x

6 Jebolan Asian Games 2018 yang Siap 'Mengguncang' Piala Asia 2019

Rabu, 5 September 2018 14:32 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Trofi Piala Asia 2019 di UEA.

INDOSPORT.COM - Kawasan Asia tak henti-hentinya disibukan dengan event olahraga. Pasca gelaran Asian Games 2018 rampung, Benua Kuning (julukan Benua Asia) akan segera disemarakan dengan ajang sepak bola terakbar di Benua Asia, yakni Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab pada Januari tahun depan.

Demi memanaskan gairah, konfederasi sepak bola Asia, AFC, lantas melakukan sebuah polling mengenai deretan pemain muda yang diprediksi bakal bersinar di ajang Piala Asia 2019. Hasilnya, ada enam pemain yang masuk ke dalam daftar.

Keenam pemain itu dinilai AFC berdasarkan penampilan apiknya sepanjang gelaran Asian Games 2018 kemarin. AFC pun meyakini bahwa mereka yang masuk ke dalam daftar bakal tetap mempertahankan peforma gemilangnya pada Piala Asia 2019.

Baca Juga

Lalu, siapa sajakah para pemain yang dimaksudkan tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya dari halaman resmi AFC, untuk Anda pembaca setia kami.


1. Hwang Ui-jo (Korea Selatan)

Hwang Ui-jo merayakan gol bersama Son Heung-Min di turnamen Asian Games 2018

Selain mampu memberikan medali emas bagi Korea Selatan, pemain yang satu ini sukses mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak pada gelaran Asian Games 2018 kemarin. Total, pemain Gamba Osaka ini membukukan sembilan gol.

Hwang Ui-jo pun layak bila masuk ke dalam daftar pemain muda yang bakal bersinar di ajang Piala Asia 2019 mendatang.

Baca Juga

Bersama Son Heung-min dan Hwang Hee-chan, pemain berusia 26 tahun ini diyakini akan bisa mengakhiri paceklik gelar Korsel di gelaran Piala Asia dalam 58 tahun terakhir.


2. Nguyen Quang Hai (Vietnam)

Nguyen Quang Hai, bintang Timnas Vietnam.

Nguyen Quang Hai, namanya begitu mencuat saat membela Vietnam di ajang AFC U-23 2018. Kala itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu mampu mencetak lima golsepanjang turnamen dan membawa negaranya menjadi runner-up.

Pemampilan apik Quang Hai terus dipertahankan pada gelaran Asian Games 2018. Paling mencolok saat ia berhasil mencetak gol penentu kemenangan Vietnam atas Jepang 1-0 pada laga Grup D.

Baca Juga

Lewat catatan penampilan apiknya itu, Quang Hai diprediksi bakal kembali tampil gemilang dalam gelaran Piala Asia 2019 mendatang. Ia pun diyakini akan jadi tumpuan utama lini serang Vietnam di UEA nanti.


3. Mohamed Al Shamsi (Uni Emirat Arab)

Kiper UEA, Mohammed Alshamsi.

Posisi penjaga gawang juga memunculkan satu nama yang cukup bersinar. Dia adalah penjaga gawang Uni Emirat Arab (UEA) di gelaran Asian Games 2018 kemarin, Mohamed Al Hamsi.

Sebagai kiper, Al Shamsi tak hanya piawai dalam menghalau bola tendangan lawan. Pada laga 16 besar Asian Games 2018 kontra Indonesia, pertandingan harus dilanjutkan sampai babak drama adu penalti, dan Al Hamsi yang jadi salah satu eksekutor UEA mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Baca Juga

Berdasarkan catatan itu, Al Shamsi diyakini bakal kembali tampil gemilang di gelaran Piala Asia 2019. Apalagi, status UEA yang bertindak sebagai tuan rumah, tentu membuat Al Hamsi jadi memiliki motivasi lebih.


4. Kim Yu-song (Korea Utara)

Kim Yu-song.

Pada gelaran Asian Games 2018, Kim Yu-song tampil apik di barisan penyerangan Korea Utara. Ia bahkan berhasil menjadi pencetak gol terbanyak bagi Korea Utara pada ajang tersebut. 

Baca Juga

Lewat catatan penampilan apiknya itu, Kim diprediksi bakal kembali tampil gemilang dalam gelaran Piala Asia 2019 mendatang. Ia pun diyakini akan jadi tumpuan utama lini depan Korut di UEA nanti.


5. Ikromjon Alibaev (Uzbekistan)

Ikromjon Alibaev (kanan) saat berhadapan melawan Korea Selatan.

Dari sekian banyak pemain Uzbekistan yang tampil gemilang di gelaran Asian Games 2018, Ikromjon Alibaev jadi salah satu sosok paling menonjol.

Bagaimana tidak? Berposisi sebagai gelandang bertahan, Alibaev berada di tempat kedua daftar pencetak gol terbanyak dengan torehan lima gol.

Baca Juga

Berdasarkan catatan itu, Alibaev jelas layak untuk masuk ke daftar pemain muda yang akan bersinar di gelaran Piala Asia 2019 mendatang. Pemain berusia 24 tahun tersebut pun diyakini akan menjadi tumpuan utama lini tengah Uzbekistan di UEA nanti.


6. Wei Shihao (China)

Wei Shihao pesepakbola asal China.

Pemain berusia 23 tahun ini jadi pemain China yang penampilannya cukup menonjol pada gelaran Asian Games 2018 lalu. Bagaimana tidak? Dari empat laga yang dimainkan China di Asian Games 2018, Wei Shihao tak sekalipun absen dalam mencetak gol.

Baca Juga

Lewat catatan penampilan apiknya itu, Wei diprediksi bakal kembali tampil gemilang dalam gelaran Piala Asia 2019 mendatang. Ia pun diyakini akan jadi tumpuan utama lini depan China di UEA nanti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

AFCUEAPiala Asia 2019Bola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini