x

6 Jakmania dan Bobotoh yang Tewas Saat Laga Persib vs Persija

Senin, 24 September 2018 13:31 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM - Rivalitas dua tim kuat Liga 1, Persib Bandung vs Persija Jakarta kembali menelan korban. Suporter Persija, Jakmania, kembali tewas.

Haringga Sirila, seorang The Jakmania harus meregang nyawa saat akan menyaksikan pertandingan Persib vs Persija pada pekan ke-23 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/09/18).

Baca Juga

Haringga bukanlah korban pertama, sebelumnya sudah ada beberapa nyawa suporter terenggut karena rivalitas Jakmania dan Bobotoh. Seolah tak pernah berhenti, di masa lalu beberapa kasus kematian suporter juga terjadi saat pertandingan yang mempertemukan Persija dan Persib.

Berikut INDOSPORT Merangkum beberapa korban jiwa yang jatuh saat laga Persib vs Persija sejak tahun 2012 hingga 2018.


1. Rangga Cipta Nugraha, Lazuardi, Dani Maulana (Bobotoh)

Bobotoh yang meninggal dunia 2002 lalu.

Rangga Cipta Nugraha (22) menjadi korban penusukan senjata tajam oleh oknum suporter sepak bola usai laga Persija vs Persib di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (27/05/12).

Diketahui Rangga menyaksikan laga Persija lawan Persib di GBK bersama temannya Yoga, warga Depok. Rangga dan Yoga menjadi korban pengeroyokan, namun Rangga meninggal sementara Yoga berhasil selamat.

Tak hanya Rangga, laga hari itu juga memakan korban jiwa lainnya, yakni Lazuardi (29) dan Dani Maulana (17). Keduanya menjadi korban pengeroyokan setelah sebelumnya diduga berbuat provokatif kepada suporter lawan.


2. Harun Al-Rasyid (The Jakmania)

(alm) Harun Al Rasyid Lestaluhu dan sang kekasih, Nilam.

Harun al Rasyid (30) merupakan anggota Tha Jakmania Kalimalang. Ia tewas saat bentrok antara suporter Persija dan warga setempat pada pada 6 November 2016 silam.

Saat itu rombongan bus The Jakmania akan pulang dari Stadion Manahan Solo usai pertandingan Persija vs Persib. Namun beberapa oknum melakukan tindak anarkis melemparkan batu kepada warga di Tol Palimanan, Cirebon.

Korban yang berniat melindungi warga rupanya menjadi salah sasaran amukan warga karena juga memiliki identitas sebagai Thae Jakmania. Nyawa Harun tak tertolong usai dilarikan ke rumah sakit.


3. Ricko Andrean (Bobotoh)

Almarhum Ricko Andrean yang merupakan korban pemukulan oknum bobotoh hingga meninggal dunia di laga Persib kontra Persija, Sabtu (22/7/2017) lalu, terus mendapatkan simpati termasuk dari Aliyudin.

Musim lalu, salah satu Bobotoh tewas saat Persib menjamu Persija di Stadion GBLA (22/07/17) silam. Bobotoh yang diketahui bernama Ricko Andrean itu tewas dikeroyok karena disangka sebagai The Jakmania yang mencoba menyusup ke stadion. 

Ricko Andrean menjadi korban pemukulan. Parahnya, orang yang memukuli Ricko sendiri diduga oknum Bobotoh yang salah mengira dirinya sebagai salah satu pendukung Persija, The Jakmania yang nekat datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Ricko disebut-sebut berusaha melindungi Boboy Ilham Hafifi hingga meregang nyawa. Boboy adalah suporter Persija Jakarta yang dilindungi almarhum Ricko ketika oknum Bobotoh mengeroyoknya hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

 


4. Haringga Sirilla (The Jakmania)

Haringga Sirila, suporter Persija yang tewas karena pengeroyokan sebelum laga Persib vs Persija di Stadion GBLA, Minggu (23/09/18).

Catatan kelam kembali terjadi di kancah sepak bola nasional, dimana salah satu suporter tim Persija Jakarta harus meregang nayawa saat berusaha mendukung tim kesayangannya.

Terakhir, laga Liga 1 musim 2018 yang mempertemukan Persib vs Persija di Stadion GBLA (23/09/18) kembali memakan korban jiwa. Satu Jakmania atas nama Haringga Sirilla tewas akibat pengeroyokan dari oknum suporter Bobotoh.

Baca Juga

Haringga Sirilla sendiri sempat terlihat membagikan aktivitasnya menuju Bandung untuk mendukung tim favoritnya, meski pihak keamanan terkait hingga pemain Persija, Bambang Pamungkas telah menghimbau agar suporter Persija tidak perlu mendukung ke stadion.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Penulis: Martini.

Persib BandungPersija JakartaThe JakmaniaBobotohLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini