x

Kisah Unik Dejan Stankovic yang Bela 3 Negara di 3 Piala Dunia

Selasa, 25 September 2018 07:05 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Dejan Stankovic saat membela Serbia.

INDOSPORT.COM - Bagi pencinta sepak bola Italia, nama Dejan Stankovic bukanlah nama yang asing terdengar di telinga. Kiprahnya bersama Inter Milan dan SS Lazio, telah menunjukan kualitasnya sebagai salah satu gelandang terkemuka di Italia.

Torehan 22 piala saat merintis karirnya di sepak bola Italia ini, telah membuktikan kualitasnya sebagai gelandang berbahaya pada jamannya. Terlebih lagi, Stankovic berhasil mengantarkan Inter meraih trofi Liga Champions pada musim 2009/10, sekaligus merengkuh treble winnerspertama dalam hidupnya, kala itu.

Ditambah lagi, dirinya pernah mencetak satu gol spektakuler ke gawang Manuel Neuer kala penjaga gawang utama Jerman ini, masih berseragam Schalke 04 di Liga Champions. 

Baca Juga

Inter merupakan klub terakhir Stankovic dalam kariernya sebagai pesepak bola terkemuka di dunia ini. Pada tahun 2013, ia resmi pensiun tepat di akhir musim 2012/13. Sayang, dirinya gagal meraih satupun trofi kala itu.

Uniknya, selama ia merintis karier sebagai pesepak bola, dirinya memiliki sebuah pengalaman yang unik, dan mungkin tidak pernah dirasakan oleh pemain manapun.

Ya, dirinya pernah memperkuat tiga negara yang berbeda di ajang bergengsi Piala Dunia selama tiga periode. Apa saja negara tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya.


1. 1. Yugoslavia

Dejan Stankovic (jersey putih) berseragam Yugoslavia.

Yugoslavia merupakan salah satu negara yang merupakan sebuah geografis dari Eropa bagian Tenggara, atau Balkan. Uniknya, negara yang memiliki ibu kota Beograd ini, ternyata merupakan salah satu negara tertua di dunia.

Akan tetapi, pasca pemberontakan dari berbagai negara di dalamnya, seperti Slovenia dan Kroasia, akhirnya Yugoslavia pun terpecah menjadi beberapa negara pada tahun 2003.

Stankovic yang merupakan salah satu pemain kelahiran Yugoslavia, pernah memperkuat negara tersebut pada tahun 1998. Menariknya, ia pernah bermain di Piala Dunia dan Eropa sebanyak lima kali dan mencetak satu gol.


2. 2. Serbia and Montenegro

Dejan Stankovic saat membela Serbia Montenegro.

Selepas hancurnya Yugoslavia pada tahun 2003. Negara-negara baru pun muncul satu persatu, salah satunya adalah Serbia and Montenegro pada tahun 2003. Stankovic yang lahir di bagian Serbia pun resmi menyandang kewarganegaraan Serbia di tahun yang sama.

Menariknya, tak butuh lama bagi negara ini untuk bisa mengikuti kompetisi sepak bola Eropa dan Dunia. Buktinya, mereka mampu mengikuti kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia, walau usia negara tersebut, belum menginjak satu tahun.

Tak ayal, Stankovic yang telah mengantongi kewarganegaraan Serbia and Montenegro, bisa membela negara barunya tersebut dengan sah. Uniknya, Stankovic berhasil memimpin negaranya untuk melenggang ke Piala Dunia 2006.

Baca Juga

Sayang, dari tiga pertandingan di fase grup, Serbia and Montenegro harus tertunduk malu, setelah gagal meraih satupun kemenangan. 

Stankovic sendiri, telah memainkan 24 laga bersama Serbia and Montenegro dan berhasil mencetak tiga gol dan tiga assist. Di Piala Dunia 2006 sendiri, ia bermain penuh dalam tiga pertandingan fase grup.


3. 3. Serbia

Dejan Stankovic di Piala Dunia 2010.

Yang terakhir adalah negara Serbia. Selepas masa-masa romantis antara Serbia dan Montenegro. Pada tahun 2006, hubungan kedua negara tersebut, harus kandas di tengah jalan, setelah masyarakat Montenegro memutuskan untuk mendirikan negara tersendiri.

Tak ayal, untuk ketiga kalinya, Stankovic merubah kembali kewarganegaraannya. Dan, lagi-lagi dirinya langsung dipilih oleh pelatihnya kala itu, Javier Clemente untuk memperkuat Serbia di ajang Internasional.

Sebanyak 42 pertandingan telah ia jalani bersama The Eagles. Uniknya, bersama Serbia, Stankovic turut bermain dala Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Akan tetapi, dirinya kembali gagal berbicara jauh di ajang tersebut, setelah dikalahkan oleh Ghana dan Australia. Namun, pada fase grup, mereka berhasil mengalahkan Jerman secara mengejutkan.

Penulis: Ridi Fadhilah Khan

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Berita Sepak Bola Hanya di INDOSPORT.COM

Piala DuniaSerbiaDejan StankovicBola InternasionalYugoslaviaTRIVIA

Berita Terkini