pelatih Timnas senior Afrika Selatan, juga menukangi Timnas Junior Afrika Selatan di beberapa jenjang usia.


2. Shashi Singh Mahendra - Fiji

Mantan pelatih Timnas Fiji, Shashi Singh Mahendra.

Di jumlah yang sama, 16 tahun, adapula nama mantan pelatih Timna Fiji Shashi Singh Mahendra.

Shashi menukangi Fiji pada rentan tahun 1960 hingga 1976. Bukan hanya itu, bahkan dalam rentan waktu yang hampir sama, pria berambut ikal itu juga ditugaskan untuk menjadi wakil presiden Federasi Sepakbola Fiji, yaitu pada tahun 1955 sampai 1969.

Sebagai pelatih, prestasi terbaik Shashi yaitu ketika mampu membawa Fiji meraih medali perak di Olimpiade negara-negara pasifik selatan tahun 1963.

Baca Juga

Lebih dari itu, dengan berbagai sumbangsihnya di negara kepulauan itu, Shashi bahkan mendapatkan julukan resmi bapak sepak bola Fiji.


3. Walter Winterbottom - Inggris

Bapak Sepak bola modern Inggris, Walter Winterbottom .

Di pertengahan abad ke-20, Timnas Inggris pernah lama ditukangi pelatih bernama Walter Winterbottom.

Menukangi The Three Lions selama 16 tahun mulai dari 1946 hingga 1962, Winterbottom bisa dibilang juga merupakan pelatih pertama Timnas Inggris karena sebelumnya Inggris hanya dipimpin oleh pejabat dari federasi.

Bersama Timnas Inggris, Winterbottom terbilang sukses dengan mampu membawa The Three Lions melaju ke empat Piala Dunia secara berturut-turut sejak 1950.

Baca Juga

Dengan segala kontribusinya di dunia sepak bola Inggris, Winterbottom bahkan sampai mendapatkan penghargaan 'Sir' dari Ratu Inggris.


4. Mohammad Anwar Elahee - Mauritius

Mohammad Anwar Elahee, legenda sepakbola Mauritius

Sedikit lebih lama yaitu selama 18 tahun, rekor dilewati oleh mantan pelatih Timnas Mauritius Mohammad Anwar Elahee.

Pelatih yang juga mantan pemain belakang Timnas negara di Timur Afrika itu memimpin dalam rentan waktu 1970-1988.

Prestasinya yang tertinggi, Anwar mampu membawa Mauritius hingga partai puncak kejuaraan negara-negara samudera India tahun 1974. Selain itu dirinya juga menjadi satu dari sedikit pelatih yang mampu membawa Mauritius masuk ke fase final Piala Afrika.

Baca Juga

Meninggal pada tahun 2010, pengabdian Anwar di sepak bola Mauritius kini dilanjutkan sang anak Anwar Elahee Jr yang kini menjadi wakil Presiden Federasi Sepak Bola Mauritius.


5. Guillermo Stabile - Argentina

Topskor dan mantan pelatih Argentina. Guillermo Stabile.

Setelah menjadi topskor Piala 1930 bersama Timnas Argentina, sembilan tahun berselang Guillermo Stabile melanjutkan karier di Timnas Argentina dengan menjadi pelatih.

Tak tanggung-tanggung, dirinya mengabdi bersama Tim Tango sebagai pelatih hingga 21 tahun terhitung mulai 1939 hingga 1960.

Baca Juga

21 tahun tersebut juga sekaligus membuat namanya menjadi pelatih dengan waktu terlama memimpin Tim Nasional sebuah negara.

Untuk prestasi, Stabile juga terbilang sangat sukses dengan sumbangan enam Piala Copa Amerika tahun 1941, 1945, 1946, 1947, 1955 dan 1957, serta satu gelar juara Pan American Championship pada 1960. 

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.

 

InggrisJose PekermanAsosiasi Sepakbola Inggris (FA)Bola InternasionalFijiTRIVIA

Berita Terkini