x

Kembali Bergulir, Ini 4 Aturan Baru di Liga Champions Musim 2018/19

Selasa, 18 September 2018 10:14 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Logo Final Liga Champions musim 2018/19

INDOSPORT.COM - Beberapa jam lagi para pecinta sepak bola dunia akan menyaksikan turnamen paling bergengsi di Eropa, yakni Liga Champions musim 2018/19.

Setelah beberapa liga di Eropa telah memasuki beberapa pekan, kini Liga Champions pun resmi menggelar pertandingan pertamanya pada Selasa (18/09/18) malam nanti.

Nantinya, ada dua pertandingan yang akan membuka Liga Champions musim ini, yakni Barcelona vs PSV dan Inter Milan vs Tottenham Hotspur. Kedua pertandingan tersebut akan dimainkan dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga

Memasuki musim anyar, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mencoba untuk memberikan nuansa baru di Liga Champions 2018/19. Itu mereka lakukan dengan cara mengubah sedikit aturan yang telah berlaku selama bertahun-tahun.

Berikut INDOSPORT mencoba merangkum 4 aturan baru yang diterapkan UEFA di Liga Champions musim 2018/19 ini.


1. Jadwal Pertandingan

Bek AS Roma, Kostas Manolas saat merayakan gol pentingnya ke gawang Barcelona di Liga Champions musim 2017/18.

Perbedaan jadwal pertandingan menjadi aturan baru yang hadir di Liga Champions 2018/19 ini. Kali ini UEFA membagi pertandingan tersebut menjadi dua bagian, dengan kata lain sejumlah tim tidak bermain dalam waktu bersamaan seperti musim-musim sebelumnya.

Jika sebelumnya pecinta sepak bola di Indonesia menyaksikan laga Liga Champions pada dini hari, kali ini mereka bisa menikmati ajang tersebut lebih cepat. Karena UEFA telah memajukan jadwal laga menjadi pukul 23.55 WIB. Pertandingan selanjutnya pun akan hadir pada 02.00 WIB.


2. Jumlah Pemain di Bangku Cadangan

Marco Asensio di bangku cadangan.

Pada Liga Champions musim-musim sebelumnya, seluruh klub hanya diperbolehkan untuk mendaftar 18 pemain ke dalam pertandingan. Jumlah 18 pemain tersebut terbagi menjadi 11 pemain inti dan 7 pemain cadangan.

Namun kali ini sejumlah klub mendapatkan jatah tambahan di Liga Champions musim 2018/19 ini. UEFA memperbolehkan klub-klub tersebut membawa 23 pemain (11 inti dan 12 cadangan).


3. Pendaftaran 3 Pemain Baru

Philippe Coutinho, gelandang serang Barcelona, sempat dilarang bermain di Liga Champions.

Dengan adanya aturan ini, tidak ada lagi kasus Philippe Coutinho yang tidak diperbolehkan bermain bersama Barcelona di sisa Liga Champions musim 2017/18. Karena pada saat itu, Coutinho lebih dulu didaftarkan sebagai pemain Liverpool di babak penyisihan.

Kini UEFA telah mengizinkan kepada klub-klub peserta Liga Champions untuk mendaftarkan tiga pemain baru tanpa larangan apapun. Artinya, pemain tetap diperbolehkan tampil di ajang ini dalam dua klub berbeda.


4. Jumlah Pergantian Pemain

Sistem baru pergantian pemain akan diterapkan di Liga Champions 2018/19.

Sejumlah klub mendapatkan jatah tambahan dalam pergantian pemain. Namun aturan ini akan berlaku jika pertandingan dilanjutkan pada babak tambahan. Klub boleh melakukan empat pergantian pemain jika laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Sistem ini sendiri pun nyatanya sudah lebih dulu digunakan di Piala FA Inggris pada musim 2017/18. Tak hanya itu, aturan ini juga telah menjalani uji coba di beberapa turnamen grup usia UEFA.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Liga Champions di INDOSPORT.COM.

Liga ChampionsUEFA

Berita Terkini