x

Misi Utama PSSI Dibalik Digelarnya Liga 1 U-16

Minggu, 16 September 2018 17:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
LOGO LIGA 1 U-16 2018.

INDOSPORT.COM - PSSI secara resmi telah menggelar Elite Pro Academi atau dikenal sebagai Liga 1 U-16 terhitung sejak Sabtu (15/09/18). Gelaran ini menjadi kompetisi resmi usia dini pertama yang digelar di Tanah Air dan melibatkan semua klub di kasta teratas.

Rupanya, PSSI memiliki misi utama dibalik digelarnya Liga 1 U-16 tahun ini. Direktur teknik PSSI, Danurwindo mengatakan gelaran Elite Pro Academi ini menjadi landasan awal untuk penerapan filanesia atau filosofi sepak bola Indonesia yang telah disusun. 

"Memang elit pro akademi ini akan jadi basis filosofi sepak bola Indonesia. Jadi setiap tim wajib menjalankan filosofi sepakbola kita dan ini untuk pembinaan usia muda," tuturnya. 

Baca Juga

"Yang kita liat tadi adalah terjemahan sepakbola kita dam mulai dari bawah. Kalau mau lihat (gaya filanesia) lebih tinggi lagi itu ada pada timnas senior atau U-23 seperti saat lawan Mauritius lalu dan di Asian Games, itu yang mencerminkan apa yang kita mau," sambung Danurwindo.

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 U-16 digelar terhitung mulai 15 September sampai dengan 16 Desember 2018 mendatang. Saat ini, ada 18 tim yang bakal berpartisipasi yang terbagi dalam tiga grup.

Sesuai regulasi, setiap tim di grup A dan B menjalani dua kali laga kandang dan tandang dengan lawan yang sama di babak penyisihan grup, yang dilaksanakan setiap akhir pekan.

Baca Juga

Sementara itu, khusus grup C bakal digelar dengan format home tournament yang dilaksanakan dalam empat seri. Hal itu dimaksudkan agar setiap tim memperoleh jam terbang yang banyak atau minimal menjalani 20 pertandingan. 

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan sangat bahagia, sebab kompetisi sepak bola Indonesia saat ini mulai berjenjang dari level usia muda. Ia menegaskan, Elite Pro Academi ini menjadi momen bersejarah dan akan menjadi pondasi awal pembinaan sepak bola Tanah Air yang lebih baik ke depannya.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Liga Indonesia Hanya di INDOSPORT.

PSSIDanurwindoLiga IndonesiaRatu TishaLiga 1 U-16

Berita Terkini