x

Hasil Pertandingan Liga 1 2018: PSM Makassar vs Barito Putera

Kamis, 13 September 2018 18:08 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Big Match antara PSM Makassar vs Barito Putera di Stadion Andi Mattalatta, Kamis (13/09/18) berakhir imbang 1-1.  Masing-masing gol dilesakkan oleh dua gelandang enerjik, Paulo Sitanggang di menit 65 dan Ferdinand Sinaga di menit 82.

Bermain di kandang sendiri, Laskar Juku Eja cukup mengancam pertahanan Barito Putera. Namun status Adhitya Harlan yang menyandang gelar ‘raja save’ membuat anak asuh Rene Alberts tersebut harus bersabar.

Memanfaatkan umpan-umpan terobosan, Paulo Sitanggang sukses membuahkan gol bagi kubu Barito Putera di babak kedua.

Baca Juga

Usai tertinggal 1 gol, permainan PSM Makassar semakin memanas. Memanfaatkan kelengahan pemain belakang Barito yang seringkali terjadi jelang menit-menit akhir, akhirnya Ferdinand Sinaga sukses menyarangkan gol jarak dekat ke gawang Adhitya Harlan.


1. Babak 1

PSM Makassar vs Barito Putera.

Pada babak awal pertandingan, kedua kubu sudah memanas dan saling jual beli serangan.

PSM yang mengemban misi meraih poin penuh di kandang lebih bermain menyerang, namun kurangnya kontrol membuat bola dengan mudah direbut oleh Paulo Sitanggang dan Matias Cordoba.

Menit 27, Paulo dilanggar oleh Marc Klok hingga berbuah kartu kuning bagi gelandang asal Belanda tersebut.

Baca Juga

Setelah menit ke-30, PSM mulai bertubi-tubi menyerang pertahanan Laskar Antasari. Tercatat di 10 menit akhir babak pertama, Laskar Juku Eja beberapa kali melakukan tendangan langsung mengarah ke gawang Adhitya Harlan, namun dengan sigap selalu ditepis oleh kiper plontos tersebut.


2. Babak II

PSM Makassar vs PS TIRA (Ferdinand Sinaga).

Memasuki babak kedua, PSM semakin menaikkan tensi permainan dan menyerang. Menit 47, Adhit hampir saja gagal menepis bola yang melambung di atas mistar gawangnya.

Guna menambah daya gedor, Coach Alberts menarik keluar Sandro dan memasukkan gelandang enerjik Ferdinand Sinaga di menit 55. Pergantian ini terbukti ampuh saat Ferdinand langsung mengancam gawang Adhit satu menit kemudian. Sayangnya tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Merasa di atas angin, PSM kembali menambah daya gedor dengan memasukkan Guy Junior menggantikan Heri Susanto di menit 60. Tak lama, ia pun kembali mengancam pertahanan Hansamu Yama dan kawan-kawan.

Baca Juga

Namun Barito memanfaatkan serangan balik yang cepat dan Paulo Sitanggang sukses menyambut bola dari luar kotak penalti PSM. Tendangan kuatnya mampu mengoyak gawang yang dijaga oleh Rivky Mokodompit di menit 65. Skor sementara 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

Sempat tertinggal, PSM kembali melancarkan serangan bertubi-tubi. Awal menit ke-70, Ferdinand Sinaga dan Wiljan Pluim hampir membuahkan gol bagi PSM, namun Adhit masih sigap menepis tendangan keduanya.

Menit 71, Samsul Arif ditarik keluar dan digantikan Rizky Pora yang baru saja tiba usai membela Timnas Indonesia.

Hingga menit 80, Ferdinand dan Pluim masih berupaya menggedor jala dari Adhitya Harlan, namun selalu gagal membuahkan gol.

Serangan demi serangan PSM akhirnya berbuah manis. Memanfaatkan jatuhnya pemain PSM di menit 82, pemain belakang Barito berupaya simpati dan wasit pun menghampiri serta ingin meniupkan peluit tanda jeda pertandingan.

Namun rupanya Ferdinand masih gigih memainkan bola di depan gawang Adhitya Harlan dan melesakkannya menjadi gol penyeimbang. Wasit pun terlebih dahulu meniupkan peluit tanda gol tersebut sah untuk PSM Makassar.

Skor pun menjadi imbang 1-1 hingga laga usai.


3. Susunan Pemain

Rishadi Fauzi melepaskan tendangan keras.

PSM Makassar (4-3-3):

Rivky Mokodompit (GK)

Hasim Kipuw, Abdul Rahman, S. Paulle, Reva Adi Utama

M. Klok, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim

Heri Susanto, Sandro, M. Syamsudin

Barito Putera (4-4-2):

Adhitya Harlan (GK)

Nazar Nurzaidin, Muhammad Rifki, Jajang Sukmara, Aaron Evans

Paulo Sitanggang, Mathias Cordoba, Hansamu Yama Pranata, Douglas Packer

Samsul Arif, Marcel Sacramento

Penulis: Martini

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

Barito PuteraPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini