x

3 Fakta Australia U-16, Lawan Timnas Indonesia U-16 di 8 Besar Piala Asia

Jumat, 28 September 2018 21:23 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Para pemain Australia U-16 merayakan gol saat melawan Irak U-16

INDOSPORT.comTimnas Indonesia U-16 telah memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-16 2018 sebagai juara grup A.

Garuda Asia, julukan Timnas U-16, akan berhadapan dengan runner-up grup D, Australia U-16, Senin (01/10/18), di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Australia ikut serta dalam turnamen Piala Asia U-16 meski berasal dari benua non-Asia. Meskipun begitu, negara asal Tim Cahill itu tidak mustahil untuk dikalahkan.

Baca Juga

Tim Negeri Kangguru ini buktinya lolos dengan status runner-up grup D dan sempat dibantai oleh Korea Selatan (Korsel).

Mereka juga hanya menang tipis atas Irak U-16 yang memiliki kemampuan tidak jauh berbeda dari Iran U-16, lawan yang Timnas Indonesia U-16 mampu kalahkan di babak penyisihan grup C.

Di fase gugur nanti, semua bisa saja terjadi. Pasukan Fakhri Husaini tetap memiliki peluang untuk mengalahkan Australia dan lolos ke semifinal serta memastikan tiket ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga fakta terkait Timnas Australia U-16.


1. Menang Berkat Kartu Merah

Pemain Irak U-16 mendapatkan kartu merah saat menghadapi Australia U-16.

Australia U-16 lolos ke perempatfinal sebagai runner-up grup D di bawah Korsel. Mereka mengumpulkan dua kemenangan dari tiga laga saat berhadapan dengan Irak dan Afganistan.

Dari dua laga kemenangan tersebut, anak asuh Trevor Morgan selalu diuntungkan dengan kartu merah yang diraih oleh lawannya. Dengan demikian, Australia selalu unggul dari lawan yang hanya bermain dengan 10 orang pemain.

Baca Juga

Saat menghadapi Irak U-16, Ali Kadhim diusir wasit usai mendapatkan kartu merah kedua. Setelah itu, Australia baru bisa membobol gawang Irak sebanyak dua gol.

Ketika melawan Afganistan, Australia sempat unggul 1-0 terlebih dahulu. Sampai akhirnya kiper Afganistan, Sharif Aminzada, harus dihukum kartu kuning kedua usai menyentuh bola di luar gawang.


2. Kalah Akibat Kecerobohan dan Kalah Adu Lari

Pemain Korea Selatan U-16 Melakukan Selebrasi

Timnas Australia U-16 mengalami satu kali kekalahan telak selama fase grup. Mereka takluk di tangan Korsel dengan skor 0-3.

Dari tiga gol tersebut, Australia selalu kalah dalam adu lari dari pemain depan Korsel. Gol pertama Korsel tersusun melalui serangan balik lewat skema long pass.

Choi Minso mampu berlari mengejar bola dan melepaskan tembakan menyusur tanah yang tidak mampu dihalangi oleh kiper Australia, M. Taleb.

Gol kedua yang dicetak oleh Hong Yunsang juga terjadi melalui kecerobohan lini pertahanan Australia. Ia mampu merebut bola dari pemain belakang Australia yang lengah dan memenangkan adu lari.

Choi Minso kembali membobol gawang Australia usai melepaskan diri dari pengawalan pemain belakang lawan dengan kecepatannya.

Pemain lawan tidak mampu mengejar Choi Minso dan mampu melepaskan tembakan dengan mudah ke gawang M. Taleb.


3. Rekor Pertemuan dengan Negara ASEAN

Trevor Morgan (kanan) pelatih Timnas Australia U-16.

Di babak kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Australia U-16 sempat bertemu dengan wakil ASEAN. Mereka menghadapi Vietnam U-16 dan Kamboja U-16 di grup I.

Australia berhasil meraih 100 persen kemenangan saat menghadapi Vietnam dan Kamboja. Anak asuh Trevor Morgan berhasil mencukur Kamboja dengan skor 5-0.

Baca Juga

Birkan Kirdar menjadi bintang kemenangan Australia atas Kamboja dengan mencetak dua gol. Sementara itu, mereka juga sukses menaklukkan Vietnam dengan skor 3-1.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Piala Asia U-16 2018 dan serba-serbi Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT

AustraliaIndonesia U-16Timnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala Asia U-16TRIVIAPiala Asia U-16 2018Piala AFC U-16

Berita Terkini